jump to navigation

Lantai 4 dan 13 Juni 22, 2007

Posted by irvan132 in Tempat.
trackback

Mungkin hal ini udah sering kita dengar. Akan tetapi, saya hanya ingin mengetahui sebabnya karena apa. Yah, hanya sekedar ingin tahu saja.πŸ˜€

Seperti judul di atas, saya masih heran mengapa gedung-gedung pencakar langit di Jakarta tidak menuliskan angka 4 dan angka 13 pada tombol lift mereka. Secara fisik, lantai 4 dan 13 itu ada jika kita menghitung dari bawah. Sebagai informasi saja, di gedung Menara Thamrin, tempat saya melakukan KP, tombol angka 4 tidak ada. Tombol angka 4 diganti dengan 3A. Malahan, saya tidak menemukan tombol angka 13 pada lift gedung. Hal ini juga terjadi pada gedung Grand Indonesia yang hampir selesai dibangun. Pada gedung yang memiliki 8 lantai ini, tombol angka 4 juga diganti dengan tombol angka 3A. Saya masih bingung dengan hal ini. Apakah memang ada perjanjian khusus di antara para pembuat gedung tinggi untuk meniadakan lantai 4 tersebut ? Hmm, saya juga tidak tahu.πŸ™‚

Kalau lantai 13 ditiadakan, ini memang sering saya dengar. Kabarnya (tidak tahu dari mana,πŸ˜€ ), para penyewa gedung tidak mau menyewa lantai ini. Hal ini karena mitos bahwa lantai tersebut akan membawa kesialan bagi penghuninya. Kita sudah tahu bersama bahwa angka 13 identik dengan angka sial dan hal-hal mistis. Malah, sekarang sudah ada filem Indonesia yang berjudul Lantai 13 (he he he). Ini bukan promosi. Saya juga belum menonton filem tersebut.

Hmm, ada-ada saja mitos seperti ini. Anda boleh percaya, boleh juga tidak. Bila anda naik ke dalam lift salah satu gedung tinggi, coba amati lantai mana yang tidak ada pada tombol lift. Jangan-jangan, selain lantai 4 dan 13, ada lagi lantai yang tidak ada. Misteri.πŸ™‚

Komentar»

1. Petra Novandi - Juni 22, 2007

http://en.wikipedia.org/wiki/Triskaidekaphobia
baca di mana ya, katanya angka 13 itu udah bikin banyak kerugian ekonomi di AS

2. irvan132 - Juni 23, 2007

@ Petra

oh, gitu ya Pet. inget2 dulu lah pernah baca di mana, terus kasih tau.πŸ™‚

-IT-

3. ikram - Juni 25, 2007

Lantai 13 dipandang buruk di Barat. Sedangkan kata “4” berbunyi sama dengan “mati” dalam bahasa Jepang – CMIIW.

Jadi keduanya sama-sama mitos impor, hehehe.

4. irvan132 - Juni 25, 2007

@ Ikram

oh, gitu ya. ada-ada aja.πŸ˜€

-IT-

5. frag - Juli 2, 2007

bob, CNRG di lante4 loh..
serem situ?

6. irvan132 - Juli 2, 2007

@ Frag

oh iya, ngeri juga awa ni. sudah banyak cerita penampakan di sana.

-IT-

7. Seseorang - Juli 5, 2007

Emang iye apa..Tapi d skUL gw yg aBsen 13 maLaH piNteR,truS d kantoR bOKAP juga aDa LaNTAi 13 and 4 tapi g pa2.He..He..He..

8. irvan132 - Juli 5, 2007

@ Seseorang

beneran tuh. wah, kalo masalah otak, cuma lo ama tuhan yang tau. haha. mungkin pembuat gedung belum tau kali dengan mitos itu.πŸ˜€

-IT-

9. dipidip - Juli 6, 2007

@ ikram..

cm mo ralat, sbner nya justru 4 (tse) itu homophonic dgn kematian (tse) dlm bhs china..bukan jepang

sdangkan angka 13 itu klo ga salah ada hubungan nya sama satu hari pembantain (detail crita nya gw aga lupa),mgkn kalian smua pernah denger Friday the 13th..nah pada tgl itu lah hari pembantain trsebut trjadi yg skr dipercaya jadi angka dan hari sial..

10. ada deh - Juli 18, 2007

wa… w lhrny tggl 13 niy. angk 13 jg di anggp siyal gr2 dongeng apaa gtu yg pnyihir ke13 yg jht gak di undang,, klo angk 4 emang keramat bg org jpn/cina? tp smua angk tu sma ajalah klo d pkir2,,

11. irvan132 - Juli 19, 2007

@ ada deh
kata orang lagi,πŸ˜› semua angka dan semua hari itu baik. hihihi

-IT-

12. ivan - Februari 5, 2008

pernah kepikiran..,
tuk buat film dokumenter tentang lantai 13 dan 4

Ada yg mau bantu..?
bantu2 buat riset bagus2 sekalian bantuin produksi

Salam Bandung
085697153607ivan

13. akoe_deh - April 6, 2008

…cm mo ralat, sbner nya justru 4 (tse) itu homophonic dgn kematian (tse) dlm bhs china..bukan jepang…

ralat apaan nih?? yang benar ini tambahan! di jepang memang sama juga 4 (yon) homophonic dengan kematian (yon) dalam bahasa Jepang! Jadi bukan cuman bahasa Mandarin.
Gimana sih dipidip??

14. Agus Sumantri Bancin - Maret 29, 2011

waw, saya magang d lt 3a a.k.a. lt 4 n sejauh ini its fine kecuali d ruang shalatnya…. brrr serem aklo sendirian…

15. deeesssy - Juni 5, 2012

saya sewaktu di rs siloam jg tidak menemukan angka 4..memang disana gedungnya cuma sampe angka 10.waktu itu saya tdk brpikir klo angka 4 jg punya mitos spt angka 13…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: