jump to navigation

Radio IT Juni 23, 2007

Posted by irvan132 in Ide.
trackback

Hari ini saya tidak pergi ke mana-mana. Hanya berdiam diri saja di rumah.😦 Ini karena teman-teman saya balik ke Bandung untuk mengikuti acara pelantikan kru-kru baru ARC pada kaderisasi 2007. Saya tidak ikut pulang karena masalah klasik, yaitu masalah ekonomi.πŸ˜€ Karena hanya bersantai di rumah, radio merupakan teman setia bagi saya. Hari ini, saya sudah mendengar radio selama 8 jam, dari pagi sampai sore. Di sela-sela mendengar radio, saya sempat melamun. Lamunan ini berisi tentang pertanyaan saya bahwa di Indonesia belum ada radio yang membahas total masalah IT. Hmm, langsung saja saya tulis ide saya ini.πŸ˜› Siapa tahu ada yang membaca dan langsung membuat siaran radio ini (ha ha ha).

Berbicara tentang radio, sampai sekarang saya belum menemukan radio yang secara full membahas masalah teknologi informasi (IT = Information Technology). Radio-radio yang ada sekarang ini, hanya membahas masalah pergaulan dan masalah sosial. Masalah IT masih jarang dibahas. Jangankan di radio, di televisi pun masalah IT masih sedikit sekali. Jika ada radio yang membahas masalah IT, saya yakin informasi tersebut bisa sampai ke masyarakat di daerah-daerah pelosok. Bagaimana tidak, setiap orang di desa pasti memiliki radio sebagai sarana informasi. Televisi hanya ada di Balai Desa atau pun di rumah-rumah para pejabat desa. Menonton televisi akan dilakukan jika ada acara-acara tertentu saja. Akan tetapi, mendengar radio dapat dilakukan setiap hari. Dari sini, informasi IT dapat sampai kepada mereka.

Isi dari radio IT adalah hal-hal yang berhubungan dengan internet. Apapun itu, mulai dari hiburan, olahraga, berita, kesenian, dan lain-lain. Setelah itu, radio ini juga sebagai ajang untuk berbagi pengalaman dan kemampuan di kalangan pencinta IT. Dengan demikian, orang-orang yang masih asing dengan IT bisa lebih tertarik dengan masalah IT, dan tujuan yang paling utama adalah mereka dapat belajar IT sambil mendengarkan radio. Pokoknya, ASYIK !πŸ˜›

Dalam tahap pengembangan, radio IT ini dapat didengarkan di daerah mana saja. Misalnya, base station radio berada di Jakarta, orang di Bandung pun dapat mendengarkan radio ini. Malahan, orang yang ada di Pulau Sumatera dan Kalimantan, bisa mendengar dan berinteraksi dengan radio ini. Saya juga kurang mengerti teknologi apa yang digunakan. Akan tetapi, teknologi jaringan ini sudah dilakukan oleh radio yang ada sekarang, seperti Tri Jaya FM. Dengan begitu, orang yang mendengar semakin banyak dan informasi yang tersebar akan semakin luas. Harapan saya semoga saja ada pihak-pihak yang kreatif yang memikirkan hal ini. Karena masyarakat sudah banyak menyerap hal-hal yang kurang bermanfaat dari siaran televisi. Saya yakin radio ini dapat booming di kalangan pencinta radio. HIDUP RADIO IT !πŸ˜€

Salam,

-IT-

Komentar»

1. firman - Juni 23, 2007

wah bob, kaw kesepian ya? kayanya ngga ada “panggilan” malam minggu ini (he2). tenang bob ta bawa “sesuatu” dari BDG

2. irvan132 - Juni 24, 2007

hahaha, lagi pada ujian temen gw. ga bisa hedon jadi.πŸ˜€ oke deh man, ditunggu brownies kukus nya.

-IT-

3. wildavy - Juni 25, 2007

“Saya tidak ikut pulang karena masalah klasik, yaitu masalah ekonomi.”

Basi lo…

Bilang aja gak ada yang sms… Wakakakak…

4. irvan132 - Juni 25, 2007

@ Wildavy

saya ga mengerti maksud mas wildavy ini. waktu itu, saya bener-bener cekak banget.😦

-IT-

5. pebbie - Juni 28, 2007

radio jaringan ya? pakai streaming via VPN dong? kyk SoI aja..

6. irvan132 - Juni 28, 2007

@ Pebbie

mungkin bisa, tetapi untuk radio lebih ke broadcast bukan multicast. karena untuk mendengarkan radio, kita tidak perlu mendaftar ke sourcenya. cukup dengan memiliki encoder yang dapat men-encode siaran tersebut. yang gw tekankan di sini, radio dengan content IT. full. karena masih jarang banget.πŸ˜€

-IT_

7. Rae - November 27, 2007

Lumayan tuch ide’y
Tp, lebih bagus lagi kalow km bisa ngembangin radio itu, jangan cuma ngomong aja!!!
apa kata dunia???
Btw km punya kenalan penyiar radio yang mau ngasih pengarahan bwt ank2 baru radio kampus di bandung?
Plisz blz y pnting.
Ke e-mail aku y,…
Aku tunggu sbelom tahun baru 2008
Ato k numr hp Rae: 085222992235
Rae tunggu y,…
Makacheeeh

8. irvan132 - November 28, 2007

@ Rae
yah, untuk sekarang ini, saya masih cuma ngomong doang.πŸ˜€ realisasi masih jauh dari harapan.
saya tidak mengenal satupun penyiar radio yang mau ngasih training tentang radio kampus. mungkin anda bisa kontak-kontak ke radio2 yang sudah beroperasi di bandung sendiri.
mungkin anda bisa menghubungi Radio Kampus ITB
http://radiokampus.ee.itb.ac.id

semoga sukses.πŸ™‚

-IT-


Tinggalkan Balasan

