jump to navigation

Malu Bertanya, Sesat di Jalan Mei 31, 2007

Posted by irvan132 in Kampus.
trackback

Manusia itu makhluk sosial. Kita, tentu sebagai manusia, membutuhkan bantuan dari orang lain. Siapun pun orangnya, suatu saat kita akan butuh. Salah satu kebutuhan kita adalah bertanya. Banyak sekali hal yang tidak kita ketahui. Jadi, segera bertanya. TANYA.

Kemarin, saya batal untuk mengumpulkan salah satu perkerjaan saya. Padahal deadline waktu terakhir kemarin. Karena saya tidak tahu, saya tidak jadi mengumpulkan. Salah siapa ? Jelas, ini kesalahan saya. Saya tidak bertanya. Padahal, jalur komunikasi sudah sangat canggih. Sudah ada handphone, email, dan YM. Bila saja saya bertanya, hal ini tidak akan terjadi.

tanya.jpg

Alasan saya tidak bertanya karena saya pikir saya sudah tahu jawabannya. Ternyata salah, semua berubah. Saya sering sekali segan untuk bertanya karena takut mengganggu seseorang dan dicap sebagai “orang bodoh”. Alasan kedua ini sungguh keliru, jangan berpikir demikian. Kita semua memiliki keterbatasan. Jangan takut ditertawakan. Jangan takut dicap macam-macam. Dengan bertanya, kita dapat sebuah jawaban ataupun jalan untuk mendapatkan sebuah jawaban (hmm, mirip salah satu filosofi Hacker).😀

Pada salah satu mata kuliah yang saya ikuti, Pengolahan Sinyal Digital (PSD), selama 1 semester, hanya ada 1 pertanyaan selama kuliah. Padahal dosen saya, Pak Armien Z.R. Langi, sungguh komunikatif. Beliau mengajar dengan sangat baik dan meminta feedback dari mahasiswa. Tapi, jarang yang memanfaatkan di antara kami. Hmm, ini bukan sebuah kebiasaan lagi, tetapi sudah menjadi budaya. Budaya mahasiswa Indonesia yang tidak suka bertanya. Bagaimana yah membuat kita untuk mau bertanya? Karena bertanya itu penting.

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

