jump to navigation

Oleh-oleh Khas Lampung Oktober 19, 2007

Posted by irvan132 in Makanan.
trackback

Sebelum balik lagi ke Bandung, saya menyempatkan diri membeli oleh-oleh (buah tangan) dari Lampung. Sebenarnya, banyak sekali makanan khas Lampung yang bisa dibeli. Hanya saja, dalam kesempatan ini saya hanya membeli beberapa macam saja. Oleh-oleh yang saya beli kali ini adalah keripik pisang, keripik nangka, dan kacang “medan”. Baiklah, saya akan membahas makanan tersebut satu-persatu.

suseno.jpg

Keripik pisang yang paling terkenal di Lampung adalah Keripik Pisang Suseno. Saya tidak tahu mengapa keripik pisang Suseno sangat terkenal. Saat saya hijrah ke Bandar Lampung tahun 1996, keripik pisang ini sudah terkenal. Tentu saja, kalau membeli keripik pisang, saya tidak mau membeli keripik pisang merek lain selain Suseno. Selain sudah terkenal, kemasannya sungguh cantik. Bagian luar dikemas dengan kotak, sedangkan bagian dalam dikemas dengan plastik. Dengan kemasan ini, keripik ini terjamin kebersihannya. Ada 3 macam rasa yang tersedia, yaitu rasa manis, rasa keju, dan rasa cokelat. Ketiga macam rasa sama-sama renyah dan sangat enak di lidah. Keripik pisang Suseno juga tersedia dalam berbagai ukuran, ada yang berukurang 250 gram, 500 gram, bahkan 1 kilogram. Anda tinggal memilih sesuai kebutuhan.

keripik-pisang.jpg

Kalau keripik nangka dan kacang “medan”, merupakan oleh-oleh baru khas Lampung. Saya hanya sekadar coba-coba saja. Tentu saja, keripik nangka dan kacang “medan” juga tersedia di daerah lain. Saat mencoba keripik nangka, rasanya sungguh manis. Bentuknya seperti nangka yang dikeringkan. Untuk kacang “medan”, rasanya standar saja. Sama seperti kacang-kacang “medan” yang pernah saya makan.

keripik-nangka.jpg

Untuk masalah harga, oleh-oleh khas Lampung ini cukup terjangkau. Keripik pisang Suseno berukuran 500 gram (cokelat/keju) berharga 27 ribu rupiah. Saya tidak tahu harga keripik pisang yang berukuran 1 kilogram. Untuk keripik pisang rasa manis, harganya akan lebih murah. Harga keripik nangka berukuran 150 gram adalah 11 ribu rupiah. Dan harga kacang “medan” ukuran kecil adalah 3.500 rupiah saja.

Karena Lampung masih di dalam wilayah NKRI, tentu masih ada proses contoh-mencontoh (plagiat) dalam bisnis. Tidak hanya bisnis di bidang IT, dalam bisnis makanan pun ini terjadi. Ada keripik pisang bermerek Suasono. Keripik pisang tersebut adalah salah satu kompetitor keripik pisang Suseno. Bentuk dan kemasan hampir sama, hanya rasa yang membuat berbeda. Rasa tidak pernah bohong. :P Terserah anda mau memilih yang mana. Itu saja review oleh-oleh yang saya bawa kali ini. Semoga bermanfaat. Ada yang mau memesan? :D

Salam,

-IT-

 

About these ads

Komentar»

1. ayahshiva - Oktober 19, 2007

hmmm aku juga mau tuh di bawain oleh-oleh keripik pisang.
btw aku lebih suka keripik pisang yang rasa asin

2. Fajar - Oktober 19, 2007

asal jangan lupa temen aja bob
yang coklat satu lah

3. aJOemOni - Oktober 19, 2007

wuih oleh2nya gina-geh banget.. hihi..
tapi kayakny yg dia kasih bkn merek Suseno deh..
Apa yah,, lupa! hihi.. :mrgreen:

4. syafriadi - Oktober 19, 2007

beli kemplang jg ga?

5. Luthfi - Oktober 20, 2007

tanpa bagi2 oleh2 adalah kriminal :P

6. aisar - Oktober 20, 2007

mana ni.. koq blom nyampe sekre.. :p

7. hamka - Oktober 21, 2007

Hmmm…kripik pisang, emang di lampung banyak kebon pisangnya, sayang kemaren ga musim duren ya…
Kalo ga salah di jalan di deket pelabuhan panjang ada deretan ruko dan warung oleh2, isinya kotak2 kripik pisang banyak banget, emang sukses banget yang namanya suseno ini..

8. irvan132 - Oktober 21, 2007

@ ayahshiva
wah, walaupun beda rasa, tapi sama nikmatnya.

@ fajar
di arc besok gw bawain.

@ ajoemoni
wah, mestinya yang suseno dong. rasa ga pernah boong. :D

@ syafriadi
ada mas. tapi ga sempet beli, takut keberatan bawanya.

@ aisar
tunggu aja ya.

@ hamka
setuju gw. suseno emang laku keras. :P

-IT-

9. evelyn pratiwi yusuf - Oktober 22, 2007

Waduh kripik nangkanya menggiurkan…..
Emang kalau pesan gimana?
Bisa ya dikirim ke SUrabaya?

10. irvan132 - Oktober 23, 2007

@ evelyn
hahaha, ga tau juga bisa pesen apa ga.
tapi bisa deh kalo emang bener2 pengen. :D

-IT-

11. indra kh - Oktober 23, 2007

waaah kangen dengan kripik nangkanya …….durennya juga…..kripik pisangnya…kemplang juga….haaa…semuanya jadi pengen (kecuali kopi) :D

12. Adi Nugroho - Oktober 25, 2007

aduh, jadi ada ide mau minta oleh2 apa ma adek :D thx ya

13. ndinndun - November 5, 2007

heu3….ho oh…kripik lampung rasa coklat ntu enak…
e oleh2 dari lampung yang enak ntu dodol durian…enak juga loh…murah meriah lagi…
[ups! lupa perkenalan…alo seniorku….^_^]

14. irvan132 - November 5, 2007

@ ndinndun
dodol duren a.k.a lempok. emang mantep kalo itu. :P
salam kenal juga. :D

-IT-

15. Lestari - Januari 8, 2008

tau yg namanya sruit lampung ga…??
duhhhh!!! itu mantep banget bo……
cobain dech,,,,

16. ina - September 27, 2008

lebaran mo kelampung,jd ada ide bwt bli oleh,thank’s

17. ina - September 27, 2008

oleh2nya cuma itu aja ya???ada yg laen ga z???

18. http://demam-berdarah.blogspot.com - Februari 11, 2009

mampir………donk

19. http://demam-berdarah.blogspot.com - Februari 11, 2009

pengalamanku melawan demam berdarah

20. http://demam-berdarah.blogspot.com - Februari 11, 2009

Klik ya blog saya……..
Terima kasih

21. ambar - Maret 13, 2009

wah kyknya enak tu he…3x

22. ferent - Maret 20, 2009

dih w mau bnget kripik psng yang manis,psti rasanya mak nyoooooost

23. euy - April 9, 2009

bisa belinya dimana yah mas…
minta alamatnya dongkssss
clasic_me@yahoo.co.id

24. Oriza Flanela - Mei 29, 2009

duch..jadi kangen ma Lampung nic…
saya juga suka kripik pisang coklat n kripik nangka…
rasanya enak bgt n khas bgt. sekarang saya kuliah di Tangerang n rencananya liburan ni mw plng k Lampung. Yg pstinya gk akan pernah lupa u bawa kripik pisang n kripik nangka.

25. nur - Juni 4, 2009

boleh ngak dapat resepnya

26. treebono - Agustus 15, 2009

enak…………………….

27. ll - September 13, 2009

Thank u so much. I really need this for my writing. U’ve been the most helpful for my writing. GBU.

28. puput - Oktober 22, 2009

Klo inget kripik suseno aku jg pasti inget kemplang en pempek yang ada di lampung…..jd pengen makan sekarang trus pulang ke lampung

29. venty - Desember 12, 2009

mw nitip dunk kripik pisang coklat yg 500 gram 3 ya, boleh tak???

30. tkripik - April 3, 2010

hai2, kalau kangen sama keripik khas indonesia, bisa beli di aku kog :D, kita jual :
– Keripik Pisang “Suseno” rasa caramel
– Keripik Pisang “Monkey” rasa coklat, manis, susu
– Keripik Si ngkong Pedas
– Keripik Jamur rasa balado dan keju
– Keripik Tempe rasa BBQ, Sapi Panggang, Keju
– Keripik Buah Rasa Salak, apel, nangka
*NO MINIMUM ORDER & NEW PRODUCT IN APRIL 2010 : JAMUR RASA KEJU

Diperpanjang PROMO S/d 10 April 2010 :
Minimal pembelia 4 bungkus singkong pedas berlaku harga Rp 5.500,-
So, tunggu apalagi sist?? Come & Grab it Fast !!

“Ngemil Keripik Dimana Saja & Kapan Saja”
Order sekarang :
SMS : 0857-10265778
EMAIL : tokokeripik@yahoo.com

http://tokokeripik.multiply.com

thanks for moderator :D

31. Fahmi - Juni 21, 2010

uenak

32. edo shakieb - September 1, 2010

ok w orang lampung nih tpi w kerja di jkt,,nak jkt pada minta oleh” mulu,,,mkn tar w mao beli tapi blinya dimana ya,,,,,tolong dong w minta alamatnya keripik suseno,yhankz,,,,,,,,edo

33. Wahyu - April 5, 2011

mantap

34. euis - Agustus 16, 2011

em…..enak banget tuh kripik pisang coklatnya

35. herawati - Oktober 7, 2011

kalau mau pesan gimna caranya bro

36. Irawan - November 26, 2011

Saya mau pesan dalam jumlah besar, kalau dijual lagi bagaimana ? apakah ada diskon khusus dan ongkir nya ?. bro.

Lilin - Juli 27, 2012

Tlong respon!mau tanya soal pemesanan kripik nih..

37. zahra roito - Maret 27, 2012

kayak nya semuah nya enak tapi cm satu yg gue incir bro

38. irawan - April 29, 2012

klo mau jadi distributor di daerah makassar gimana bisa gk????

Irawan - April 29, 2012

Kalo wilayah Sulawesi, saya tidak bisa. Kalo daerah Kalimantan, khususnya Kaltim bisa saja. Tapi sekarang saya sudah tidak ada modal lagi, karena lagi menyelesaikan perbaikan rumah tempat tinggal. Maaf mungkin lain kali akan saya kabari jika modalnya sudah ada, tapi ngomong ngomong biyaya pengirimanya cukup mahal ya.

39. Ephie - Mei 1, 2012

Bagaimana caranya kalo saya mau pesen keripik pisangnya tolong infokan ke alamat email sya di ephie_susanty@yahoo.com
trimakasih

40. adult mobile chat - September 6, 2013

It is easier to let Mom or Dad pay a utility bill so that your child can buy some item that is wanted but not quite affordable.
An individual who wants to head to a retirement community in Long Island ought to realize that this transfer
also requires a spending budget. His girlfriend complained that he interrupted their conversations and that he always put
his needs first from; He could never finish a task
that wasn’t engrossing for him.


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 39 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: