jump to navigation

Tata Cara Pembuatan Paspor Agustus 16, 2007

Posted by irvan132 in Berita.
trackback

Saya ingin berbagi cerita tentang proses bagaimana saya membuat paspor. Paspor merupakan salah satu dokumen yang penting yang harus dimiliki jika anda ingin mengunjungi negara lain. Tanpa paspor, anda tidak akan bisa berkunjung ke negara lain. Paspor berfungsi sebagai identitas diri seseorang di negara lain. Jadi, jangan harap negara lain mau mengakui KTP (Kartu Tanda Penduduk) sebagai bukti identitas. Yang berlaku adalah paspor.

Saya baru saja membuat paspor untuk keperluan perjalanan ke luar negeri. Tempat membuat paspor adalah Kantor Imigrasi Bandar Lampung. Saya membuat paspor di Lampung karena KTP saya adalah KTP Lampung. Saya tidak tahu apakah bisa membuat paspor di daerah yang berbeda dengan daerah KTP. Ada beberapa syarat yang diperlukan untuk membuat paspor, antara lain KTP asli dan fotokopi, Kartu Keluarga (KK) asli dan fotokopi, Akte Kelahiran asli dan fotokopi, Materai senilai 6000 rupiah, Surat Keterangan Pergantian Nama, Paspor Lama (bagi yang sudah pernah memiliki paspor lama), Surat Keterangan Sudah menikah, dan surat keterangan lain. Karena saya baru membuat paspor, saya hanya perlu menyerahkan empat syarat pertama. Akte Kelahiran saya ganti dengan Surat Ijazah SMA karena Akte Kelahiran saya hilang.

Untuk membuat paspor, kita harus “membeli” map yang berisi surat permohonan pembuatan paspor. Saya katakan “membeli” karena sudah jelas ada tulisan di depan map bahwa surat ini dapat diambil secara cuma-cuma (gratis), tetapi saya harus membayar 10 ribu rupiah untuk mendapatkan map tersebut. Ya sudah, saya bayar saja. Setelah mengisi data dengan lengkap dalam surat permohonan paspor tersebut, jangan lupa sertakan syarat yang telah disebutkan di atas dan serahkan ke loket Kantor Imigrasi. Setelah menyerahkan berkas ke loket, petugas akan menyuruh kita datang lagi. Saya menyerahkan berkas Hari Senin dan disuruh kembali pada Hari Kamis. Pada kedatangan kedua ini, dilakukan foto diri biometrik dan pengambilan sidik jari. Sidik jari yang diambil tidak hanya jari jempol saja, tetapi 10 jari tangan sekaligus.

Setelah pengambilan foto dan sidik jari, data diri akan dikirim dahulu ke Jakarta untuk diproses. Kemudian, saya membayar biaya pembuatan paspor di loket dan melakukan wawancara dengan petugas. Normalnya, saya harus datang lagi pada Hari Selasa untuk penandatangan paspor. Di sini saya “bermain”. Ternyata, teman saya sewaktu SMA ada yang berkerja di Kantor Imigrasi Bandar Lampung ini. Dia mengatakan bahwa saya tidak perlu menunggu sampai Hari Selasa untuk melakukan tanda tangan. Setelah berfoto dan pengambilan sidik jari jam 13.00 WIB, ternyata berkas paspor saya sudah jadi jam 17.00 WIB. Lalu, saya ditelepon teman saya tadi agar datang ke kantor untuk melakukan tanda tangan sore itu juga. Saya mengucapkan terima kasih kepada dia. Untuk pengambilan paspor Hari Selasa nanti, saya diwakilkan oleh orang tua saja. Hari Selasa (21 Agustus 2007), saya sudah berada di Bandung untuk kuliah. Jadi, saya minta teman saya ini untuk “mempercepat” proses pembuatan paspor. Di sinilah pentingnya arti seorang teman. Untung saja, saya memiliki banyak teman. Hidup menjadi mudah. :D

kop-paspor.jpg

Untuk masalah biaya, ternyata pembuatan paspor tidak terlalu mahal. Saya menghabiskan uang sekitar 270 ribu rupiah. Buku paspor 48 halaman seharga 200 ribu, sidik jari 15 ribu, dan foto diri biometrik 55 ribu rupiah. Ternyata ada 2 jenis paspor, yaitu paspor 48 halaman dan paspor 24 halaman. Perbedaannya adalah paspor 48 halaman dibuat untuk umum dan paspor 24 halaman dibuat untuk Tenaga Kerja Indonesia (TKI). Saya juga tidak tahu apa saja isi paspor. Paspor saya baru jadi nanti, Hari Selasa.

Itu saja pengalaman saya membuat paspor. Semoga bermanfaat. Terakhir, saya sudah siap jalan-jalan ke luar negeri (ha ha ha).

Salam,

-IT-

About these ads

Komentar»

1. affanzbasalamah - Agustus 16, 2007

Berbahagialah kamu nak yang memiliki passport sumatera, karena kamu tidak akan dikenakan biaya fiskal 1 juta rupiah jika pergi ke Malaysia atau Singapur (atau cuma Malaysia aja ya, aku lupa).

febri - April 5, 2010

sekarang selama anda mempunyai NPWP maka tidak ada lagi biaya fiscal

wita - Februari 8, 2011

Berbahagialah kamu di tahun 2011 indonesia bebas fiskal kemana aja wkwkwkwkwk

utju - September 24, 2011

brarti klo skarang gw mo ke s’pore, udah bebas fiskal dunk?

2. Fajar - Agustus 17, 2007

iya waktu itu saya kena fiskal
bingung gak bawa cash segitu
transfer bca dah

3. ayahshiva - Agustus 18, 2007

jadi pengen juga buat paspor, thx for the info

4. firman - Agustus 18, 2007

Oi bob dah siap2 yah lu?

kapan lu balik bdg, ada masalah nih ma KSM lu!!!

5. danasatriya - Agustus 19, 2007

mo ke mana si emang?

6. harri - Agustus 20, 2007

ngikut dunk…

7. liment - Agustus 21, 2007

kemarin saya membuat pasport di sumatra selatan tepatnya di kota muara enim… saya berdomisili di lubuklinggau,jarak tempuh kota saya dg kota muara enim sekitar 5 jam perjalanan kereta api..
waktu saya di kantor imigrasi muara enim,saya di suruh melengkapi formulir sendiri.. syarat yang saya bawa lengkap semua.. terus saya di wawancara sama pejabat imigrasi,ditanya keperluan buat apa,saya jawab buat study di spore..
saya di minta membayar 600rb.. saya bilg,dipapan harga ada tertulis 270rb..
pejabat nya enak aja menjawab.. kalo mau 270 rb bisa tapi harus tunggu proses nya 3 hari.. saya bilang saya dari luar kota,mau kejar cepat buat pulang..
akhir kata dia minta 500rb.. setelah saya acc in,prosesnya gak sampe 3 jam udah kelar..
susah ya di kota kecil mau bikin pasport..?

Yanto - Maret 9, 2011

Prosedur pembuatan passport dimanapun sama. Tinggal kita mau pakai cara apa??
1. VIP (sehari kelar)
2. Istimewa ( 2 hari kelar)
3. Biasa (5 s/d 7 hari kerja baru selesai)
Tentu semua cara tersebut ada biaya tambahan, selain kelengkapan dokumen. Sebab jika dokumen tidak lengkap, maka prosespun terhambat atau tdk dapat diproses.

jejen - Januari 8, 2012

Wanni piro…(itulah indonesia)
Saya jd keen on underestimate, birokrasi indo….
klo bisa lama np hrs cpt…….

Alya Aulia - Juli 2, 2012

klo buat paspor umum tp paspor lama masih hidup tapi hilang dan saya ada paspor lagi baru tapi keluaran malaysia gmn dong masih bs diurus g

8. Fajar - Agustus 21, 2007

@liment
yah sudah menjadi rahasia umum itu

9. RAI - September 13, 2007

apa iyah kalo bikin pasport di daerah sumtera bs bebas fiskal ke malaysia, singapure n brunai???.Kalo gt asyik donks….pengen donks??.Tapi aku kan orang Bdg gmn caranya bisa dapet pasport di sumatera??Please ksh infonya yah,,,,lg pgn backpaker neh

10. irvan132 - September 13, 2007

@ RAI
katanya iya sih. saya juga baca dari blog orang lain (blog.zikri.com). saya sebenernya anak lampung yang kuliah di bandung, tapi buat paspor pas liburan. cocoklah buat backpacker kayak anda. :D

-IT-

11. Hendra Kusumah - Oktober 19, 2007

Setahu saya, mengurus paspor itu haru di kantor imigrasi yang sesuai dengan domisili yang tercantum di KTP. Jadi kayaknya gak bisa kalo mau bikin paspor di daerah yang berbeda dengan KTP.

Yanto - Maret 9, 2011

Bisa aja mas, Kata siapa bikin passport harus ditempat dimana KTP dikeluarkan. Yg Penting Dokumen anda lengkap & jelas. Yg meliputi :
KTP, Kartu Keluarga, Akte Kelahiran, Ijazah Terakhir, Surat Nikah (Bagi yg sdh menikah) Semua dokumen tsb. Asli & Foto Copy. Thx

maya_romantir - Mei 23, 2011

lha mas saya dulu kan tki di hongkong trus bln depan ini mau nemenin ibu omroh trus paspor saya kan masih hidup tapi jenis paspor nya 24 halaman . trus tgl lahir ktp sekarang dan tgl lahir paspor ngak sama? crita nya dulu waktu saya ke hkng kan blm memenuhi syarat jadi tgl lahir nya di tuain jadi thn 1983 tapi ktp aq sekarng kan thn tgl lahir 1987 bisa ngak ya. masih berlaku .ya?tolong di bls

12. eva - November 9, 2007

saya baru buat paspor di medan sebulan yang lalu.. ya..karena mau cepet harganya 500 rb…cuma 3 jam ..paspor sudah di tangan…

saya mau info (kalo saya tidak salah) …kalo sekarang orang bisa buat paspor dimana saja..meskipun punya domisili yang berbeda dengan yang di ktp…karena imigrasi sekarang punya sistem online

oh ya mau ngasih tau juga….gak usah deh kayak saya yang memaksakan diri mesti cepat….mahalkan….kalo memang ada rencana..segera buat…santai aja…seminggu kan juga tidak terlalu lama

imam - Agustus 11, 2010

eva please saya pengen buat paspor boleh tolong ngk???

Yanto - Maret 9, 2011

Betul sekali mbak Eva. Makanya segala sesuatunya harus direncanakan terlebih dahulu.

lansya - November 13, 2013

eva minta info yg bisa bantu bikin pasport cepat di medan,please

13. die - November 10, 2007

wah..thanx 2k infonya…aku mau ngurus papor ne buat seminar di Penang

14. Irvan - November 10, 2007

@ eva
thanks atas infonya yang mengatakan bahwa paspor bisa dibuat di manapun. tidak berpengaruh terhadap daerah di KTP.
hehehe, sabar aja. dengan 270 ribu udah dapet kok.

@ die
semoga lancar dalam pembuatan paspor. :D

-IT-

imam - Agustus 11, 2010

irvan askom van ada temen yang kerja di bagian imegrasi ngk?tapi di surabaya…tolong ya van………

15. emra - November 20, 2007

kmaren gw bikin paspor di krawang ternyata smua proses administrasinya tergantung duit. lw kasi duit lebih proses bikin paspor langsung di jalalin. duh Dirjen Imigrasi mustinya sidak dwonk kasian kan kalo diut ngepas. ya syukur deh lu punya temen yg mo ngurusin. harganya sih sama dg yg lw bikin cuma nunggu nya itu bro seakan hidup segan matipun tak mau.

16. irvan132 - November 20, 2007

@ emra
perlu diperjelas, kalo saya cuma bayar sekitar 270 ribu aja. sebenernya paspor baru jadi seminggu kemudian. saya hanya minta tolong dipercepat waktu itu, karena saya harus buru2 balik ke bandung lagi. karena petugasnya temen saya, ya proses itu bisa cepet. harusnya seminggu, dalam 3 hari saya sudah bisa mendapatkan paspor itu. kalo “ngasih” uang ke temen saya itu, murni cuma sebagai teman. pas mau saya kasih, dia sebenernya udah menolak. saya aja yang ngotot masukin uang ke kantong dia. mereka (pegawai imigrasi) masih punya hati nurani kok. tanpa “uang” seperti pun, mereka masih bisa hidup. yang jelas, oknum2 calo masih banyak yang berkeliaran yang menawarkan jalan singkat membuat paspor. so, hati-hati aja. :)

-IT-

marimar - Juni 30, 2012

sorry ya,,,nak tumpang kasih info sedikit,,,saya warga tanjung uban, kepulauan riau, bagian sumatra,,,,skrg ini saya tengah mengurus pasport,,,,kemaren saya datangi kantor imigrasi tjg uban,,,saya tanya ke loket persyaratan yg di perlukan dan biaya pembuatannya,,,eh,,,malah balik mengajukan pertanyaan macam2,,,,dia tanya dulu pernah buat paspor tak,,,saya jwb ya,,,thn barapa, tanya dia,,,saya jawab thn 2004,,,biar betul jawab dia,,,,dia seakan~akan terkesan mau mempersulit,,,,jadi saya tanya berapa ongkosnya,,,eh, malah dia jawab tak tau kata dia,,,,itu bukan bagian saya,,,,malah di suruh menunggu dulu,,,,sy pun duduk lah,,,,nah, pada saat itu saya tanya org di sebelah saya,,,,pak buat paspor berapa sih ongkosnya,,,,bapak itu langsung tunjuk di papan tarif pembuatan paspor,,,,rupa2nya semua ada di cantumkan di situ,,,,org imigrasi tadi melihat saya aja dan langsung tak di panggil2nya lagi,,,padahal tadi kan di suruh menunggu,,,jadi saya pun datangi dia,,,,,gimana, nomor antrian saya tak di panggil lagi,,,,dia pun jawab lah,,,ibu kan udah tau,,,,jadi saya tanya balik sama dia,,,,tahun pembuatan paspor lama saya ada sangkut pautnya nggak,,,dia jawab nggak ada sambil geleng2 kepala,,,,saya agak kecewa dgn layanan seperti,,,dia kan pegawai imigrasi,,,seharusnya dia yang menunjukkan papan tarif itu pada saat saya tanya dia,,,eh,,,malah org lain yg menunjukkannya,,,,pegawai seperti ini lah yang suka mengambil kesempatan,,,merangkap jadi calo di periuk nasi sendiri,,,hancur indonesia kalau terlalu banyak pegawai seperti ini,,,,

Kim Jong Un - April 13, 2014

Indonesia Raya

17. hzent - Desember 8, 2007

good artickel
i’ll try…

18. Muhlisin - Desember 23, 2007

mohon minta pengarahan atau apa yang harus saya lakukan apabila saya akan pergi keluar negeri , harap minta pengarahan dan tata caranya

19. faza - Januari 4, 2008

thank u ni ada blog yang crt cara bikin pasport.sempet bingung sih sebelumnya,tapi sekarang plg ngga dah da gambaran..thank u irvan! : )

20. meri - Januari 11, 2008

salam kenal

21. Rahmat Zikri - Januari 14, 2008

#9 dan #10 betul. tapi tidak 100% ya. setahu saya, semua paspor sumatra bebas fiskal ketika menyebrang dari Batam ke singapura/malaysia, kecuali paspor keluaran Sumut dan Aceh. vice versa, paspor-paspor yg bebas fiskal lewat Batam tadi, ngga bebas fiskal kalau berangkatnya dari Aceh atau Medan.

22. irvan132 - Januari 15, 2008

@ Rahmat Zikri
wah, thanks mas infonya. :)

-IT-

23. nengyuke - Januari 16, 2008

hmm kebetulan aku besok mau bikin passport.. ahahaha doain ajah lancar, untung ada list syarat yang harus di bawa..
thx ya buat info nya..

-nengyuke-

24. frans - Januari 25, 2008

jadi pingin bikin pasport neh.

@RAI
bisa kasih tau tentang backpackers? seru jg keliatannya.

25. sri - Januari 30, 2008

aku mau bikin passport, syaratnya apa aja
saya mau urus di karawang.
yang saya punya saat ini
Akte Asli,
KTP Asli,
KK asli,
Surat Ket dari Perusahaan,
Ijasah terakhir Asli, biaya berapa dan syratnya kurang apa aja ya,
mohon pencerahan

sri

26. dini - Februari 3, 2008

thx banget buat infonya, pas banget mau bikin pasport. btw, gak ada gitu ya yang 3 hari jadi. mepet bgt soalnya ..

27. heny - Februari 10, 2008

oh my good my father tak punya temen di imegrasi jadi gi mana ni ? padahal bapak gue perlu paspor utk lihat gue di singapore jadi terpaksa dolar singap[ore ku lah yg akan jadi korban org2 di imegrasiiiiiii

28. mizzantie - Maret 8, 2008

oww.. thanks buat infonya yah :D

29. Putri - Maret 9, 2008

wah info yg lagi saya cari, terima kasih…

30. julie - Maret 27, 2008

tengkyu, info na bermanfaat bgt…

31. arif - Maret 30, 2008

saya turut mengucapkan banyak bertrimakasih kpd anda, atas informasi yang di berikan.

dgn begini saya bisa ancang2 kalo da hal2 yang menyimpang.

mohon doa nya…….

meskipun saya belom ada temen atau temen saya belom ada yang bekerja di dinas keimigrasian,

smoga dalam mengurus paspor saya jadi punya temen…………….

32. amicol - April 2, 2008

makasih infonya. minta ijin ikut nyedot

33. novie - April 8, 2008

info yang sangat bagus, krn sy.mo siap-siap bikin paspor juga..tengkiu

34. Marvin - April 17, 2008

Ada yang bilang kalau kita mau urus paspor sering repot karena banyak “mafia” yang bermain disana. Atau itu hanya berlaku untuk yang di anggap keturunan?

35. irvan132 - April 18, 2008

@ marvin
wah, itu dulu kayaknya. orde kemaren2. sekarang semuanya udah berjalan sesuai prosedur. ga ada “mafia” lagi. clear semua kok. jangan takut untuk buat paspor. :)

-IT-

melisa - Desember 16, 2012

Kalo mau buat lagi paspor yg ilang krna kelalaian, prosedurnya sma gx sih..???
Truz hrga ma lma waktu pembuatan paspor’y tau gx..???
Tlong d’jawab donk.
Terima kasih

36. dj - April 21, 2008

bener semua pasport sumatera bebas fiskal..tadinya sih cuma sumbagsel aja..tapi sekarang sumatera bebas fiskal..asal terbangnya ya dari sumatera bukan dari jkt..dari aceh, medan, batam pun bebas fiskal kok..

37. obey - Mei 2, 2008

ehm gw bru pngn bikin pasport ne,,ksh tw dounk langkah2nya???
home gw dtangerang…tolong ya…
thanx…

38. dwie - Mei 14, 2008

sm nih obey, ak juga mo bikiin pasport.
kalo akte nya ilang ga tau kemana. udah dicarii2 ga ketemu. mang bisa pk ijasah S1 ya..???… tolong dunk, kasih info nya?….

39. ayu - Mei 27, 2008

klu mo buat pasport tanpa ada akte bisa di ganti dgn ijasah, mau dari yg SD sekalipun bisa, itu sbg keterangan di imigrasi nantinya. setahu sy passport yg bebas viscal keluaran dari batam, pekan baru dan sekitar kepulauan riau. passport medan di kenakan viscal 500 rb untuk menyebrang dari batam, bulan february 2008 temen sy memegand passport medan dan masuk singapore melalui batam di kenakan viscal 500rb.
sy memegang passport batam tp sy tinggal di singapore, dan sy baru mengganti alamat passport sy dgn alamat singapore, jd yg seharusnya sy bebas viscal klu ke batam skrg cuma bisa bebas viskal 4 kali, setlh itu akan di kenakan viscal. tp jk ingin mengganti alamat batam lg di kenakan 1 jt. dan pembuatan passport batam skrg 1200rb.

40. ayu - Mei 27, 2008

maaf ada yg kurang jelas dari keterangan sy, maksud sy penggantian alat dgn memakai alamat singapore cuma bisa bebas viscal 4 kali dalam 1 thn, stlh itu akan di kenakan viscal. tp kita harus punya pass utk tinggal di singapore, baru bisa ganti alamat yg indonesia ke alamat singapore. buat sy sendiri menyesal dech sy ganti alamat singapore.

41. ahmad - Juni 1, 2008

saya mau bikin paspor ni ttpi saya masih bingung cara nya itu looo…

42. Mita - Juli 8, 2008

hey, saya memang sedang membutuhkan informasi ini karna saya juga org lampung…so many many thx buat info nya ya…^_^

43. waq - Juli 12, 2008

iya niyh jadi bingung mw ke luar negeri, coz ngurus paspor n fiskal koq mahal banget… jadi sama aja bo’ong walopun tiket pesawatx murah, hikkssss…….

44. rudika - Juli 29, 2008

thanks infonya bos, aq mau berangkat ke dili timor leste.

45. agus k - Agustus 2, 2008

hai semua salam kenal.
aku pria umur 24 th.sudah bosan kerja di indonesia.cuma lulusan STM. temen-temen ada info kerja di luar negeri ga? gimana caranya? brapa biayanya?
thank ya yang mau bantu

46. ridwanfarid - Agustus 4, 2008

setau saya untuk buat pasport dimana aja di seluruh Indonesia yang penting kTP (not expired), yang agak rumit malah anak di bawah Umur (Balita)…hubungannya nanti kalau mau buat VIsa khususnya untuk negara tertentu ada persyaratan bebas Aids/HIV, hipatitis segala…

47. Na - Agustus 9, 2008

kl misal saya dulunya punya passport aceh, dan sekarang perpanjang di jakarta, Jadi,kalo saya ke Kuala lumpur dari medan itungannya passport jakarta atau masi passpoer daerah? Bingungg ni….

48. Uliph - Agustus 10, 2008

salam kenal
informasi yang ok.
saya lagi bingung untuk membuat pasport diluar daerah saya skarang.
sekarang udah ada peraturan baru dimana kita bisa buat pasport di luar KTP kita.

49. liza - Agustus 29, 2008

tru gmana kalo tanngal lahirny ga sama dengan akte??karna ini jd fromlem buat aq yg mau ngurus pasport????enek y jd km.

50. seseorang - September 11, 2008

makasih banget mas pemilik blog, infonya.
meski saya di Jakarta paling tidak saya jadi punya bekal untuk bikin passport bulan depan. Trims!

51. herry - September 12, 2008

Gila G bikin Passpor masa Bisa Sampe 2 Minggu Lebih ama Biro Jasa lagi… Biro Jasa Parah TUh…. udah jadi gak dapet sarungnya lagi buku donk parah benerrrrr………….

52. wiwiek - September 18, 2008

gw lagi buat passpor di lampung n prosesnya uda 2 minggu ini tapi selalu aja masih ada yang kurang syaratnya..padahal syarat2 yg gw lampirin uda cukup kaya akte copy n asli,ktp,kk,ijasah juga ngisi formulir ternyata sekarang mereka minta surat keterangan orang tua gw..senin depan gw baru bisa pfoto
ternyata kalo buat paspor tanpa uang yang lebih or teman yang kerja di imigrasi…ribet bo!

53. robert - September 21, 2008

mas, kalau anak smp urus pasportnya gimana, apa syaratnya

54. adityawan - September 30, 2008

thank you, about the information above….

i will try to make a passport

55. Herpina manurung - Oktober 17, 2008

nanya nih, jenis paspor berdasarkan lama atau masa berlaku ada berapa macam ya? Dan pernah saya mendengar tentang greencard apa pula ini bah?

kirimin dong informasinya ke email: chdm_86@telkom.net

thx ya…

56. bobby - Oktober 20, 2008

beri info dan persyaratan pembuatan paspor untuk pelaut

57. Ovan - Oktober 22, 2008

Hari aku lagi mo ngurus pasport 4 buah yang satu punya seseorang trus 3 nya 1 ibu n 2 anaknya yg mana mereka mau nyusul suaminya ikut stay di Australia dalam rangka kuliah S3 di Australia maklum dosen Unila ya mudah2 han lancar dech ya soal biaya standar lah..

trus dalam rangka keberangkatan orang Unila
karena kita dari http://www.sumatraandbeyond.com ” UNILA” ada mo fieldstudy ke 3 negara singapore-Malaysia-Thailand he he jalan-jalan gratis dapat duit……… sebagai Tour Leader

58. ayu - Oktober 26, 2008

Gw nga tau nich bisa pergi apa nga ,tgl 27 gw baru mo datengin kantor imigrasi mo buat paspor, tgl 30 gw dah harus berangkat ke singapura , doain aja mudah 2xhan gw di kasih kelancaran buat paspor.(paling nga orang yg bisa bikin paspor dalam 1 hari kelar )

59. zidni rachmawati - Oktober 28, 2008

Bikin paspor…
pengen juga.. kayaknya pengalaman membuat parpot memang unik-unik. wah untung sekali yang punya teman di migrasi. selamat deh anda dapat kemudahan. yup that a friends are for. wish me luck!!!

60. maswino - November 4, 2008

Caranya kalo buat paspor sekalian sama anak2, ada bedanya nggak ya mas ?

61. naKhsyaN - November 6, 2008

ass,mw tanya ni mas,,
apa bNr biaya tuk bKn paspor itu cm 270rb?
trus di atas mas jg blg”saya sertakan syarat yg d sbutkan d atas”syarat syarat nya itu apa j ya mas?n satu lg nih,,brp total biaya yg mas keluarin nYampe di singapore?

62. Verta - November 22, 2008

Assalamualaikum….
Wihhhh dah kemana aja nih……………. aku amish hanya bisa bermimipi tentang perjalanan ke luar negeri. Mohon kasih tau dong … sesama pengguna wordpress, aku belum bisa memumculkan foto disamping kayak gitu. mohon kerjasamanya yach……. makasih.

63. H Ibrahim - Desember 3, 2008

Sebentar lagi saya juga bikin pasport, syaratnya
1. KTP
2. kARTU KELUARGA
3. AKTA KELAHIRAN
4. SURAT KETERANGAN dari tempat saya kerja
5. Apalagi, uang ????????? kalau sulit begini. Banyak yang ciut keluar negeri. Kenapa sulit begini, takut teroris ???. Yang perlu ditakuti itu teroris yang ada dalam hati manusia masing-masing. Itulah teroris yang sesungguhnya. Saya mesti bukin pasport 150 kilo dari rumah saya. Kalau jauh begini masih dipersulit. e-Mail

64. wie - Desember 22, 2008

temen saya ada tuh yang katanya mau jadi tukang perpanjang paspor tolong dong dialog atau percakapan tentang paspor pake bahasa inggris aku jadi fusiiinggggg

65. dharmakesuma - Desember 24, 2008

bagus sdh punya paspor, tapi perlu hati2 jgn sampai kehilangan. kalo kehilangan mau dibikin sekali lagi sulit banget dan makan banyak uang. pabila berada dinegeri luar jgn cepat percaya pada warga dinegeri sana kerna kadangkala mereka bisa memperdaya untuk mendapatkan paspor lu, gunanya untuk digunakan oleh warga yg tidak punya paspor (illegal) ditukarkan foto bagi mengabui mata polisi atau pihak immigrasi. Ingat yah, jgn sekali-kali lepaskan paspor dari tangan melainkan pada pihak immigrasi negeri luar atau polisi. selamat

66. dharmakesuma - Desember 24, 2008

pada WIE, perpanjangkan atau e-mail pada gue untuk lihatin bahsa inggerisnya, insyallah gue nolong!

67. dharmakesuma - Desember 24, 2008

satu tip yah kalo sudah sampai luar negeri, harus cepat lapor diri ke kedutaan indonesia disana, kerna kalo hilang atau apa2 bisa dibikin semula oleh pihak kedutaan.

68. dharmakesuma - Desember 24, 2008

pada AGUS K, kerja diluar negara emg ada, kalo pabriknya emg banyak terutama di malaysia. soalnya biayanya gede. 1) harus kenalpasti majikan yang mau mengambil kerja 2) bayaran fiscal 1 juta kalo pemilik paspor dari jakarta atau pulau jawa (regulasi dari pemerintah jakarta), kalo pemilik paspor medan atau aceh tak perlu bayar fiscal. gue dengar bermula tahun 2009 ngak ada lagi fiscal. 3) bayaran levi (bea) pemerintah luar negara, berapa banyak berbeda negara 4) surat akuan kesihatan dari doktor indonesia.

69. dharmakesuma - Desember 24, 2008

pada affanz… sebenarnya gue juga binggung kenapa harus dikenakan bayaran fiscal pada pemilik paspor dari tanah jawa, bayarannya setiap keluar masuk, soalnya kenapa pemerintah indonesia yg mau begitu, ini sangat memberatkan warga yg mau cari kerja diluar negara.

70. Zahid Daim - Desember 31, 2008

Assalamualaikum..

Apa khabar sahabat semua. Saya Zahid dari Malaysia dan sedang mencari kenalan yang boleh membantu mencari Pembantu Rumah Muslimah. Sila hubungi saya di zahiddaim@yahoo.com

Semoga salam persahabatan ini akan mendapat jawapan baik dari semua.

imam - Agustus 11, 2010

ncik alamatnya dimana insyallah saya boleh tolong

71. amy - Januari 4, 2009

bagaimana membuat paspor cepat?????? ya kita harus pandai pandai loby and sok kenal baik ma salah satu dari petugas gitttcciuuuuuu

72. wantop - Januari 12, 2009

saya ada rencana untuk buat paspor, kalo baca2 di panduan ada yg menyebutkan butuh surat keterangan dari kantor tempat kita bekerja,,bener gak sih,,trus kalo bener itu surat menerangkan apa?

73. yuyan - Januari 14, 2009

sapa bilang hanya 270 ribu
sy buat pasport untuk ibu saya abis 500ribu
huh indonesia payah UUD(ujung-ujungnya DUIT) kwkwkwkkwkwk

74. Nina - Januari 21, 2009

kalo tak buru2 buat passport ikutin aja sesuai prosedur, klo mo kilat, pasti kena charge lebih. Sekarang kalo udh punya NPWP, bebas fiskal bukan? ke negara Asia saja, atau seluruh negara ya?

75. rhienlady - Januari 25, 2009

gw pikir buat paspor gak susah kok.. asal semua lengkap, ngikutin prosedur, gak pake buru2 bisa jadi dalam waktu 1 minggu.tanpa harus ngeluarin uang lebih, n punya temen di imigrasi. cuma terkadang emang banyak orang yang males ngurus ini itu , sok sibuk, jadi ngeliat semuanya serba bisa diduitin…

kalo masalah fiskal, bagi yg belum punya NPWP setau gue tergantung tempat kita berangkat ke luar negerinya.. kalo lewat bandara harus bayar dulu ke bagian fiskal 2,5 juta.. tapi kalo lewat pelabuhan kena 1 juta.. kalo bisa sih punya NPWP aja.. lumayan 2,5 juta bisa buat biaya hidup d luar negeri bagi backpacker…

jadi pengen backpack lagi neehh… ke wilayah asia timur. tapi belum punya NPWP.. lagi dalam proses sih!!!

ada yang mau ikuuuttt???

76. saripudin - Februari 2, 2009

sy blm punya akte kelahiran. gimana ya cara buatnya sudah telat 30 tahun, dan saya mau buat paspor mohon info kesaya, japri aja yah.
saripudinn@yahoo.co.id

77. rhienlady - Februari 4, 2009

waktu itu saya juga gak pake akte lahir, tapi saya melampirkan ijazah SD..

78. Diena - Februari 19, 2009

aduh gimana dong, ijazah aku semuanya gak ada yang bener.
SD + smp + sma : namanya sama
tapi di nilai ebtanasnya beda, padahal yang bener itu nama di Ebtanas SMP.

lalu KTP, NPWP, Kartu Keluarga namanya sama ma yang di nilai ebtanas.
kira kira bisa ga sih…
duh pusing nih.. mau ngurus sesuai prosedur takut ga bisa alias dipersulit, apalagi KTP luar daerah bandung (KTP batam)…
alhasil kudu nyari orang dalam nih biar enggak pake embel embel… a i u e o….
ada yg punya kasus seperti aku gak sih… bantuin nyak…

Peace euiy

79. Yan - Februari 23, 2009

Klo Pasport Pelaut ame Pasport non Pelaut sama gak sich.??
Haga Bikin Pasport Pelaut berapa yach.???
Thanks bngt klo ada yang mo ngasih tau neh…

80. desi - Maret 14, 2009

persyaratan nya apa aja kalo buat pasport untuk bayi 8bln?

81. reza pahlevi - Maret 17, 2009

Saya juga lagi urus paspor, wah ribet banget. Katanya syaratnya ktp, kk, surat keterangan dari kantor, dan Akte kelahiran. Saya merasa dokumen saya sudah lengkap, tapi ada aja yang dianggap gak sah untuk buktikan saya WNI sah. Sebenernya gak logis ya mau bikin paspor pribadi (bukan paspor dinas) kok minta surat keterangan kantor, kan sudah ada ktp, kk dan akte kelahiran, tapi ya saya buat juga, ternyata salah lagi, di surat keterangan itu harus ada tulisan KEPADA YTH KA IMIGRASI (mereka gak sediakan form/formatnya). Jadi KTP dan KK gak bisa jadi dokumen yang sah di mata imigrasi, padahal dikeluarkan oleh instansi pemerintah juga. Selesai urusan itu, ada masalah lagi, akte kelahiran nama saya tersambung, semua digit sama, tempat tgl lahir sama, nama ortu sama, hanya spasi nama kurang, lagi2 akte gak sah untuk nunjukin bahwa saya pernah dilahirkan di dunia (bukan robot atau hasil rekayasa genetika, bukan imigran gelap, dll). Maklum saya lahiran jadul, belum ada komputer, dari ortu yang bukan pendidikan tinggi, di kampung pelosok sumatera lagi, bahkan masih untung saya punya akte, sebagian besar temen2 dulu malah gak punya. Ujung2nya minta ijazah, lha ada ijazah saya yang tersambung namanya dan ada yang terpisah, bingung lagi, lagi2 semua digit sama kecuali spasi kurang lebar. Lagi2 jadul, petugas pembuatnya spt kita tahu gak perhatian sama yang gini2, ortu kita jadul gak menganggap ini jadi masalah karena namanya sudah sama persis kok (mungkin para ortu dulu malah gak punya akte, bahkan kapan lahir aja jangan2 gak tahu). Lucu, KTP, KK, keterangan dari kantor, plus akte kelahiran, seakan gak cukup kuat untuk buktikan identitas diri. Saya gak tahu apa yang mau dibuktikan oleh kantor imigrasi. Akhirnya saya fotokopi seluruh ijazah SD – S2 saya, SK pengangkatan pegawai, untuk nambahin data diri, untuk buktikan saya memang pernah lahir di negeri ini secara sah. Yang lebih ironis lagi, anak2 juga harus buat paspor sendiri, lagi2 akte kelahirannya (yang jauh lebih baik dan teliti, karena saya yang kendalikan pembuatannya) gak berlaku, masih harus tambah bukti surat nikah. Lha untuk buat akte kelahiran kan harus kasih surat nikah, ktp dan kk, kok setback lagi. Kalo sesama kantor pemerintah gak saling percaya pada dokumen2 yang dikeluarkan, lha masyarakat yang bingung, masak harus kumpulkan semua domumen lagi, apalagi nanti yang asli harus ditinggal, dirusak lagi (disteples, dibolongin dengan tanpa perasaan tuh dokumen orang yang sudah dirawat dengan baik), bagaimana kalo hilang waktu ditinggal… Lelah nian hidup dinegeri yang akal dan logika dibuang jauh …… Saya kuatir ini trik supaya kita males urus sendiri, supaya lewat agen, kalo lewat agen harganya 3x lipat, jadi semacam sudah ada mou antara kantor imigrasi dengan agen2 perjalanan. Kayak kalo kita bikin SIM baru, kalo diuris sendiri bisa gak lulus2, kalo lewat agen lancaaarrr abis, tapi ada harga yang mesti dibayar….
Jadi, pungli tetap ada tapi berubah bentuk aja…. lebih smart gitu….

82. Tanti Suprapto - Maret 19, 2009

This is BUREAUCRAZY. Masalahku adalah nama, jadi bulak-balik mulu. Di Indonesia kita dikenal dengan nama dan nama panjang. Trus belasan tahun aku hidup di LN, yang dikenal dengan budaya Name and Surname. Paspor diplomat (ikut ayah), lalu paspor hijau ya…dengan format Name, Surname, kalau ga pake format tersebut bule heran, kalian anak-beranak, tapi kok nama belakangnya beda? Hampir aku ditolak pemerintah sana, karena sponsor biaya kuliah ya si Ayah. Urusan Bank, Ijasah Asli, sampe balik ke Indonesia KTP, KK sendiri, surat nikah tetap dengan format Name dan Surname. Begitu mau bikin paspor lagi, dipermasalahin. Padahal semua persyaratan sudah lengkap, sampe paspor lama juga aku lampirin. Sekarang Imigrasi minta surat ganti nama. Malah menyalahkan aku yang ganti nama. Padahal di daftar Imigrasi, persyaratan adalah: Akte Kelahiran / Ijasah. Gar-ing artinya kan ‘Atau’. Nah aku pakai yang ijasah terakhir. Tapi karena Ijasahnya impor, ga diakui. Udah setua gini masih cari ijasah SMA? Kalau ada yang the most update, ya pakailah itu, betul, kenapa musti set back lagi? Yang dogol lagi, Bapak dan Ibuku yang udah bau tanah gitu masih juga di tanya Akte Kelahiran. 67 tahun yang lalu, mana ada akte lahir ?? Betul-betul herran, ternyata KTP dan KK tidak bisa dijadikan bukti diri otentik.

83. delani Althafinnisa - Maret 22, 2009

wuih,,,,, ribet amat ya bikin pasporx
tp sebanding lah dengan apa yg akan qt dapat nanti,,,
aq jg mau ngurus paspor,,,
thankx atas infox;;;;

84. maria - Maret 23, 2009

sebenarnya ga ribet sih klo petugasnya mau krj dg benar dan sesuai dg syarat2 n peraturan yg sebenarnya.

85. maria - Maret 23, 2009

Saya jg lagi sebel bgt nih……krn mama saya jg lagi ngurus passport di imigrasi bandar lampung……ya yg mama saya alami sama dg yg kalian alami, yg inilah kurang, itulah……..malah mrk minta copy passport n Identiteit card saya lah…….pusing deh ……padahal klo dipikir apa hub, dg saya, lah saya kan hanya anak mama saya yg ngundang mama saya mo liburan ke LN yg penting itu ya identitas sipenguru dong, ia kan ?

86. maria - Maret 23, 2009

Tapi aku lega baca2 komentar n crt kalian semua, berarti syarat2 peruturan2 mengurus passport msh tetap sama sewaktu saya mengurusnya thn 2005 yg lalu di imigrasi mdn. hanya sekarang bedanya saya dpt info bahwa ngurus pasport sdh OL tdk hrs sesuai dgn wilayah KTP lagi.

Ok deh ……sukses deh semuanya ya ………

87. Maria Pijnaker Simarmata - Maret 23, 2009

semoga ada pegawai imigrasi yg baca tulisan2 kita ini biar pikiran mrk terbuka ………untuk melakukan krj dg sebenarnya ……..

Salam ……

88. widy - April 6, 2009

wah.. cukup bermanfaat ni.. info-nya. Btw, itu surat keterangan menikah buat apa ya..? trus kita musti minta kemana..? tolong dong frenzz.. pencerahannya. Thanks.

89. Arie - April 12, 2009

Thanks buat info pembuatan passport nya ya…

http://www.xing-d.blogspot.com

90. alethea - April 16, 2009

apakah biaya pembuatan pasport umur di bawah 17 thn sama dengan umur diatas 17 thn ?

91. rhienlady - April 19, 2009

kalo menurut gw, KTP n KK gak bisa dijadiin syarat satu2nya, karena KTP itu gampang bgt dibuat. 1 orang aja mungkin bisa buat lebih dari 2 KTP..

92. karmal - April 23, 2009

aku jg mau buat paspor nih di pakai ke LN doain ya mudah-mudahan aku tidak dipersulit sama pegawai imigrasi.kirain kalau ambil paspor hanya datang di kantor imigrasi ternyata ada jg ya syarat-syaratnya. trima kasih banyak atas infonya untuk kelengkpan persyaratan pengambilan paspor

93. victor A. H. - Mei 4, 2009

Apakah semua pembuatan Pasport di setiap daerah sama??? Saya rencana mau buat tp bingung apakah di MEDAN atau JAKARTA??? Please confirm to me… Thanks…

94. berson - Mei 11, 2009

Tadi sy abis bikin passport @ kantor imigrasi kelas 1 jakarta timur (cipinang).
Gampang aja koq.
1. Siapkan dokumen (asli + poto copi 1 lembar): kartu keluarga; KTP; ijazah; akte kelahiran.
2. Dateng pagi, kalo bisa sebelum j10 (jadwal sih 8.30-16.00, tp abis istirahat ga buka lagi loketnya, & sy perhatikan tiap loketnya hanya melayani sekitar 10 orang (non calo) biar selesai pas jam istirahat. Makanya dateng pagi biar j10 udah siap dikumpul diloket.
3. Trus beli formulir Rp. 12.000,-(udah lengkap: map + materai), trus diisi.
4. Setelah diisi, bawa ke lantai 2 kasih ke loket passport (kalo td sy loket no 1).
5. Tunggu dipanggil, (sy ngumpulin j10 pagi & bisa sy pastikan petugasnya cuma terima sekitar 10 berkas pemohon (non calo) & berkas ini mulai dia proses jam 11an )
6. Sekitar jam 11.50wib sy dipanggil & dikasih kertas jadwal poto hari jumat besok (15 mei 2009).

95. Darwin - Mei 13, 2009

mau nanya nih…klo untuk biaya bikin passport disetiap daerah sama kaga sih?? soalnya ada yg bilang beda2 tuh…klo di Bandung ada yang tau ga???

thx

96. Yan - Mei 15, 2009

mau tanya,
awalnya saya punya paspor bogor,

tp kmudian saya kerja di jakarta
bisa perpanjang di jakarta ga ya?

butuh dokumen apa aja kira2?

*soalnya saya tanya calo, masa saya nantinya jadi daftar baru dgn nomor paspor baru. soalnya data paspor saya tu di bogor gada di jkt. apa benar begitu?*

makasih

97. alien - Juni 6, 2009

gue jg pusing nich.mau perpanjang pasport tapi kagak tau saratnya.apa syaratnya sama dengan pembuatan paspor baru.soalnya saya nanya temen katanya bawa pasport lama aja udah bisa….apa benar segampang itu…?tolong balas. alientin57@yahoo.co.id or jjakow623@hotmail.com thank’s

98. Citra Indriani - Juni 7, 2009

Kakak sekalian yang sudah pny PASPOR mau tanya nih !
Kan saya baru tamat SMA dan masalahnya IJAZAH SMA saya
belum bisa keluar ! Saya mau bikin PASPOR d Palembang, masalahnya
Agustus saya sudah harus di Surabaya ! Jadi, saya harus mengurusnya dalam waktu-waktu dekat ini !
Saya punya Kartu Keluarga, KTP, Akte Kelahiran !
Apakah itu sudah cukup syaratnya ?
Msalah VISA, apakah diantara kakak-kakak ada yang pernah ngurus VISA ?

Mohon d balas
Terima Kasih sebelumnya…

99. fitriani - Juni 8, 2009

sama kayak Citra nih. kalo misalnya saya tamat taun ini tapi blom punya ijazah gmana ya?

100. tian - Juni 24, 2009

tolong info dong buat paspor beda dengan ktp trus syaratnya apa aja????plz…………….

101. tian - Juni 24, 2009

plz……info cara buat paspor beda dengan domosili ktp asal….dan syaratnya apa aja yach……..harganya berapa…hihihihihi

102. Iwan Permata - Juni 30, 2009

waktu saya mau bikin paspor di kota serang banten untuk kerja ke LN
syarat syarat udah ada semua tapi terbentur harus ada “sponsor”
gimana tuh boss?…..
mohon pencerahannya

103. bojig - Juli 29, 2009

thanks bwat info’nya!!!!!!!! :)

104. Firza - Agustus 3, 2009

kartu keluarganya di legalilis di kecamatan dulu gak???

105. Firza - Agustus 3, 2009

kartu keluarganya di legalilsir di kecamatan dulu gak???

106. stanio sidratama - Agustus 10, 2009

saya ingin bekerja di malaysia, skrng say tinggal di jakarta, tp KTP saya dari Banka Belitung..
Mohon bimbingannya agar saya bisa secepatnya berangkat ke malaysia ^_^..

dharmakesuma - Februari 18, 2010

pada stanio,
kalo mau ke malaysia, 3 cara;
1) sebagai tourist, cuma 30 hari saja kemudian harus kembali untuk cop masuk kembali, cape deh gaya gini; tapi manfaatnya bisa tinjau2 dulu tempat mau kerja (aku nasihatin kalo bisa kerja dipabrik lebih baik, anggaran gaji rp3juta permulaan, lemburnya agak lumayan bisa sama gaji pokok).
2) untuk kerja, aku nasihatin harus dahulu kenalpasti majikannya, kerna majikan yang harus uruskan permit kerja sebelum masuk kemalaysia, (bayaran levi, etc satu kepada mencecah rp8juta). permit kera sah 1 tahun, bisa diperpanjangkan setiap tahun.
moga kamu berjaya.

107. fritz - Agustus 13, 2009

Keren Bgt coi pertinkatkan Lg

108. V3 - Agustus 24, 2009

saya mo tany, gmn ci cara ny bwt paspor pelancong klo di daerah bogor kira2 makan biaya berPA YUA?

109. neng®atna - September 14, 2009

menyulut minat jalan2 ke luar negeri sekaligus capcus ke kantor imigrasi. penasaraaaaannnn…. pengen jugak nih. tw nice article

110. three - September 28, 2009

thanx banget untuk infonya….Mungkin baru sebatas angan-angan….tapi aku punya niat untuk jalan-jalan ke luar negeri…Infonya bermanfaat bgt buatku.. ^_^

111. hasan - Oktober 3, 2009

klo yg blm nikah gmna…???
bls

112. muhammad noor havid - Oktober 12, 2009

bila ada yang berminat kerja di luar negri khususnya di negara singapura silahkan hub ;muhammad noor havid , alamat rumah ;jl. terto tejo bratan rt 02 rw06 pajang laweyan solo kode pos 57146 jawa tengah indonesia /email;havid_2@yahoo.com/nomer telp;081575899203

113. hamba Allah - Oktober 24, 2009

saya org malaysia & telah menikahi dgn org indonesia,masalah saya adalah saya telah menetap d indonesia hampir 2 tahun(ilegal)kerana sudah tamat tempoh pasport.tapi saya telah membuat ktp gelap dibantu kepala desa daerah kami PERTANYAAN SAYA: 1.APABILA SAYA PULANG KE MALAYSIA,PERLUKAH SAYA PERBAHARUI PASPORT LAMA SAYA,ATAU MEMBUAT PASPORT BARU(dgn cara menggunakan ktp disini) 2.bagaiman urusan pasport utk anak dibawah umur 4tahun. dgn bantuan pembaca,saya ucapkan terima kasih

114. Kawaii - November 4, 2009

makasih banyak atas berbagi pengalamannya…
aku lg ditugasin nyari syarat” pembuatan passport…
eh…ktemu deh…
makasih ya….

115. panji - November 13, 2009

tq bgt…saya bwrwncana mw ke korea…tapi blm tau prosedure pembuatan pasport…
makasih atas bantuannya…

116. Alvin - Desember 6, 2009

Halo…

Salam kenal semuanya.
Mau numpang tanya nih…….
Sori sebelumnya kalo mungkin sudah dibahas di atas.
Perpanjangan paspor sekarang ini, apakah memerlukan npwp?
Kalo tidak punya npwp, karena tinggal di luar negeri (suami kerja), apa bisa memperbaharui paspor di Indonesia?

Terima kasih atas masukannya ya….

117. aNa Diah - Desember 22, 2009

abang jelasin pentingnya paspor n biaya fiskal?
kok,kmrn wktu q rencana mo buat paspor, q disuruh nyapin duit 10jt, ma tmenq,, tu buat apa ya?

118. aNa Diah - Desember 22, 2009

salam kenal..

119. imam - Januari 15, 2010

aku mau nanyaa..
aku mau buat paspor u/ study ke malay,,
namun umur saya masih dibawah 17 tahun
saya butuh cepat.. katanya harus perlu persetujuan org tuaa
karena saya tinggal jauh dr org tua. sya harus bagaimana??
tolong cepat.. karena saya harus mengirim dokumen ke malay..
pliss..
trus dokumen apa aja yg harus saya btuhkan :)
trims

dharmakesuma - Februari 18, 2010

study dimalaysia, dimana yah?

120. Mulyo - Februari 13, 2010

Cara dapat map yang ada surat permohonan pembuatan paspornya dari mana?, di kampung ku cma da map yg harganya cm 500 rpiah doank….

121. dharmakesuma - Februari 18, 2010

pada imam — 1) harus ada surat tawaran dari sekolah/kolej/universitas dari malaysia untuk ditunjukkan pada kantor imigrasi sebagai bukti;
2) juga surat bukti biaya study dimalaysia;
2) sampai di malaysia, harus bikin kartu pelajar di kantor pusat PUTRAJAYA, gampang dari kuala lumpur ke putrajaya, naik bus, banyak bus, jangan ambil teksi lumayan harganya; kartu pelajar di perbaharui setiap tahun yah.
kalo kamu ada masalah disini hubungi gue ssaba10@gmail.com

122. Imam Darmady - Februari 27, 2010

inpo yang sangat berguna gan… tapi sayang, ane gak punya temen orang imigrasi… semoga aja, rencana pembuatan passport saya berjalan lancar. sekali lagi… thanks banget ya bro.

123. Andri - Maret 1, 2010

Saya mencoba membuat paspor online, tetapi setelah data selesai di upload tetapi yang keluar adalah tulisan verifikasi ….., Kenapa ya? Saya udahn ulang itu hampir 6 kali hasilnya tetap sama. Ada nggak yang ngalami ini

124. Felicia Denisa Rusli - Maret 13, 2010

irvan smu2 yah??

125. rury - Maret 16, 2010

wuih… ribet juga urusan bikin pasporr… tadinya bisa mudah malah dipersulit .

Indonesia kapan majunya huh..

baru mau ngurus paspor jadi males hahaha

126. pahem - Maret 27, 2010

map yg brisi surat permohonan pmbuatan passport belinya di kantor sana??? tepatnya posisinya dimana (di kntor imgrasi itu…)? hehe terimakasihh

127. carantian - April 7, 2010

saya masih 16 tahun, tapi pingin bgt backpack ke singpr…aku masih belum jelas, kan aku ngga punya ktp, bisa bikin passport ngga? trus thap2nya apa aja sih kalo mau ke luar negeri? harus ngapain aja gitu? apalagi ku anak jawa, fiskal tu apaan gittu…he he maaf ya..anak masih bau kencur nih,,,tolong balas di email aja…hidung26@ymail.com…terimakasih…

128. Nany Eka - April 17, 2010

numpang nanya nih…….
saya pnua teman dari nigeria yang sekarang bekerja di malaysi, dia pengen ke indonesia tapi ga punya visa. Dia minta saya menguruskan visa kunjungannya ke indonesia, saya bingung gimana ngurusnya. Tolong penjelasannya segera ya…
Bisa balas di email saya NANCaem_99@rocketmail.com

129. yanny - April 28, 2010

kalau ada harga pembuatan aspor seharga 270 rb tolong dong kasih tahu saya .karena saya mau pergi nanti tahun depan.

130. nesta - Mei 8, 2010

Saya seorang tkw sbg plrt dan punya passport keluaran KBRI Singapura yg masa berlakunya smp 2012.Krn skit 6bulan lalu saya pulang.Saat ini boss sy ingin sy bkerja tuk mreka lg.Boss dah urus sgala sesuatunda apply work permit,insurance,security bond dan tiket.Senin lalu sy tak bs terbang krn ternyata ada kerusakan ri paspor sy yg saya kurang tahu kalau hal spt itu berpengaruh.Saya mencoba memohon pergantia paspor ke dinas imigrasi di provinsi sy,Jogja.Mereka blg krn saya mau keluarnegeri sbg TKW PLRT sy hrs meminta surat rekomendasi penggantian paspor dr Depnaker domisili Sleman.Tp staf Depnaker bilang mereka tak bisa mengeluarkan surat rekomendasi krn saya hanya bekerja sbg PLRT.Saya dianjurkan untuk melakukannya di wilayah lain.Sy mau mnta tolong ke para blogger apabila mengetahui apa yg hrs sy lakukan?terima kasih

mb83 - Agustus 13, 2010

kpd nesta gak usah bingung pergi lagi ke dinas imigrasi,blg lg

131. Leonarko - Mei 19, 2010

mau tanya nih…
kalau misalnya kk saya kk jawa tengah (semarang), bisa ga saya bikin paspornya di tangerang?
soalnya sekarang saya tinggalnya di tangerang.
tolong reply ke email saya yach…
thanks…

132. ZONA NETTER INDONESIA - Mei 21, 2010

Menarik juga pengalaman bikin paspornya Mas…Kapan bikin paspor gratis ya…terima kasih sudah berbagi…jadi bertambah ilmu saya…

133. Pawan - Mei 24, 2010

Mau tanya nich…
Berapa lama sih pembuatan passport jika diurus sendiri?
Sebab pengalaman saya untuk buat passport kelar 1 minggu memakan uang yang sangat mahal dari 650000 s/d 1000000 rupiah itu kata orang yang berkerja di Immigrasi bagian pembuatan passport tapi jika mereka yang mengurusnya dlm 1 minggu biaya 700000 rupiah…saya jadi bingung???

134. diana - Mei 27, 2010

tolong kasih informasi dong apa-apa aja kesalahan dlm pembuattttan paspor,dan ada g biayA tambahan yang tak terduga,al na gw jg mau bwt paspor tapi dana nya pas-pasan,,,gimana ney……..

johanes - Juni 23, 2010

syarat pembuatan pasport dapat di liat di imigrasi.go.id
Kamis, 23 April 2009

A. PERSYARATAN PERMOHONAN PASPOR RI

1. Mengisi formulir permohonan paspor RI dengan benar dan lengkap (perdim 11, yang dapat diperoleh di kantor imigrasi);

2. Melampirkan berkas asli dan foto kopi identitas diri, antara lain ;

§ Kartu Tanda Penduduk (KTP);

§ Akte Kelahiran (KK) dan atau Surat Tanda Tamat Belajar/Ijazah;

§ Surat Kawin/Akte Nikah bagi yang telah menikah;

3. Paspor RI yang lama bagi pemohon penggantian paspor RI;

4. Surat ganti nama (jika direncanakan akan dilakukan perubahan atau pergantian nama)

5. Rekomendasi tertulis dari atasan atau pimpinan bagi mereka yang bekerja sebagai PNS, karyawan BUMN, TNI/Polri atau Karyawan Swasta;

6. Pemohon melakukan pembayaran sesuai ketentuan yang berlaku (Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2007 tentang Penerimaan Negara Bukan Pajak di lingkungan Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia RI).

B. PERSYARATAN UNTUK ANAK DIBAWAH UMUR (DIBAWAH 17 TAHUN)

1. Mengisi formulir permohonan paspor RI dengan benar dan lengkap (perdim 11, yang dapat diperoleh di kantor imigrasi);

2. Melampirkan berkas asli dan fotokopi identitas diri, antara lain;

* akte lahir;
* KTP orang Tua;
* Kartu Keluarga;
* STTB/Ijazah, atau Akte Lahir Orang Tua;
* Surat Kawin/Nikah Orang Tua;
* Foto Kopi Paspor Orang Tua yang masih berlaku;

3. Paspor RI yang lama bagi pemohon penggantian paspor RI;

4. Melampirkan surat pernyataan tertulis materai Rp 6000 dari Orang Tua.

5. Pemohon melakukan pembayaran sesuai ketentuan yang berlaku (Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2007 tentang Penerimaan Negara Bukan Pajak di lingkungan Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia RI).

johanes - Juni 23, 2010

ingat..TIDAK DIPERLUKAN YG NAMANYA SKBRI.
BILA ADA OKNUM YG MEMPERSULIT BISA DILAPORKAN KE IMMIGRASI PUSAT.
JADI DATA UTAMA ADALAH:
ktp+kk+surat lahir atau ijasah. titik.
selamat membuat pasport…beranilah bila anda benar.!!

135. Setiawan - Juni 16, 2010

IJAZAH PALSU

Banyak sekali diantara kita semua yang terjebak dalam lubang pengangguran.
Menyedihkan memang ketika kita berulang kali keluar masuk dari satu perusahaan keperusahaan lain namun hasilnya tepap sama,DITOLAK!!!.
Mungkin juga diantara kita berfikir kenapa untuk menempuh jenjang pendidikan yang tinggi membutuhkan biaya yang tidak sedikit,bahkan cenderung makin menjerat.
Sedangkan untuk memperolah pekerjaan yang layak baik di instansi pemerintah maupun perusahaan swasta selalu disyaratkan: MINIMAL D3 atau S1.
Salah siapa?!
Apakah anda ingin berubah?
Atau ingin selalu dijajah?

ANDA BUTUH IJAZAH UNTUK MELAMAR KERJA/MELANJUTKAN KULIAH/KENAIKAN JABATAN?!?!

-SMU:3.000.000
-D3:6.000.000
-S1:8.000.000

* AMAN, LEGAL, TERDAFTAR DIKOPERTIS, BISA UNTUK MASUK(PNS, TNI, POLRI).

JUGA MELAYANI PEMBUATAN SURAT SURAT PENTING SEPERTI:SIM, STNK, KTP, REKENING BANK, SURAT TANAH, AKTE KELAHIRAN.BPKB, N1, SURAT NIKAH, DLL.

SYARAT:KTP/SIM,FOTO BERWARNA DAN HITAM PUTIH,UNIVERSITAS YANG DITUJU,IPK YANG DIMINTA(MAX 3,50),TAHUN KELULUSAN YANG DIMINTA,ALAMAT PENGIRIMAN YANG DIMINTA.KIRIM KE:arief_gagah@yahoo.com

BERMINAT?

HUB: 085736927001.

(HANYA UNTUK YANG SERIUS SAJA)

Nb:Semua manusia berhak meiliki pekerjaan dan pendidikan yang layak,entah dari kalangan atas,menengah dan bawah.Maka dari itu kami ada untuk anda yang mebutuhkan ijazah atau surat-surat penting lainnya.

TERIMAKASIH

Ciko - Desember 29, 2010

Mas setiawan,
bisa gak bikin akta kelahiran buat sy yg gak punya surat nikah ortu,gak punya ktp bokap.?
trimaksh

136. eega - Juni 26, 2010

aku mau bikin passport nie wat ke KL.. tadi’y mau bikin sendiri ke imigrasi tapi setelah baca artikel N komen2 kalian aku jadi agak mundur… padahal abang saya di KL udah nunggu saya… alhasil dia nyuruh saya buat di biro jasa dengan harga Rp. 600rb 2 hari… kalo ada yang tau bito jasa di daerah bandung yang harga’y sedikit dibawah itu tapi bisa selesai 1 hari dimana ya???

terus buat bikin permit resinden N visa kerja tuh kata’y di kementrian dalam negri malaysia ya??? terus kira2 biaya yang bakalan di keluarin ke kementrian dalam negri malaysia kira2 nanti berapa????

137. eega - Juni 26, 2010

maaf info balesan’y kirim ke email aku ajj ya :
randra_eega@yahoo.com

138. agung - Juli 7, 2010

kira2 bisa ga yah kalau mau buat paspor di batam sementara KTP & KK saya jakarta???
coz skr gi di batam
minta info ye..tq..

139. nina - Juli 13, 2010

saya ma buat visa tinggal 3 bulan dimalaysia, syaratnya apa dan gimana caranya? mohon jawabannya….trims

imam - Agustus 20, 2010

itu gampang aja datang aja ke imigrasi kemudian sambung 2 bulan…klok masih blum jelas boleh hub saya nanti…im4m_smart@yahoo.com

140. karnizi - Juli 15, 2010

saya mau buat pasport,,,tapi saya tidak punya akte kelahiran,,,bisa ga ya saya pakai ijazah smk aja sebagai pengganti akte,,?
mohon jawabannya,,,thnks,

141. leo - Juli 20, 2010

ko jd curhat semuanya,,, hahahahaha

142. leo - Juli 20, 2010

buat agung:: bisa,, aslkan bayar 10 jt ja ma petugasnya…hahahahahahhahahah

143. Jakson - Juli 23, 2010

@agung

bisa kok sekarang ga harus sesuai dengan alamat KTP,
kan sistemnya dah online

144. vero - Juli 25, 2010

aq dom di jogja pengen buat pasport jg nich, kira2 syaratnya apa aj n biayanya brp, oya apa hrs pny npwp biar g kena biaya viscal?? aq masih ragu nich padahal dlm wkt deket hrs ke california. tolong dong infonya….thnx

145. vero - Juli 25, 2010

tolong balas ke emailq ya…

146. dgoro widi - Juli 29, 2010

bisa di data daftar tkw yang buat pasport bulan juni 2010 atas nama nila wijayanti dari pt sahabat putra pendawa, saya cuma mau ngecek aja apa sudah jadi apa belum ?

147. Aryani - Agustus 27, 2010

mau tanya, kalau cuma punya akte kenal lahir gimana ? t’kasih

148. yoakim - September 2, 2010

kalo mo cepat bikin paspor di medan syarat hanya fotokopi KTP,fotokopi KK,fotokopi akte kelahiran.untuk pengurusan di imigrasi Medan dapat saya bantu.hubungi saya email:akimagro@yahoo.com

149. lintang - September 15, 2010

thanks infonya, terbantu skali.

150. aulia panca pertiwi - September 28, 2010

mau tanya dong?? kalo mau bikin gitu?? harga nya beda2 gk sich?? aq khan mau kuliah di luar,, cuma aq binggung cara ngurusnya,,

151. putra - Oktober 5, 2010

saLam
saya mau nanyak ni pak/ibu.
saya mau membuat pasport melancong ke malaysia,
jadi saya cuma mau tanya ma ibu/bapak,
berapa perkiraan biaya pembuatan nya pak,

salam saya
putra di medan,

152. rachma - Oktober 8, 2010

Mas mau tanya, klo kita ga ada ijasah gmn? Apa msh bs buat paspor? Tlng ya infonya.. Thx

153. imam - Oktober 16, 2010

kalau di wilayah palembang,,, brapa ya harga nya untuk pembuatan passport k luar negri>>>>

gie - Februari 22, 2011

sekitar 400 ribuan mas

154. sgg - Desember 9, 2010

saya mau buat paspor,tapi saya gak tau caranya. gimana saya bikin pasport karena saya mau training ke korsel.saya dari perusahaan…..persyaratanya apa ya,tolong info

155. Iwan - Desember 14, 2010

apakah tidak memakai surat rekomendasi sponsor begitu? wajib atau tidak wajib ya? soalnya si bos menolak memberi surat kerenterangan kerja karena saya dianggap karyawan baru :(

156. dede dhea - Desember 28, 2010

saya anak 16 tahun,bunda saya di malaysia 4 tahun yang lalu.saya tinggal di sini dengan almarhum nenek yang meninggal 2 minggu yang lalu.lalu,karena kecerobohan saya,rumah saya kebakaran sehingga semua data data penting terbakar.yang tersisa hanya ijazah SMP,KK,kartu pelajar(karena saya masih belajar di SMAN).tapi ibu saya memberi saya alamatnya di pahang,malaysia.dia bilang ikutlah dengannya ke sana.tapi saya bingung data data yang saya miliki tidak lengkap,apakah saya masih bisa pergi ke malaysia dengan data yang terbatas itu sedangkan di sini tidak ada yang mau menolong.?

157. Ciko - Desember 29, 2010

Yg punya blog ini mas Irvan ya,,
sy mau nanya mas,2 tahun yg lalu teman sy ada yg ngurus paspor di jogja,diantara syaratnya adlh ijazah asli dan akta kelahiran asli. tp mas kok bisa cuma pake ijazah saja? tiap daerah beda2 ya kebijakannya? atau memang sebenarnya hanya salah satu saja (ijazah/akta kelahiran)?.kalo ternyata boleh tdk pake akta kelahiran sy benar2 tertolong2 mas,karna nasib akta kelahiran kita sama,hehe
tolong dijawab ya mas,atau para pengunjung yg lain kalo mau menanggapi komentar sy ini juga boleh, sblmnya terimakash

158. R. teti setiawati - Januari 11, 2011

mau tanya nih bagaimana caranya pembuatan bikin Visa kerja buat anak saya kebetulan kerja di Maly tapi persh Maly bukan internasional, pers udah ngajukan pembuatan visa tsb tapi di tolak karena quota udah penuh alasannya, kalau visa kerja kan mesti 1 – 2th gitu bisa bikin di Konjen PKU untuk maly kan apa aja syaratnya dan berapa biayanya terimaksih.

159. bii - Januari 11, 2011

kasian orang pemerintahan doyan makan duit haram.pantesan pejabat kita perutnya buncit-buncit ada daging tikusnya didalem…

160. tika - Januari 18, 2011

untuk domisili jogja,pengurusan paspor gk susah kok,kk+ktp+akte+ijasah.pas ngurus malah gk ditanya aslinya, langsung pake kopinya aja.1mingguan dah kelar.asal datanya benar n gk mengada2 pasti beres.(tapi yg lwt calo jg ada,klo gk diburu2 waktu mending lwt jalan yg benar aja).skr ngurus2 visa ni yg bnr2 blank…ada yg dah pernah backpack,aku cari partner nih,yg deket2 aja dulu, lagian paspor jg masih bersih,blm ada cap2nya.jangan perah takut urus sendiri klo emg surat2 kita dah benar.klo ada yg berminat backpack tahun ini hub aku ya bluescell_99@yahoo.com

161. amalia - Januari 20, 2011

kalo gak punya akte kelahiran dan ijasah, bisa gak ngurus paspor?

162. rickimarthin lahagu - Februari 6, 2011

aku mw nanya ne soalnya ricki jg pengen ke kenada bulan mei ini. yg aq mw nanya. apa bisa ngurus pasport tanpa ada sura keternagan penggantian nama atw ada gantinya kalo gak ada surat keterangan itu? tlg di jwb
makasih

suqoy - Februari 21, 2011

kayaknya gak bisa lo bro..
kamu harus ke pengadilan negri dulu mintak pengesahan dari hakim ..
kalo mau urus surat GANTI NAMA bawak aja saratnya :
butab permohonan yg bertanda tangan
KTP
AKTE
KK ma semua ijaza. semu di copy 1 lmarab.
untuk copy ijazah kamu setempelin ke kantor pos dulu ya…. jangan lupa sekalian beli matrai 6000 3 but jaga2.

163. gie - Februari 22, 2011

kalo ke singapore selain paspor, butuh visa nggak ya?

164. andi .y - Maret 8, 2011

mas irvan saya minta tolong (please). nama saya andi mas, baru dilantik jd RT Ada warga saya tidak mempunyai identitas sama sekali di ksk aja gak ada. saya mau cerita tetang anak ini; anak ini namanya rendi lahir sekitar 18 thn yg lalu, sewaktu umur 2 thn dia dijual sama bapaknya ke pasar dn jd pesuruh, kira2 7 bln kakeknya diberitahu orang tentang cucunya tsb. maka dgn susah payah kakeknya menebus cucu tsb wkt itu aku sndr juga ikut dan sampai skrg anak ini ikut neneknya krn sdh 1thn ini kakeknya wafat. skrg rendi kerja jd kuli bangunan gak disekolahkan sm kakeknya (maklum faktor ekonomi mas) jd gak bisa baca dan nulis. dan skrg rendi ini minta tolong ke aku mas untuk di buatkan ktp dan masuk di ksk neneknya, aku sudah tanya ke kelurahan tp di limpahkan ke DISPENDUK dan dispenduk sendiri mnt dr penggurusan akte DLL (BTH biaya dan wakyu yg cukup). mungkin MAS IRVAN bisa bantu saya. saya berharap sangat bantuan dari mas irvan. dgn biaya yg bisa dijangkau sesuai kemampuan saya uang pribadiku.

165. andi .y - Maret 8, 2011

saya ada di surabaya utara kelurahan krembangan mas mohon amat sangat bantuan dr mas irvan. kalau mas irvan ada tempat dan alamat di surabaya, saya akan datang. trims

166. R.ABAY FAQIH ULIN NUHA - April 2, 2011

berapa lama waktu pembuatan paspor ???????????????

167. ???????? - April 3, 2011

???? berapa jam pembuatan pasport itu????????

168. ???????? - April 3, 2011

saya sangat hebat

169. billy - April 6, 2011

parah nya ngurus paspor untuk wni keturunan, mau diminta SKBRI lagi .padahal lahir di indonesia, besar di indonesia. bagi teman lain yg bukan wni keturnan, tidak diminta SKBRI. pdhl setau sy, SKBRI tidak dipake lagi. Tetapi pada praktek nya, diskriminasi masih berlaku.

170. martha - April 18, 2011

mau tanya ni teman2,kalo mau pergi ke amerika, harus pake visa ya?? bisa nggak pergi pake pasport aja… soalnya ngurus visa ke amrik kan susahnya minta ampun, rencananya aku mau meried di sana dulu baru ngurus visa disana, kira2 bisa nggak ya teman2???

171. sapril - April 29, 2011

saya mau tanyak???bagaimana pendapat anda semua yg dah berpengalaman dalam hal paspor, jika kita hendak bekerja di suatu pabrik plastik penang Malaysia dengan menggunakan paspor pelancong????adakah bahayanya buat hidup saya???tolong pendapat saudara semua ya…..

172. maket kapal - April 30, 2011

makasih infonya saya baru mau membuat passport

173. mercylia - Mei 1, 2011

saya mau nikah sama orang Turki.Bagaimana urus visanya?makasih infonya.

Razly Mukharaf - Juni 18, 2011

@mercylia saya punya daftar negara yang bebas visa bagi yang memilki pasport indonesia..
khusus benua eropa :

1. Armenia : 120 hari (VoA)
2. Georgia : 90 hari (VoA)
3. Kosovo : 90 hari
4. Turki : 30 hari

#ket ; VoA
Visa on Arrival (VoA), artinya setelah pemegang paspor tiba di bandara negara yang menerapkan VoA, pemegang paspor diwajibkan untuk mengurus visa dan membayar sejumlah biaya administrasi untuk bisa masuk ke dalam negara tersebut. Jadi, tidak perlu mengajukan permohonan visa ke Kedubes di negara asal, karena bisa langsung mengurus di negara tujuan. Biasanya VoA ini diperbolehkan untuk kunjungan singkat saja, seperti berlibur atau kunjungan sosial.

kebetulan turki bebas visa jadi cuma modal passport bisa lansung masuk :))

tp sayang Jerman ngga termasuk bebas visa , huhuh:( padahal pacar ada d sana :((

174. Hotels In Bali - Mei 13, 2011

Inget paspor inget kejadian ketika paspor saya rusak akibat terkena noda minyak angin kayu putih ketika saya sedang berada di pesawat..hikz.. Apes deh, mau gak mau langsung buru2 ganti paspor setelah nyampe di tanah air tercinta.. Jangan sampai terulang kembali kejadian itu :(

jehezkiel - Oktober 2, 2011

mau tanya dong bagaimana mengurus pasport kamu yang rusak ? karena saya mengalami hal yang sama berapa lama waktu pengurusan dan biaya. Thanks

175. mas bewok - Mei 18, 2011

Hari saya dan kawan saya mau buat paspor untuk liburan karyawan di kantor imigrasi jak-sel, disana pelayanannya tidak memuaskan sekali, ruang tunggunya panas seperti oven, petugasnya juga jutek, sistem antrian tidak berjalan semestinya, calo ada dimana-2, bahkan karyawan dalam pun ada yang menawarkan proses kilat dan langsung jadi, tapi dengan syarat pembayaran dimuka sebesar 1,5 juta atau lebih utk paspor 48 halaman, bisa langsung jadi, walaupun sudah dapat nomor antrian, ga perlu antri lama-2.
Jadi seperti ini mental pegawai BUMN ya ??? menyedihkan sekali, sangat merugikan rakyat biasa. Bagi yang berduit banyak dan punya uang yang tidak berseri pun proses ini bisa dijalankan, karena mereka butuh cepat, sedangkan kita yang menunggu dari pagi sampai sore, harus mengikuti prosedur lempar sana, lempar sini, bayar sana, bayar sini, BUMN dengan birokrasi ruwet, rumit, ribet, asal, yang penting ada duit semua beres … dasar ga punya otak nih pegawai BUMN, ga punya rasa perikemanusiaan, tidak punya rasa keadilan. Tapi kalo keadilan dalam berbagi uang sogokan paling cepet.

tembusan:
- kompas.com
- detik.com
- vivanews.com
- okezone.com
- liputan6.com
- yahoo.co.id
- msn.co.id
- media indonesia group
- media online jakarta
- dewan pers
- antara

Darmawan - Mei 21, 2011

Mas saya punya paspor pelaut dan masih berlaku sampai sekarang dan saya sdh berhenti jadi pelaut sekarang saya ingin ke luar negeri dan bagai mana caranya untuk sign of paspor saya tsb, apa bisa di setiap kantor imigrasi atau di tempat paspor tsb di keluarkan, mohon idenya t.q.

176. intelfxindo - Juni 12, 2011

saya dengar dari calo paspor katanya ada yang 2 hari jadi.. dia minta Rp1200.000 katanya yang kilat… sebenarnya yang kilat itu kalau urus sendiri berapa ya gan….? mohon pencerahan thx

177. Razly Mukharaf - Juni 18, 2011

buat yang pengalaman di jerman urus visa di sana berapa yaa..????
trims :)

178. tiara - Juni 24, 2011

Ibu saya (66 th) Insya Allah berangkat haji tahun 2011 ini, tapi ibu tidak punya akte kelahiran & ijazah maklum orang desa lahir dibantu dukun beranak, pernah sekolah rakyat jaman dulu tapi gak punya ijasah, ibu hanya punya KTP, KK & Surat Nikah, apakah keberangkatan ibadah ibu saya akan terkendala dengan masalah pengurusan pasport ??? adakah yg sudi berbaik hati memberi informasi apa yg hrs sy lakukan, sy sangat khawatir jika tertunda mengingat usia ibu sudah tua dan mengidap diabetes & asam urat, mohon info balasan ke tiarasalsabila86@yahoo.com

179. Dwi Arini - Juli 18, 2011

Mksd perlu Surat Keterangan Pergantian Nama grmna ya? Klu Nama Sy di KTP/KK berbeda dgn Akta/Ijazah gmn? krn ada penambahan Marga aj si? Minta ke mana ya Surat Keterangan Pergantian Nama? tks

180. nanda - September 7, 2011

Kalo skarang bwt paspor brapa ya kira kira?

181. Raghiel Suzuran King - September 9, 2011

klo sekarang biaya paspor yg 24 halaman 50rb, trus yg 48 halaman 200rb, aku juga liat brosur nih,, nah klo bikin visa tuh gimana ya.?? aku mau ke malaysia. mohon info nya ya, thanks ^^

182. VanZed - September 30, 2011

Terimakasih atas infonya yang penting ini boss….oia..saya mau tanya dong, apa perbedaanya pasport untuk visit dan tinggal (1 tahun) itu sama?
dan tolong dong info buat yang pernah Ke Jerman… pacar ngebet pengen nikah lol…wkwkwkwkwk…. :)

183. Muhammad Iqbal - Oktober 10, 2011

apa beda y paspor umun dengan perkerja.. saya mau bikin paspor buat peLaut?toLong info y y..

184. aibo - Oktober 14, 2011

ada yang tahu nggak ngurusin passport buat baby sitter?

185. patahan - Oktober 18, 2011

kl akte kelahiran malaysia dan ktp indonisia gmn cara ngajuinnya?
kira2 masalah ga?
makasih

186. ItokoQiann - November 2, 2011

kalo misalkan kartu keluarga kita ilang nih, bisa ga ya tanpa kartu keluarga ?

187. Gamecompressed - November 4, 2011

lumayan membingungkan yaa

188. Ms. Selvie - November 30, 2011

thx ya info nya, alhamdulillah aku dapet reward jalan2 ke singapur tahun dpn. rencana nya jumat ini aku jg mau bwt passport di kantor imigrasi bandar lampung. semoga gak meribetkan,karena aku dari kabupaten kotabumi, jadi kalo mau bolak balik kan agak ribet n makan waktu. smntara fc passport sdh harus diterima kantor pusat sebelum tanggal 20 ini. mohon doanya semoga lancar :)

189. modesta - Desember 24, 2011

kalo pelajar mau ngurus paspor gmn caranya ribet g ?

190. dr.agus hasan - Januari 7, 2012

Satu paspor itu berlaku berapa lama?

jejen - Januari 8, 2012

setau saya 5 thn pak

191. jejen - Januari 8, 2012

Saya mau bikin paspor…. katanya klo tujuannya kerja biayanya mhl ya? (pungli….)
Apa bilang aja mau study, ya….
klo visA NGURUSNYA HRS DI EMBASSI AJA YA, wahhh k jakarta dunx…biaya lg…apa dsby bisa g ya….

(postingannya dah lma euiii ….)

192. eva yuliana - Februari 19, 2012

Total biaya visa kerja ke malaysia

193. Ronaldwals - Maret 5, 2012

saya msaih baru ingin mencoba buat paspor perpanjangan. :)

194. Arya Boni - Maret 19, 2012

Hmmm….
Memang susah ya berurusan di kantor negeri / kantor negara ini….
Apa memang begitu ya…jika dikantor negeri, semua urusan harus dengan uang….??

Saya sangat kecewa dengan pelayanan beliau-beliau yang bekerja dikantor negeri ini…
Percuma kita bayar pajak mahal-mahal, padahal kita bayar pajak kan untuk pemerintah, untuk menggaji beliau-beliau juga…

Susah memang ya….

195. Cinta Indonesia - April 6, 2012

Cara buat Paspor Baru 48 halaman di kantor imigrasi Bandar Lampung

Pembuatan paspor tidak sesulit yang kita perkirakan, proses pembuatan butuh 3 kali datang dalam 2 minggu untuk keadaan normal hingga paspor jadi. Yang dimaksud normal adalah tidak ada kendala dengan surat2 yang asli, seperti masa berlaku KTP, Nama,Tgl.lahir atau Tempat Kelahiran sesuai atau tidak dengan akte kelahiran kita. Jika ada yang tidak sama, maka tinggal buat Surat Keterangan yang menyatakan bahwaTempat/ Tgl. Lahir yang benar adalah sesuai Akte Kelahiran di kantor kelurahan yang sama dengan ktp. Surat keterangannya itu gratis tapi biasanya (sudah pasti) setelah surat jadi akan diminta uang tip alasan klasiknya buat administrasi (alasan lurah minta uang adm krn tidak melalui Rt lah, tidak bawa surat PBBnya, ampun deh korupsinya) besaran uang itu tergantung kepandaian kita (saya diminta Lurahnya langsung Rp.50ribu tapi saya bilang saya hanya bisa kasih Rp.20ribu jika tidak mau ya sudah saya tidak jadi buat dan akhirnya tuh lurah terima melalu sekretarisnya huuuh parah korupsinya).
Proses pembuatan paspor yang paling lama adalah antrian untuk sampai nomor kita dipanggil, tapi memang tergantung pada banyak tidaknya yang buat paspor pada hari kita datang. Kalo lewat calo atau bahasa kerennya biro jasa, tidak ada waktu antri datang hanya pas photo berikut wawancara saja. Tetapi harga lewat calo itu biaya 2 kali lipat dan kita sebenarnya mengembangkan budaya korupsi secara tidak langsung. Masalah terbesar sebagai karyawan adalah waktu yang tidak dapat ijin keluar kantor beberapa kali dan cukup menyita waktu tiap datang ke kantor Imigrasi, itu yang menjadi kendala utamanya yang menjadi celah bisnis.

Pada saat pertama kali kita mau buat maka umumnya persiapkanlah surat – surat asli sebagai berikut ini :
1. KTP asli
2. Kartu Keluarga
3. Akte Kelahiran
4. Ijasah dari SD, SMP, SMA
5. Surat surat akte lahir Orang tua (biasa ditanyakan jika terlihat seperti keturunan)
6. Akte Perkawinan/ surat nikah (jika sudah menikah)
Semua difotocopy masing – masing cukup 1 lembar saja, dan untuk fotocopy KTP dalam 1 halaman harus ada sisi depan dan belakangnya juga. Bawa 1 lembar Materai Rp.6.000,- dan lem kertas buat tempel materai tadi serta perlu pena hitam buat nulis.

Setelah semua berkas lengkap dan sudah fotocopy juga, tinggal ke kantor imigrasi kelas 1 Bandar lampung di alamat Jl. Hj. Haniah No.03 Cut Mutia Bandar Lampung. Dari lampu merah diponoggoro belok kanan jika dari arah Tj. Karang. Kantor imigrasinya masuk dalam gang, bukan pinggir jalan.
Jika sudah ketemu, langsung kearah koprasi imigrasi yang letaknya di belakang kantor.

Disana kita diwajibkan membeli 1 buah map permohonan paspor baru dan di dalamnya sudah terdapat surat pernyataan tanpa Materai dan 1 lembar sampul Paspor. Jika ada yang belum sempat difotocopy disana ada, hanya sedikit2 Rp.500,- jadi persiapkan sebelumnya dari rumah. Sehabis beli map, lalu masuk ke kantor imigrasinya. Di pojok kanan depan dekat pintu ada customer service / pusat informasi, di sana kita minta form permohonan paspor baru.

Setelah dapat form tersebut isi dengan lengkap, seperti ada contohnya di meja penulisan sebelah kanan ruangan. Lingkari kolom perkerjaan dengan pilihan kata lainnya (wiraswasta). Sebab jika diisi dengan perkerjaan sebagai pegawai swasta maka diperlukan surat rekomendasi dari perusahaan kita berkerja dengan format yang diinginkan kantor imigrasi (akan jadi ribet). Surat peryataan berisi pertanyaan ke Negara mana? Tujuannya untuk apa? Lama disana?

Jika form permohonan dan surat peryataan sudah diisi, bawa ke pusat informasi tadi untuk minta no. pengajuan permohonan (kodenya huruf P xx) dan sekalian tanyakan cara buat paspor disana. Setelah dapat nomor antrian, silakan menunggu sampai nomor dipanggil, dan disana aka nada waktu istirahat dari jam 12 siang hingga jam 1 siang. Jika nomor masih jauh lebih baik pulang makan saja, atau jika ingin makan disana ada warung nasi di depan jalan kantor imigrasi. Parkir motor disana Rp.1.000,-

Pada saat nomor dipanggil nanti semua berkas diperlihatkan dan jika ada pertanyaan apakah anda warga keturunan? Jawab : saya warga Indonesia, lalu petugas akan mengulang pertanyaan tadi karena wajah kita oriental maka, jawab kembali saya warga Negara Indonesia memang ada keturunan Tionghua. Jika nama orang tua kita nama mandarin akan ditanya surat SKBRI kalo memang tidak ada dan sudah jadi warga Negara Indonesia katakan pada petugas ortu orang Indonesia.
Setelah dapat penjelasan apa saja yang akan dibawa pada saat nanti wawancara, lalu akan diberi dari petugas surat tanda terima permohonan dan tanggal kembali ke kantor Imigrasi. Biasanya disuruh datang kembali setelah 1 minggu, tapi jika ingin rubah tanggal sebutkan pada petugas.

Pada hari yang sudah ditetapkan datanglah agak pagian sekitar jam 9, lalu kasih surat tanda terima tadi dibagian penerimaan permohonan. Dari petugas nanti diminta menunggu sampai berkas permohonan ditemukan lalu petugas akan mengecek kembali semua persyaratan dengan berkas2 asli. Jika sudah ok, maka akan dapat kertas untuk ditukar dengan nomor antrian pembayaran (kode hurufnya K xx) di pusat informasi. Jika sudah sampai tahap ini berarti sudah 50% ok, tinggal tungu nomor dipanggil buat bayar paspor sebesar Rp.255.000,- Jika sudah bayar maka dari kasir akan mendapat kwitansi pembayaran yang nantinya berfungsi untuk diperlihatkan ke pusat informasi agar dapat nomor antrian sesi Foto dan Wawancara . Nah, silakan anda antri kembali untuk foto tapi kantor itu akan istirahat pada jam 12 siang hingga jam 1 siang.

Setelah nomor dipanggil masuklah ke ruang foto disebelah kiri ruangan tunggu dan berikan nomor antrian kita pada petugas potret. Di ruangan ini tidak boleh di damping hanya yang bersangkutan yang boleh masuk. Gunakan pakaian rapi, rambut rapi, pria pakai kemeja. Jika sudah foto akan dilanjutkan wawancara yang tempatnya disamping tempat pemotretan. Akan ditanya semua surat surat asli dan ditanya kembali perkerjaan apa kita (ingat katakan wiraswasta) trus ke Negara mana? Lama? Tujuannya? Dan diminta kita mengecek ketikan Nama dan Tanggal Lahir, Alamat Sudah benar apa tidak agar tidak salah dalam pencetakan Paspor, lalu terakhir Tanda Tanggan. Sampai ditahap ini sudah finish. Tinggal ambil paspor kira-kira seminggu kemudian dengan membawa surat dari petugas sesi wawancara tadi. Pas datang kembali setelah seminggu, langsung ke sebelah pojok kanan petugas penyerahan paspor, kasih surat pengambilan dan anda akan menunggu sebentar. Setelah paspor diberikan harap perikasa nama dan detailnya. Lalu akan disuruh fotocopy paspor tsb, tinggal ke belakang kantor ke koprasinya dan orang fotocopy akan tahu apa yang akan dicopykan. Selamat buat Paspor Baru, semoga bermanfaat penjelasan saya. (Hrtn, 02 Apr 2012)

196. Cinta Indonesia - April 6, 2012

harga sekarang paspor 48 halaman Rp.255.000,- beli map yg diharuskan Rp.15.000,- dan materai yg Rp.6.000,- Totalnya jadi Rp. 276.000,-
proses 2 minggu. minimal 3 kali datang.
semoga bisa bermanfaat info ini..

197. oh juae - Mei 16, 2012

bisa ngak ya bikin paspor padang tapi ktp nya payakumbuh,soalnya aq mau bikin paspor untuk kekorea .mau ketempat mama q.

198. Simone - Agustus 29, 2012

Excellent post. I used to be checking continuously this weblog and
I’m impressed! Very helpful information specifically the last part :) I handle such information much. I was looking for this certain information for a very lengthy time. Thank you and good luck.

199. desy wulan sary samosir - September 26, 2012

bagai mana kalau kita pernah ganti nama jadi nama yang di KK beda dengan yang di ijzahh tolong sarannya dong

200. muhammadjafar - Januari 12, 2013

thanks info’a

201. duber - Januari 30, 2013

memang yah, agak sedikit ribet emang bikin paspor tuh. thanks infonya

Pest Control

202. Arya Abs - Februari 1, 2013

mas kalo nenek saya sdah tua dan mau membuat paspor, apakah perlu akte ??
karna nneek saya gk puya akte
tapi ad surat nikah ….
surat nikahya sudah hilang haya ad pangganti!!!
kalo KK ad KTP ad,

apakah perlu akte juga mas????

jwab mas ya!!! : )

203. Arya Abs - Februari 1, 2013

mas bisa ngak kalo pasport lama diubah namanya,tempat tangaal lahir dn di ubah alamtya yng ckrang, karna dulu sdah pernah buat pasport ,kalo mau di perpanjang bisa gk diganti yng saya katakan tadi !!

jwab mas ya!! ?? : )

204. Brenna - Mei 21, 2013

Hey would you mind letting me know which webhost you’re utilizing? I’ve loaded your
blog in 3 completely different browsers and I must say this blog loads a
lot faster then most. Can you suggest a good web
hosting provider at a fair price? Thank you, I appreciate it!

205. alsat - Mei 21, 2013

temen sy buat paspor di kelurahan, 1 jam udh siap.. haha canda bro
sy mau tanya klo paspor hilg gmn ya, soalnya sy hilg paspor, sy ga punya copyan trs sy jg ga ingat no registernya.. langkah2 apa yg hrs sy tempuh…

206. nur aini - Juli 15, 2013

Mz tolong carikan nomor paspor atas nama aminah binti sastro musiran tgl lahir 28 oktober 1972

207. Bara - Juli 21, 2013

Saya mahasswa mau buat paspor secepatnya, tapi akta dan ijazah SMA saya ketinggal di kos. Apa boleh diganti dengan ijazah SMP? terima kasih

208. Ismail - September 1, 2013

Buat kwn2 semua saya mau tanya ni. saya sudah prnah bwt pasport thn 2011. dan saya kerja dimalaysia. dan setelah kerja 1,5 bulan saya lari kerna dia tk buatkan saya permit kerja, dan pasport saya ada sama dia. masalah nya saya pulang pake SPLP tp namanya gak sama dengan pasport yg gue tinggalin itu. pertanyaannya apakah bisa aku bwt pasport baru lg, dan berapa biayanya? tlg dibantu ya teman2

209. riani manalu - Januari 5, 2014

hay
saya ade rencana nak bawa ayah/mak saya nak wisata ke malaysia
perlu kah izajah untuk buat pasport?
harap bantuan nya

terimakasih,,,,

210. saed fahmi - Januari 7, 2014

hy..numpang nanya,,klu kemalasyia tu skrg perlu ngk yg nama-a uang tunjuk??mkasih..bls

211. Loretta - Februari 5, 2014

Hi there i am kavin, itts myy first time to commenting anywhere, when i read this post i thought i could also make comment due
to this sensible post.

212. yuly bunda litha - Mei 1, 2014

waaduuuhh..ibu saya malah dimintai biaya pembuatan passpor 1 hari jadi sebesar Rp. 1.350.000 (muahaaaal bingit bisa buat beli hp tuh heehee). alasannya biaya segitu utk pengurusan segala macam. sperti KK, KTP dll. dengan kondisi ibu saya sudah punya passport tp sudah lewat masa.
dan saya menawarkan utk mengurus sendiri, tapi ibu tidak mau. (takut gagal katanya)hmmm…
dokrin calo sungguh HEBATTTT!!?


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 38 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: