jump to navigation

Orang Meminta-minta Mei 21, 2007

Posted by irvan132 in Kehidupan.
trackback

Makin banyak orang miskin di negeri ini. Apa sih yang menyebabkan mereka tidak mampu mencari sesuap nasi? Lalu, siapa yang salah dengan banyaknya kemiskinan di negeri ini? Wah, saya juga tidak tahu. Karena tidak tahu merupakan salah satu jawaban yang aman. He he he. Saya ingin cari aman saja. Karena memang masalah ini sangat sulit untuk dipecahkan.

Tadi sore, sekitar jam 3, saya dan wildan (salah satu penjahat bandwitdh ITB, ha ha ha)  pulang dari kampus. Kami melewati jalan belakang kampus, menyusuri jalan Sumur Bandung. Setelah, melewati tempat BimBel SSC, ada seorang ibu-ibu yang menuntun anak kecil (sekitar umur 5 tahun) bertanya kepada kami. “Jam berapa ini ?”, dia bertanya. Wildan menjawab kalo sekarang hampir jam 3 sore. Lalu ibu-ibu tadi berbicara kalau dia tersesat dari Cimahi dan ingin ke terminal Leuwi Panjang. Dia mengatakan bahwa tidak memiliki ongkos. Hmm, dia meminta bantuan kepada kami. Dalam hati saya berpikir, wah hal ini sering saya temui. Ini merupakan akal-akalan saja untuk meminta uang dengan dalih tersesat. Wah, saya dan wildan langsung saja pura-pura jalan dan tidak menghiraukan (tega juga ya!!!). Eh, malah ibu-ibu tadi mengikuti kami. Sampai Mc D simpang baru dia berhenti. Kami memang tidak bisa bantu. Tapi, lebih seperti menolak membantu (maaf..maaf).

Dari kejadian itu, saya berfikir. Ada saja cara yang dibuat untuk mengelabui orang. Tapi di sisi lain, itu untuk bertahan hidup. Karena mungkin ibu tadi memang tidak mampu mencari nafkah di kampung, makanya mencari peruntungan di kota. Wah, saya jadi bingung sendiri. Saya yang jahat atau ibu itu yang kurang berusaha? Mungkin kedua-duanya salah (he he he). Tapi, mungkin juga ada pihak lain yang harus disalahkan dan patut disalahkan. Ah, itu cuma di pikiran saja saja.

Salam,

-IT-

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

