jump to navigation

Cyber Mall Juli 5, 2007

Posted by irvan132 in Ide.
trackback

Saya sering “jengkel” dengan mal-mal yang ada di Indonesia. Ini karena beberapa mal-mal yang pernah saya kunjungi “hanya” berorientasi pada bisnis saja, sedangkan kenyamanan pengunjung seolah menjadi nomor dua. Saya akui bahwa tujuan kita berkunjung ke mal adalah untuk berbelanja. Akan tetapi, tidak sedikit juga orang yang pergi ke mal hanya sekedar melakukan “window shopping” (hanya melihat-lihat).😛 Atau, sering kali berkunjung ke mal untuk mencari ide-ide segar lain.

Mal merupakan salah satu tempat yang tepat untuk sekedar melihat-lihat, refreshing. Akan tetapi, dapat menjadi tidak nyaman bila di dalam mal tidak disediakan tempat duduk. Apapun itu, yang penting tempat untuk duduk. Tempat yang dikhususkan bagi orang yang sedang “window shopping” dan orang yang ingin bersantai dahulu dari berbelanja sebelum pulang ke rumah. Saya pikir mulai sekarang pengelola mal-mal harus memikirkan hal ini. Jangan sampai mal hanya merupakan tempat jual beli. Sayang sekali, menurut saya.🙂

Bila tempat ini sudah ada, banyak sekali yang dapat kita kembangkan. Sebagai contoh adalah fasilitas wi-fi internet. Tentu saja dengan gratis.😛 Apapun yang “berbau” gratis, saya yakin orang Indonesia akan tertarik untuk datang (ha ha ha). Dengan adanya fasilitas ini, mal tersebut dapat menjadi tujuan utama ketika weekend.😀 Ini dapat menjadi daya tarik mal tersebut. Era “Cyber Mall” bisa dimulai. Semoga saja. Walaupun saya sendiri masih bingung seperti apa konsep Cyber Mall itu sendiri. Yang jelas, semua itu diawali dengan adanya internet.😀 Dari sisi bisnis, ada juga yang dapat dikembangkan. Cukup sediakan televisi-televisi flat berukuran besar yang berisi iklan-iklan suatu produk maupun toko-toko yang ada di dalam mal tersebut. Cukup mudah. Dengan begitu, sisi teknologi dan bisnis berjalan bersamaan. Saling melengkapi.😀

Saya tegaskan sekali lagi bahwa ini ide saya saja. Saya hanya ingin menambahkan pada konsep-konsep pembangunan mal nantinya. Jangan sampai investor kita membangun mal dengan isi yang hanya itu-itu saja. Harus ada yang menarik sebagai identitas sebuah mal. Saya sangat menantikan “Cyber Mall” itu hadir di Indonesia. Semoga.🙂

Salam,

-IT-

Komentar»

1. ridwan - Juli 5, 2007

ada contoh kisah cyber mall di luar ga bob? kasih kita link-nya deh. Sebenernya banyak orang indo belom tentu butuh mall macem begitu bob. Makanya pengembang males buat mall begituan. Selain itu pula ongkos bikinnya mahal bos, kalo banyak yang digratisin kapan balik modal dong..:P

2. Fajar - Juli 5, 2007

sini kasih gw modal

ntar gw bikin draftnya

kekekekeee

3. mr.bink - Juli 6, 2007

Setuju sama Fajar. Cepet carikan modal, ntar tak bangun Cyber Mall terbesar di Indonesia😀

4. irvan132 - Juli 6, 2007

@ ridwan

di luar kayaknya udah ada. tapi masih tahap kajian juga. gw juga lupa sumbernya. udah lama banget sebenernya kisah ini.

@ Fajar dan mr.bink

oke deh. masalah modal bakal gw pikirin juga. tapi bagian teknis, kalian-kalian aja yang turun tangan. gw mah cukup nama aja.😀

-IT-

5. Jerry - Juli 6, 2007

mall2…. pengen baget pa lagi mall cyber :p
bro mampir di gaptek.net.. gua add link blog lu ya.. n sekalian tukeran link ya…

gaptek.net

6. irvan132 - Juli 9, 2007

@ Jerry

oke, salam kenal. wah, moga2 dalam waktu dekat mall ini bisa dibangun. btw,blog lo udah gw add.😀

-IT-

7. five-blogers - September 22, 2014

gemmmmmmsssss

8. cara rooting android - September 22, 2014

pengen bisa jugaaaa


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: