jump to navigation

Bikin TA Tidak Mudah Mei 20, 2007

Posted by irvan132 in Kampus.
trackback

Dari judulnya aja, kita semua pasti tahu maksudnya. TA yang saya maksud di sini adalah singkatan dari Tugas Akhir. Seperti kita ketahui bersama, TA merupakan salah satu syarat lulus dalam mengambil gelar Sarjana. TA biasanya terdiri atas 2 bagian, yaitu TA 1 dan TA 2. Dalam TA 1, kita harus sudah dapat menentukan topik apa yang aka dibahas dan harus mempresentasikannya ke dosen pembimbing. Kalau TA 2, kita melakukan “finishing touch” terhadap topik yang sudah dipilih. Hmm, sekali lagi saya tegaskan hal itu tidak mudah.

Kenapa saya membicarakan TA? Itu karena saya sedang mempersiapkan tugas akhir salah satu mata kuliah saya yaitu RPL (Rekayasa Perangkat Lunak). Dosen menyuruh membuat suatu desain software tentang sistem informasi. Wah, saya pikir ini merupakan TA. Bukan TA dalam arti sebenarnya. Akan tetapi, kesulitannya hampir setara dengan TA. Bagaimana tidak, aspek yang dinilai dalam perancangan ini ada 4 hal, yaitu orisinalitas, perancangan, analisis, dan konsep engineering. Wuih, menyeramkan sekali menurut saya. Ini benar-benar menuntut imajinasi dan kreativitas sebagai seorang mahasiswa. He he he…

Jadi, memang benar kata-kata senior saya. Bikin TA itu tidak mudah. Banyak sekali hal-hal yang harus dipikirkan. Salah satu yang sangat penting adalah konsepnya. Apakah anda seorang engineer? Kalau iya, kita harus selalu sistematis dan masuk akal. Kita harus mengetahui sebab dan akibat yang ditimbulkan. Yah memang, semua itu harus kita ketahui. Jangan sampai engineer tidak tahu apa yang sedang dia buat. Itulah “sense” menjadi engineer menurut saya. Melalui TA inilah, seorang calon engineer diuji apakah layak atau tidak menjadi engineer.

Sampai jumpa tahun depan, TA!!!

Salam,

-IT-

Komentar»

1. hardyhuang - Mei 27, 2007

Saya juga akan ketemu dengan TA tahun depan he he he….
Tapi minimal kita sudah harus punya gambaran akan topik yang akan kita bahas nantinya. Kalau tidak bakalan kewalahan ha ha ha

2. irvan132 - Mei 28, 2007

@hardyhuang

wah, sama dong… semua ntar udah punya gambaran tentang bidang elektro… biar ga cuma jago sastra elektro… 😀

-IT-

3. ridwan - Juni 14, 2007

FYI, TA-1 sama TA-2 boleh ganti topik. Ga harus finishing touch. Topik mau beda terserah. Lo beda pembimbing pas TA-1 sama TA-2 juga boleh. Lo ganti pembimbing pas ngerjain TA-2 juga gapapa.


Tinggalkan Balasan

