jump to navigation

BlackBerry oh BlackBerry Mei 23, 2007

Posted by irvan132 in Teknologi.
17 comments

Emang, apa itu BlackBerry? Bukannya, itu salah satu jenis buah. Uhm, bukan itu yang saya maksud. Blackberry yang saya maksud adalah sejenis gadget untuk berkomunikasi. Akhir-akhir ini, ramai sekali orang-orang membahas gadget ini. Yang paling gencar saya dengar dari milis Gadtorade di yahoogroups. Wah, semua “dedengkot” milis ramai-ramai mempromosikan gadget ini.

Setelah saya lihat, ternyata memang bagus. Dari sisi fitur, BlackBerry mendukung hampir semua hal. Mulai dari telepon, sms, kamera digital, musik, email, dll. Untuk tampilan, wah sangat “stylish” menurut saya. Kalau saya lihat, BlackBerry merupakan tipe gadget masa depan. Benar-benar indah lah (he he he). Saya jadi pengen juga, berhubung handphone saya masih yang itu-itu saja. Bosen juga.

BlackBerry ada 3 jenis, yaitu BlackBerry Pearl, Curve, dan seri 8800. Semuanya memiliki keunggulan masing-masing. Update terbaru bahwa sudah ada seri BlackBerry yang mendukung 3 G. Wah, makin hari teknologi makin canggih saja. Sebenernya, BLackBerry ini menyodorkan fitur ber-email ria. Teknologi email dan mesenger menjadi andalan. Sangat cocok bagi anda-anda yang mobcurve_8800_pearl.jpgile.

Di samping ini, gambar dari jenis BlackBerry. Sangat mantap kan? (ha ha ha). Kalo dilihat dari harga, cukup terjangkau untuk kalangan menengah ke atas. Mulai dari 3 juta rupiah sampai ke 7 juta. Cukup sebanding dengan fitur yang ditawarkan. So, bagaimana menurut anda? Sudahkah anda mencoba menggunakan BlackBerry? 😀

Salam,

-IT-

Kabinet “gemuk” PSSI Mei 22, 2007

Posted by irvan132 in Berita.
add a comment

Baru aja tadi selesai melihat berita di Metro TV. Dikatakan bahwa Masa Kepengurusan PSSI periode 2007-2011 berjumlah lebih dari 100 orang. Wow, angka yang sangat banyak menurut saya untuk sebuah kabinet suatu organisasi. Memang tidak bisa dipungkiri kalau dunia persepakbolaan kita masih sangat kacau. Adanya masalah kolusi wasit, kerusuhan di sana-sini, jarang berprestasi di dunia Internasional, dan masih banyak masalah yang belum tertangani.

Apakah dengan kabinet yang berjumlah lebih dari 100 orang ini bisa mengatasi permasalahan sepak bola kita? Saya sangat setuju jika kita semua harus bertanggung jawab terhadap seluruh permasalahan bangsa. Jika salah satu saja buruk, maka dampaknya terkena secara keseluruhan. Saya berharap dengan kabinet baru ini Bapak Nurdin Halid dkk. mampu melakukan pembaruan terhadap kondisi sepak bola kita. Setidaknya mulai dari pembinaan atlet, kesejahteraan mereka, semua dapat terpenuhi. Pengabdiaan itu tidak cukup dengan hanya ucapan terima kasih. Pengabdiaan itu butuh sebuah “reward” yang layak atas kerja keras mereka. Tidak lucu kan jika seorang atlet menjadi pengedar narkoba di usia tuanya? Jangan sampai itu terjadi lagi di kemudian hari. Semoga ini menjadi perhatian.

Terakhir, selamat bekerja untuk Bapak Nurdin Halid dkk. Semoga membawa perubahan ke arah yang lebih baik.

Salam,

-IT-

pssi.jpg

Orang Meminta-minta Mei 21, 2007

Posted by irvan132 in Kehidupan.
add a comment

Makin banyak orang miskin di negeri ini. Apa sih yang menyebabkan mereka tidak mampu mencari sesuap nasi? Lalu, siapa yang salah dengan banyaknya kemiskinan di negeri ini? Wah, saya juga tidak tahu. Karena tidak tahu merupakan salah satu jawaban yang aman. He he he. Saya ingin cari aman saja. Karena memang masalah ini sangat sulit untuk dipecahkan.

Tadi sore, sekitar jam 3, saya dan wildan (salah satu penjahat bandwitdh ITB, ha ha ha)  pulang dari kampus. Kami melewati jalan belakang kampus, menyusuri jalan Sumur Bandung. Setelah, melewati tempat BimBel SSC, ada seorang ibu-ibu yang menuntun anak kecil (sekitar umur 5 tahun) bertanya kepada kami. “Jam berapa ini ?”, dia bertanya. Wildan menjawab kalo sekarang hampir jam 3 sore. Lalu ibu-ibu tadi berbicara kalau dia tersesat dari Cimahi dan ingin ke terminal Leuwi Panjang. Dia mengatakan bahwa tidak memiliki ongkos. Hmm, dia meminta bantuan kepada kami. Dalam hati saya berpikir, wah hal ini sering saya temui. Ini merupakan akal-akalan saja untuk meminta uang dengan dalih tersesat. Wah, saya dan wildan langsung saja pura-pura jalan dan tidak menghiraukan (tega juga ya!!!). Eh, malah ibu-ibu tadi mengikuti kami. Sampai Mc D simpang baru dia berhenti. Kami memang tidak bisa bantu. Tapi, lebih seperti menolak membantu (maaf..maaf).

Dari kejadian itu, saya berfikir. Ada saja cara yang dibuat untuk mengelabui orang. Tapi di sisi lain, itu untuk bertahan hidup. Karena mungkin ibu tadi memang tidak mampu mencari nafkah di kampung, makanya mencari peruntungan di kota. Wah, saya jadi bingung sendiri. Saya yang jahat atau ibu itu yang kurang berusaha? Mungkin kedua-duanya salah (he he he). Tapi, mungkin juga ada pihak lain yang harus disalahkan dan patut disalahkan. Ah, itu cuma di pikiran saja saja.

Salam,

-IT-

Bikin TA Tidak Mudah Mei 20, 2007

Posted by irvan132 in Kampus.
3 comments

Dari judulnya aja, kita semua pasti tahu maksudnya. TA yang saya maksud di sini adalah singkatan dari Tugas Akhir. Seperti kita ketahui bersama, TA merupakan salah satu syarat lulus dalam mengambil gelar Sarjana. TA biasanya terdiri atas 2 bagian, yaitu TA 1 dan TA 2. Dalam TA 1, kita harus sudah dapat menentukan topik apa yang aka dibahas dan harus mempresentasikannya ke dosen pembimbing. Kalau TA 2, kita melakukan “finishing touch” terhadap topik yang sudah dipilih. Hmm, sekali lagi saya tegaskan hal itu tidak mudah.

Kenapa saya membicarakan TA? Itu karena saya sedang mempersiapkan tugas akhir salah satu mata kuliah saya yaitu RPL (Rekayasa Perangkat Lunak). Dosen menyuruh membuat suatu desain software tentang sistem informasi. Wah, saya pikir ini merupakan TA. Bukan TA dalam arti sebenarnya. Akan tetapi, kesulitannya hampir setara dengan TA. Bagaimana tidak, aspek yang dinilai dalam perancangan ini ada 4 hal, yaitu orisinalitas, perancangan, analisis, dan konsep engineering. Wuih, menyeramkan sekali menurut saya. Ini benar-benar menuntut imajinasi dan kreativitas sebagai seorang mahasiswa. He he he…

Jadi, memang benar kata-kata senior saya. Bikin TA itu tidak mudah. Banyak sekali hal-hal yang harus dipikirkan. Salah satu yang sangat penting adalah konsepnya. Apakah anda seorang engineer? Kalau iya, kita harus selalu sistematis dan masuk akal. Kita harus mengetahui sebab dan akibat yang ditimbulkan. Yah memang, semua itu harus kita ketahui. Jangan sampai engineer tidak tahu apa yang sedang dia buat. Itulah “sense” menjadi engineer menurut saya. Melalui TA inilah, seorang calon engineer diuji apakah layak atau tidak menjadi engineer.

Sampai jumpa tahun depan, TA!!!

Salam,

-IT-

Saosin Live in Concert Mei 19, 2007

Posted by irvan132 in Berita.
60 comments

Sudah pada tau dengan band Saosin ??? Saya kasih link saja ya tentang website mereka. KLIK. Wah, saya pengen banget nonton band ini. Kapan lagi coba. Secara negara kita masih berstatus “travel warning” bagi turis asing. Dampaknya sangat terasa. Band-band asing bisa saja membatalkan konser mereka. Contoh kasus band Limp Bizkit. Seminggu sebelum konser, mereka seenaknya mengatakan batal. Padahal tiket sudah banyak yang terjual.

Tapi sekarang keadaan sudah sedikit berubah. Setelah konser Good Charlotte yang sukses, minggu ini konser Boyz To Men juga sukses di Indonesia. Wah, sekarang tampaknya kondisi bangsa kita sudah mulai baik. Hal ini terbukti karena orang asing sudah berani tampil di negara kita. Bersyukur saja.

Kembali ke konser Saosin. Ada yang mau mengajak saya menonton ? Kalo ada, saya menerima dengan senang hati (ha ha ha). Ini foto mereka yang akan tampil besok.

Saosin

Biar Indonesia makin “bersemangat” dengan musik kalian.

Salam,

-IT-

Baju Putih Mei 19, 2007

Posted by irvan132 in Keluh Kesah.
2 comments

Ada apa ya dengan baju putih ??? Ehm, lebih tepatnya dengan kaos putih. Saya punya beberapa kaos putih di lemari pakaian. Semua kelihatan sama, ga ada yang berbeda. Paling hanya gambar saja yang tampak bermacam-macam.

Tapi, akhir-akhir ini kok sering “terusik” ya kalau pake baju putih. Ambil satu contoh saja, pada saat ujian Siskom kemaren. Wah, saya tahu siskom memang pelajaran sulit. Full with signals. Apalagi dosennya terkenal “gimana gitu” (maaf Pak). Saat ujian, saya memang lagi ga dapat ide buat jawab soal. Ya sudah, cari inspirasi (ha ha ha). Caranya agak beda, dengan lirik kiri-kanan. Hmm, tidak tahu mimpi apa semalam, saya ditegur. Wah, muka merah dan pucat. Pandangan cuma tertuju ke bawah. Rasa malu menyelimuti diri. Tampak seperti “pembunuhan” karakter menurut saya. Arghh… Semoga ga terulang lagi, tentu dengan belajar dan belajar.

Contoh lain, pada saat sholat jumat kemarin. Saya sengaja datang lebih aja. Ini sudah saya niatkan. Saya ga mau sholat tepat waktu terus (datang sholat saat sudah muadzin iqomah). Ha ha ha. Setelah ambil wudhu, langsung saya menuju tangga karena tempat di bawah sudah penuh. Eh, ga taunya saya ditegur (LAGI) oleh pengurus masjid. Dia mengatakan bahwa sandal jangan naik ke tangga. Hmm, padahal semenjak sholat di masjid itu. Sandal saja selalu naik. Akhirnya, sandal saya letakkan di bawah saja.

Kemudian saja berpikir juga hari itu. Kenapa saat memakai baju putih saya selalu menemukan pengalaman baru ? Saya sebut pengalaman karena benar-benar membuat mata saya terbuka. Ternyata kita tidak boleh “sembarangan”. Hidup ini tidak sendirian. Banyak aturan dan norma yang harus dipatuhi yang selama ini telah saya lupakan. Ya tidak boleh memang sandal naik ke tangga, karena ada batas suci. Lalu, melirik kiri-kanan saat ujian dilarang. Ingat, sanksi akademis menanti jika pelanggaran fatal. Wah, ternyata kaos putih harus selalu dipakai untuk mencari “usikan” baru (ha ha ha). Tapi, saya berharap “usikan” itu bukan lagi teguran melainkan rangsangan untuk belajar lebih giat lagi. Semoga saja.

Salam,

-IT-