jump to navigation

Star Trek Area Network (STAN) Juli 31, 2007

Posted by irvan132 in Keluh Kesah.
trackback

Kali ini, saya menulis tentang hal yang sedikit teknis. Sebenarnya, tidak teknis juga, tetapi lebih mengacu kepada konsep tentang jaringan komputer. Semalam, saya iseng-iseng memeriksa apa saja isi harddisk laptop saya ini. Maklum, kapasistas harddisk hanya 60 GB. Jadi, perlu “membuang” secara rutin segala sesuatu yang tidak berguna. Saya tidak mau laptop ini berisi sampah dijital. Bahaya.

Saat memilih-milih isi harddisk, saya tidak sengaja menemukan file berformat PDF tentang jaringan komputer. Nama filenya adalah Buku_Jaringan_Komputer-Dhoto.pdf. Karena penasaran sekaligus ingin membaca lagi konsep jaringan komputer, file itu saya baca. Buku ini tidak menuliskan nama pengarangnya. Halaman pertama langsung isi. Buku ini setebal 121 halaman dan ditulis menggunakan Bahasa Indonesia.

Ada yang menarik di dalam buku ini. Di dalam bab 3, ada gambar yang memperlihatkan perbandingan jaringan komputer. Gambarnya di bawah ini.

jaringan-komputer.jpg

Bagian yang menarik sudah saya lingkari dengan garis merah. Bagian ini membuat saya terkejut, atau lebih tepatnya terkesima. Lihat saja, apa benar sudah ada jaringan komputer yang menghubungkan tata surya maupun antar galaksi ? Okelah, kalau untuk jaringan satelit di luar angkasa. Negara maju seperti Amerika dan Inggris sudah menggunakan jaringan ini untuk komunikasi mereka. Indonesia pun juga sudah menggunakan jaringan satelit untuk berbagai keperluan. Akan tetapi, untuk jaringan tata surya dan antar galaksi, saya masih sulit menerimanya. Kira-kira seperti apa jaringan itu ? Dari buku tersebut, penulis tidak menyebutkan sumber gambar ini. Bagaimana mau menuliskan sumber jika nama pengarangnya saja tidak tercantum. Saya benar-benar tidak bisa membayangkan jaringan seperti itu. Mungkin protokol yang digunakan bukan lagi TCP/IP, tetapi protokol “canggih” yang belum terpikirkan oleh saya.

Sebagai gambaran, dari filem Star Trek dapat diambil banyak pelajaran. Pelajaran yang paling menarik menurut saya adalah teleportasi. Kemampuan berpindah tempat secara cepat ini memang masih dalam tahap riset. Jika suatu saat penelitian ini berhasil, mungkin saja ada jaringan Star Trek Area Network (STAN) seperti yang ada pada gambar tersebut. Misteri, tentu. Mimpi, bisa jadi. Terjadi, suatu saat nanti. Saya tidak tahu kapan. Jika teman-teman ada yang tahu tentang jaringan-jaringan komputer aneh (sebut saja begitu) seperti di atas, saya senang sekali untuk membagi ilmunya kepada saya. Jujur saja, saya masih bingung memikirkan jaringan seperti itu. Mengapa terpikir ya ?

Salam,

-IT-

Komentar»

1. arie - Juli 31, 2007

ky’ny yang nulis agak sableng ni..😀

2. Ridwan - Juli 31, 2007

iya bob, wiro sableng yg nulis tuh.🙂

biasalah, wacana aja dari awal sampe ujung2nya. peace ah.

3. Rajesh Rana Dot Net » Star Trek Area Network (STAN) - Juli 31, 2007

[…] Courtesy : Irvan Tambunan […]

4. handaru - Juli 31, 2007

Ini mungkin bisa jadi alternatif : NEP/IGP [Neutrino Elektron Protokol]/InterGalaxy Protokol]😀. Catatan : Neutrino Elektron adalah salah partikel elementer yang bisa melintas antar galaksi karena bisa menembus materi. Jika bertemu dengan anti materinya akan mengalami ‘pemusnahan’. Jadi bisa dimungkinkan dibuat sistem binnernya.

5. Rajesh - Juli 31, 2007

where u get that….
well i did’nt get much from your post coz of language constraint….
but i have figure out what u wanted to say…. thanx for the post….

6. Fajar - Juli 31, 2007

konek nya make apa ya ?

cahaya aja butuh bertahun tahun

7. irvan132 - Juli 31, 2007

@ arie
mungkin juga.

@ ridwan.
ah, yang lo cuma wacana doang sih.

@ handaru
itu baru gw denger kayaknya. bisa minta bahannya. keren kayaknya.😀

@ rajesh
your welcome.

@ fajar
nah itu dia. sapa tau teori relativitas Einstein bisa ga berlaku lagi. mungkin aja ada yang melebihi kecepetan cahaya yang 3×10 pangkat 8 m/s itu. mungkin.

-IT-

8. ayahshiva - Juli 31, 2007

makanya jadi file sampah dijital

9. arif - Juli 31, 2007

hmm..
itu mah masuk kategori NGN (next generation network). keren bob. bisa jadi bahan TA tuh. sapa tau malah bisa sampe dapet nobel (EEA, pimnas, LCEN, dkk mah lewat) =p
hmm..

10. ayahshiva - Juli 31, 2007

bener gak kamu irvan tambunan yang dulu sering maen TC bareng aku? nick aku dulu ayahkaya, YM aku super_8370.

11. irvan132 - Juli 31, 2007

@ arif
bener juga ya. tapi butuh sumber yang bener kompeten. berat keknya bahasannya. kita liat nanti lah.

@ ayahshiva
wah, bukan kayaknya. btw, TC itu apa ya ? saya belom pernah denger.😀

-IT-

12. [ew] - Juli 31, 2007

nah ini saya juga baru tau eh tapi sapa tau beberapa tahun yg akan datang emang ada :d

13. handaru - Juli 31, 2007

NEP/IGP itu istilah dari aku aja. Dulu aku pernah bahas komunikasi data antar galaksi ini waktu presentasi di pertemuan Himafis (Himpunan Mahasiswa Fisika) se-Indonesia di ITS, Surabaya klo gak salah tahun 1997-an. Makalahnya sudah lupa aku naruhnya.

14. wxw - Agustus 4, 2007

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: