jump to navigation

Kelompok Lampung Juni 5, 2007

Posted by irvan132 in Berita.
trackback

Saya baru saja membaca koran hari ini. Bukan koran biasa, tapi e-news (yaitu baca berita dari internet😀 ). Ada berita yang menginformasikan bahwa “kelompok Lampung” beraksi kembali. Hmm, ternyata berita tidak enak didengar. Berita tentang kejahatan yang dilakukan oleh kelompok ini. Waduh, ini sudah gawat. Ternyata pengelompokan kejahatan berdasarkan daerah atau suku itu ada. Saya akan membahas kelompok yang sudah “terkenal” saja di bidang ini (ha ha ha). Kalau masih ada kelompok lain, silahkan ditambahkan.

Pada saat saya masih SMA, saya sering mendengar “ketangguhan” kelompok Palembang. Mereka melakukan kejahatan di kota-kota besar, terutama Jakarta. Mereka tidak segan-segan kasar terhadap para korbannya. Jenis kejahatan mereka sudah banyak, seperti curanmor, pembobol ATM, “maling” kaca spion mobil, membobol rumah kosong, dan masih banyak lagi. Ketika tertangkap, di kantor Polisi mereka mengaku berasal dari daerah yang sama. Mereka memiliki sindikat yang sangat besar. Tak heran jika setiap tahun aksi mereka selalu ada. Saya juga tidak tahu motif melakukan kejahatan. Apakah hanya untuk menampilkan identitas suatu daerah bahwa Palembang itu keras. Semua belum pasti. Yang jelas, mereka melakukan kejahatan karena masalah ekonomi. Masalah klasik yang belum ada jalan keluarnya. Teman saya, si Alief (MA 04), mengatakan bahwa jangan dulu berbicara demokrasi jika rakyat masih bodoh dan lapar.😛

Nah, sekarang muncul kelompok Lampung. Mereka juga melakukan kejahatan. Jenis kejahatan hampir sama dengan apa yang sudah dilakukan kelompok Palembang. Melihat ini, saya sebagai orang dari Lampung merasa malu. Apalagi, saat saya makan di KBL (kantin barat laut) ITB, ada sekelompok mahasiswa S-2 yang membicarakan masalah ini. Aduh, makan jadi tidak konsentrasi. Jangan-jangan hal ini bisa merusak citra Lampung di daerah lain. Saya harap tidak demikian. Terus, kalau mau melakukan kejahatan, janganlah mengaku berasal dari daerah tertentu. Atau jika sudah tertangkap, katakan bahwa saya bukan berasal dari Lampung. Ha ha ha.

Salam,

-IT-

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

