jump to navigation

Kerja Praktik (KP) Itu Mahal Juni 8, 2007

Posted by irvan132 in Kampus.
trackback

Saya, masih mahasiswa tingkat 3. Di akhir semester 6, jurusan saya (EL) mewajibkan seluruh mahasiswa melakukan kerja praktik (KP) ke perusahaan-perusahaan sesuai dengan subjur yang dipilih mahasiwa. Tujuan KP ini selain sebagai beban SKS yang masuk kurikulum, juga sebagai ajang pembelajaran mahasiswa jika sudah masuk ke dunia kerja nantinya. Malu dong, sebagai engineer hanya cuma mengetahui konsep saja, sedangkan tidak bisa dalam hal implementasi. Hati-hati itu merupakan RACUN VERBAL.😀

Nah, sebelum KP ini banyak yang harus dipersiapkan. Mulai dari pakaian, kos-kosan (bagi yang KP di luar Bandung), tansportasi, dan tentu saja ilmu yang kita miliki (jangan lupa bawa buku kuliah selama KP, itu wajib). Saya ingin membahas dari sisi keuangan saja. Maklum, kantong mahasiswa berbeda dengan para pekerja kantor. Jadi, asumsi saya dari sisi kantong mahasiswa saja (ha ha ha).

Tadi sore sampai malam, saya dan teman-teman “berburu” pakaian kerja di FO (Factory Outlet) Bandung. Mulai dari FO yang ada di jalan Dago sampai ke jalan Riau. Yang termasuk kategori pakaian kerja adalah kemeja lengan panjang dan celana bahan panjang. Atribut lain adalah sepatu Van Toofel (saya tidak tahu cara penulisannya😛 ). Setelah belanja 1 buah kemeja, 2 potong celana bahan, dan sepatu, saya menghabiskan uang sebanyak 400 ribu. Wah, ini sudah over budget. Angkatan saya berjumlah 252 orang, laki-laki ada 225 orang. Anggap saja yang akan melakukan KP ada 200 orang (yang lain masih banyak yang ngulang😀 ), jadi total biaya yang harus dikeluarkan adalah 80 juta rupiah. Angka yang cukup besar hanya untuk KP saja. Belum lagi masalah kos-kosan. Setelah mencari kemarin di Jakarta, saya dapat kos-kosan (kamar ukuran 3×2 m) seharga 500 ribu rupiah per bulan. Bila 100 orang saja yang nge-kos, biaya yang keluar adalah 50 juta rupiah per bulan. Wuih, semua itu uang (bukan kertas atau daun😛 ).

Maksud saya adalah pendidikan itu (memang) mahal. Jangan lihat masalah KP, lihat saja dulu uang SPP dan uang untuk beli buku. Semua angka mencapai jutaan. Hal ini belum termasuk untuk proyek tugas akhir (TA). TA juga memerlukan biaya, tetapi saya tidak tahu berapa. Mungkin lebih mahal lagi. Maklum, saya belum mengambil TA (he he he). Yang jelas, pendidikan itu mahal. Jadi, mari belajar dengan benar. Jangan sia-siakan waktu, tenaga, pikiran, dan uang yang sudah kita keluarkan untuk pendidikan.

Salam,

-IT-

Komentar»

1. ~psd~ - Juni 9, 2007

mampus kow

2. ~psd~ - Juni 9, 2007

jual diri aja van
hahahahahahaha😛

piss ah

3. irvan132 - Juni 9, 2007

@ ~psd~

maklum boii, anak rantau. jadi duit itu agak “seret” keluarnya.😀 btw, kakak psd ini ke mana KP nya? denger2 schlumberger ya !!!

-IT-

4. ~psd~ - Juni 10, 2007

hahaha
mana ada gw ke schlumberger,
gw gak jauh2 van, ke suroboyo.. maen2 ke dolly ntar, hahahahahaha

5. irvan132 - Juni 11, 2007

@ ~psd~

hahaha, kelakuan lo ini ga berubah bos. wakakaka…😀

-IT-

6. gre - Juni 14, 2007

coba masih ada CiMol yah.. gak sampe keluar sebanyak itu. btw, kp di perusahaan2 di bandung aja. sekalian bikin TA biar cepet lulus. mahasiswa sebanyak 252, apa gak susah cari dosen pembimbing buat TA?

7. irvan132 - Juni 15, 2007

@ gre

Elektro gitu loch, tempatnya orang opurtunis dan egois. Pasti dapet pembimbing. Kan dosennya juga banyak, Mas. ha ha ha

-IT-


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: