jump to navigation

Suka Duka Uang Kas (ARC Only) Juli 19, 2007

Posted by irvan132 in Ide.
trackback

Kali ini, tulisan saya lebih ditujukan kepada para anggota ARC ITB. Bagi anda yang bukan anggota ARC, mungkin hal ini tidak terlalu penting bagi anda. Akan tetapi, tulisan ini akan bermanfaat jika anda seorang anggota unit kegiatan kampus seperti saya. Tulisan ini merupakan ide yang saya tawarkan untuk mengatasi permasalahan keuangan di ARC. Sebenarnya saya tidak fair mengangkat cerita ini. Ini karena lebih kepada rahasia perusahaan. Akan tetapi, ARC bukan perusahaan.πŸ˜› Jadi, tidak apa-apa saya angkat topik ini.

money.jpg

ARC merupakan tempat orang-orang yang hobi ngoprek komputer berkumpul. Apa saja, yang penting berhubungan dengan komputer dan internet. Anggota-anggota ARC berasal dari berbagai daerah, walaupun komunitas Orang Jawa mendominasi klub ini. Salah satu permasalahan di ARC adalah uang kas tidak berjalan lancar. Saya tahu bahwa untuk mengeluarkan sepeser rupiah untuk hal yang tidak wajib sangat sulit. Kecuali ada sanksi akademis di dalamnya (he he he). Akan tetapi, untuk apa janji dan komitmen yang kita berikan saat pelantikan masuk ARC dulu. Sebenarnya, aturan uang kas dan pajak administrator sudah jelas berada di dalam AD/ART ARC. Karena sudah jelas, malah menjadi sulit menjalankannya.πŸ˜› Saya sendiri tidak tahu mengapa. Sudahlah, tidak perlu dibahas. Yang akan saya bahas di sini adalah cara untuk menjalankan kembali uang kas di klub ini.

Saya menyarankan agar setiap orang yang ingin masuk ke ARC harus membayar uang 1000 rupiah. Uang ini dibayarkan setiap hari saat datang ke ARC. Tidak peduli, datang ke ARC untuk browsing internet, rapat, belajar, hanya setor muka (hi hi hi), dll; yang penting saat datang harus membayar uang 1000 rupiah. Sebagai contoh saya ambil salah satu kru dengan ekonomi menengah ke bawah, sebut saja Bob. Walaupun dengan ekonomi yang pas-pasan, komitmennya kepada ARC sangat kuat. Lihat saja, dia sampai puasa Senin Kamis agar bisa masuk dan browsing internet di ARC.πŸ˜€ Misal Bob ini setiap hari datang ke ARC, uang yang terkumpul di ARC dalam seminggu berjumlah 7000 rupiah. Angka yang lumayan besar, menurut saya. Saya tahu di ARC ada orang-orang yang tidak bisa jauh dengan internet.πŸ˜› Misalnya jumlah mereka adalah 10 orang, uang yang terkumpul dalam seminggu mencapai 70 ribu rupiah. Wah, dalam satu bulan ARC bisa kaya. Amien !πŸ˜€

Misalnya ARC sudah memiliki uang kas tetap, banyak sekali manfaat yang bisa diambil. Uang tersebut bisa digunakan untuk biaya inventaris dan kegiatan yang dilakukan klub ini. Contoh lagi, kalau tidak salah Reza akan ke Jepang untuk menempuh studi bulan September ini. Saya akan sangat menyesal jika Reza tidak mendapat kenang-kenangan dari ARC. Jika uang 1000 rupiah tadi sudah berjalan dari bulan Agustus, saya yakin Reza tidak akan lupa dengan ARC saat sudah di Jepang nanti. Kegiatan lain yang terdekat adalah OHU ITB 2007. ARC pasti ikut hadir meramaikan kegiatan ini. Dengan adanya uang tersebut, hotspot gratis yang dijanjikan Wildan bisa dipasang. Tidak hanya itu, kue-kue kecil di depan stand ARC dapat dihadirkan. Hal ini bisa membuat ARC menjadi unit favorit bagi mahasiswa baru. Yang diuntungkan di sini jelas ARC. Yang bangga jelas kru-kru ARC. Ada lagi yang lebih menarik. Misalnya Alief diutus oleh USDI ITB untuk ikut seminar sehari di suatu tempat, dengan kumpulan uang 1000 rupiah ini, ARC bisa memberikan “uang jajan” kepada Alief. Intinya, setiap kegiatan yang berhubungan dengan ARC akan dibantu dengan adanya uang tersebut. Uang tersebut dapat digunakan sebagai pinjaman berjangka tanpa bunga kepada kru-kru ARC, nantinya. Sebut saja lagi Bob, misal dia sangat membutuhkan uang untuk membeli buku kuliah, ARC bisa memberikan pinjaman. Dengan begitu, Bob bisa kuliah dengan tenang dan syukur bila mencapai indeks prestasi (IP) tinggi. Menurut saya, hal itu sangat mulia sekali. Sekarang sudah saatnya untuk tidak bertanya apa yang bisa ARC berikan untuk saya, tetapi apa yang bisa saya berikan untuk ARC tercinta ini.πŸ˜€

women-and-money.jpg

(Bagian yang harus diedit).πŸ˜› Jadi, jangan merasa sungkan untuk berinteraksi di ARC, khusus untuk kru-kru baru ARC. Untuk kru-kru senior ARC, kita harus lebih bijak lagi. Segala urusan di ARC pada saat ini menjadi tanggung jawab kita semua. Salah satu tanggung jawab untuk semua kru ARC, baik yang baru maupun yang sudah senior, adalah menjalankan uang kas ARC.πŸ˜› Saya malu jika ARC tidak punya uang kas. Saya juga yakin kita semua malu. Bayangkan, klub besar di ITB seperti ARC, tidak memiliki uang kas. Sungguh ironis.😦

Itu saja yang dapat saya sampaikan, semoga ide ini tidak sekedar tulisan. Semoga dapat dijalankan pada bulan Agustus nantinya.πŸ˜€ Saya berharap demikian. Ya sudah, selamat bekerja kepada tim OHU ARC. Semoga cara ini bisa sedikit membantu pekerjaan teman-teman yang sudah sangat banyak. Semoga membantu.πŸ˜€

Salam,

-IT-

Komentar»

1. msaiful - Juli 19, 2007

apa lo sebut2 nama gw…
ga ijin lagi…

udah..
yg realistis aja..
duit gw aja blom lo balikin.. gmana lo bisa bayar uang kas ARC…

hehehehew

piss ah

2. Ridwan - Juli 19, 2007

nge-lounge mulu sih..
mau puasa senin kamis juga ga bakal bantu kalo lo nge-lounge mulu. tahpapa si kacrut ini

3. Fajar - Juli 19, 2007

no comment ah
:mrgreen:

4. aribowo - Juli 19, 2007

tuh photonya siapa yang mandi uang, cantik.

5. reditya - Juli 19, 2007

hahaha… semoga semua kru ARC membacaπŸ˜€
bob, ditunggu kasnya mulai tanggal 11 atau 12 agustus (udah balik ke bandung kan?)..
hehehe… biar bisa untuk beli buku terus dapet IP yang bagus (contoh IP yang bagus misalnya 3.6)..πŸ˜€
mengapa 3.6? hanya orang2 tertentu yang tahu.. hehe…

6. irvan132 - Juli 19, 2007

@ msaiful
iya sih, tapi jangan lupa uang bakmi. ada yang belom bayar tuh…

@ ridwan
no comment, jarang ke arc sih.πŸ˜€

@ aribowo
dapet tuh dari deviantart.

@ reditya
ini cuma usul aja buat calon “ketua” baru. bisa jalan kok. asal lo gembar-gemborkan di arc tentang ini. malulah ga ada uang kas. gila… 3,6. salute.πŸ˜›

-IT-

7. Wildan - Juli 19, 2007

Ke toilet aja bayar 500.. Ini nyolok kabel + Wifi seharian penuh masa gak mau?

salam.

8. leksa - Juli 20, 2007

oo anak ARC rupanya..πŸ™‚

Bandwith non AI3 boleh dishare2 atuh ..

halah..halah…

9. affanzbasalamah - Juli 20, 2007

“Untuk kru-kru ARC yang belum punya login AI3, jangan khawatir. Wildan dan Saiful dapat membagikan akses bandwidth kepada kalian. Mereka adalah administrator β€œbaik” di ARC.”

Maksud lo ??? Bukannya login AI3 sudah bisa didapat di AI3 dan comlabs dgn mudah dan murah ? Ada yg bisa menjelaskan “mekanisme” ini ?

10. Fajar - Juli 20, 2007

waduh ada apa ini ??

11. alief - Juli 20, 2007

wah bob, jangan asal ngomong lo, pengen kejadian yang menimpa anak “unit tetangga” menimpa diri lo juga ? gw sendiri yang langsung eksekusi

12. Fajar - Juli 20, 2007

wah ayo naon ie teh !!??

urang mah bageur euy

13. alief - Juli 20, 2007

@bob, yang punya blog ini

hati-hati lah sama mulut lo itu bob, siapa menabur angin, akan menuai badai.

14. Fajar - Juli 20, 2007

OOT ah OOT

15. arie - Juli 20, 2007

bayar lah……

16. Petra Novandi - Juli 20, 2007

gw bayar deh gw bayar….. ntar tanggal muda…. ^_^

ampun, bang, ampun…..

17. arif - Juli 20, 2007

bakar!!! bakar!!! bakar!!!

18. fuad - Juli 20, 2007

postingan ini musti di edit deh keknya
bob, katanya cinta neh ma ARC, boleh donk cerita2!!
apa aja kegiatan dan sumbangsih yang udah lo beriin ke ARC
ide aja nggak cukup bung!!!
perlu eksekutor!!

berani memulai ato…
jangan-jangan cuman propaganda awal untuk naek jadi ketua ARC
hahahaha pis ah

19. bajaklaut - Juli 20, 2007

kasih stempel kpk aja tu pengumuman di webnya ^_^.
http://arc.itb.ac.id/yagi.php?arc=uang

20. irvan132 - Juli 20, 2007

@ all
wah, rame yah yang komen. sori bos, baru baca soalnya baru nyampe dari jakarta. buat pembaca, sori lah kalo tulisan gw ada yang salah. gw udah edit tuh. sebenernya itu cuma untuk menarik perhatian kru baru aja, ga ada maksud lain kok. gw pengen arc tuh rame aja. yah, itu cuma ide gw doang kok. sekedar memberikan saran aja.

ga ada maksud lain kok. murni hanya untuk membuat arc lebih dinamis lagi. hihihi. sampai saat ini juga, gw ga kepikiran untuk mimpin arc. ga kuat euy, tanggung jawabnya itu besar. jadi, buat yang lebih kompeten aja.

untuk follow up nya, gw pasti melakukannya. gw berani bayar. tapi, ga ada artinya kalo cuma gw sendiri. temen-temen juga bantuin lah. hehehe. itu aja temen-temen, sekali lagi gw minta maaf kalo gw salah. thanks udah nanggepin.

-IT-

(isu bandwidth masih menjadi masalah krusial, hihihi)

21. Fajar - Juli 20, 2007

bukannya mau menggurui

tapi ini biang keladinya

bendahara : Agus Riptono

kas jadi ngadat

*kaboer*

22. bajaklaut - Juli 23, 2007

cambuk aja …..

23. phewhe - Juli 25, 2007

kacroet lu bob, sukanya bikin kontroversi, pengen jadi seleb blog ya ?
Untung nama awa ga disebut2, kabur dulu ah….

24. irvan132 - Juli 25, 2007

@ phewhe
bukan mau, udah jadi seleb kali. hihihi

-IT-


Tinggalkan Balasan

