jump to navigation

Gempa di Jakarta Agustus 9, 2007

Posted by irvan132 in Berita.
trackback

Semalam terjadi gempa di Jakarta. Gempa terjadi sekitar pukul 00.05 WIB dini hari. Saat terjadi gempa, saya sedang menonton serial TV Amerika berjudul Traveler. Gempa terasa sekali. Tempat tidur saya bergerak-gerak saat itu. Lampu ruangan pun ikut bergoyang. Benar-benar kuat gempa kali ini. Ini merupakan pengalaman pertama saya merasakan gempa secara langsung. Saya sangat panik semalam. Upaya pertama untuk menyelematkan diri saat gempa yang saya lakukan adalah keluar rumah. Benar saja. Walaupun sudah dini hari, orang sudah ramai di luar. Saat melihat pembangunan Hotel Indonesia, terlihat alat-alat konstruksi bangunan bergoyang. Wah, gempa ini memang sangat kuat.

Ternyata, pusat gempa semalam ada di daerah Indramayu, Jawa Barat. Kekuatan gempa mencapai 7 skala Richter. Berikut ini lokasi lengkap gempa.

Info Gempa Mag:7.0 SR, 09-Ags-07 00:04:58 WIB, Lok:6.17 LS-107.66 BT (75
km BaratLaut Indramayu-Jabar) , Kedalaman:286 Km :::BMG
Kamis, 09 Agustus 2007 00:07:19 di server BMG
Kamis, 09 Agustus 2007 00:11:47 di server AirPutih

Lalu, saya juga mendapatkan gambar tentang info pusat gempa yang terjadi di berbagai belahan dunia. (sumber : INI dan INI).

list-gempa.jpg lokasi-gempa.jpg

Berikut ini merupakan salah satu aplikasi untuk informasi gempa dan tsunami secara real time dari BMG. Anda dapat men-download di salah satu server Yayasan AirPutih di SINI.

Sepertinya, gempa ini tidak hanya terjadi di Jakarta. Kota-kota seperti Bandung dan Banyuwangi ikut merasakan getaran gempa. Sebagian besar daerah di Pulau Jawa dapat merasakan gempa ini. Saran saya, kita harus melakukan pertolongan pertama saat terjadi gempa. Jangan sampai gempa menimbulkan korban yang lebih banyak.

Salam,

-IT-

Komentar»

1. ayahshiva - Agustus 9, 2007

kok pagi tadi lum ada beritanya? apa pada sibuk ama hasil pilkada ya

2. ida_kodok - Agustus 9, 2007

Iya ih…beneran. semalem itu bener2 gempa yang cukup lumayan besar. Saya saja yang berada di Yogyakarta bener2 terasa. Semua teman2 satu kos pun ikut terbangundan keluar. Maklumlah kami semua masih pada sedikit trauma karena gempa yang pernah terjadi sebelumnya 27 mei 2006.
Tapi herannya satu, gempa tersebut cakupan daerah yang ikut dampaknya juga sangat luas Sumatera-Bali. Contohnya saja orangtua saya yang berada di Denpasar. Ibu dan ayah saya pun berkata demikian, kurang lebih pkl 01;05 wita ikut merasakan gempa yang dirasa lumayan besar. Sedangkan pusat lokasi gempanya itu kan berada di 75 km barat laut indramayu (Paling utara Pulau Jawa). Tetapi, Bali pun ikut kena? Sedangkan gempa di jogja (Bagian selatan Pulau Jawa yang relatif lebih dekat dengan Bali) tahun lalu saja, Bali tidak ikut terasa dampaknya?? Sepertinya ini perlu dicari tahu…meskipun gempa saat ini (menurur berita) tidak menimbulkan korban jiwa.

3. Ridwan - Agustus 9, 2007

ini tanda-tanda mau kiamat bos. peringatan supaya harus sering-sering istighfar n tobat ini.

4. Fajar - Agustus 9, 2007

ahahahahah
gw pules bgt di tempat tidur
grooookkkkkkk

5. areta - Agustus 9, 2007

heheh..
jd inget..
gw hampir ajah marahin adek gw gara2 tuh gempa. critanya qt pake kasur tingkat. gw kira dy gerak2. pas mau gw teriakin, gw liat dia lg di meja blajarnya.

6. irvan132 - Agustus 9, 2007

@ ayahshiva
mungkin aja. ampe ga ngerasain gempa. mabok kemenangan kali.😀

@ ida_kodok
wah nyampe bali juga ya. malahan, katanya di singapura juga kerasa getarannya.

@ ridwan
bisa jadi. setuju kalo harus tobat. secara ramadhan bentar lagi.

@ fajar
untung banget lo. gempa gede kayak gini masih bisa tidur. hahaha

@ areta
wah, mestinya harus makin sayang ma adek. hihihi

-IT-

7. arif - Agustus 9, 2007

gempanya sih kurang berasa di bandung, tapi liat hiasan dinding yang jadi goyang-goyang ngeri juga :p

entah kenapa ya, pas gempa kok pikiranku yang pertama adalah nyelametin laptop. hahaha😀

8. irvan132 - Agustus 10, 2007

@ arif
hahaha. karena laptop udah menjadi kebutuhan primer bagi sebagian orang.😀

-IT-

9. Anang - Agustus 10, 2007

ada gempa mengiringi kemenangan si kumis dalam pilkada,, wah pertanda apa ini

10. angel - Agustus 11, 2007

waktu gempa terjadi pikiran pertama gue malah ada hantu yang “gangguin” gue tidur, abis pas tengah malem bgt sih jam 12 an coba bayangin makhluk apa yg tengah malem ganggu orang tidur?
@arif
Pikiran loe sama ame gue begitu temen gue nelp ke HP nyuruh gue lari keluar rumah yang gue tenteng ya lap top abis mau nenteng TV keberatan

11. irvan132 - Agustus 12, 2007

@ anang
wah, mungkin jakarta makin “ancur” kali sejak si kumis menang. hahaha

@ angel
hahaha. gw juga kaget. gw kira apaan. parah. wah, ternyata laptop emang sudah menjadi kebutuhan primer. hore.

-IT-

12. deethalsya - Agustus 12, 2007

kalo dt udah kebal ama yg nama-a gempa.. :p
yah.. kebal-a utk gempa>> t4 tidur bergerak2 & lampu ruangan pun ikut bergoyang.. itu sih biasa… hehehe..
tp kalo ampe tembok/dinding jd retak2, wah.. kayak-a dt bakal lsng ngabur tuh!! :p

13. ninoy - Agustus 13, 2007

iih sama van saya juga kaget banget…untung ajah langsung keluar kamar dan tidak keluar rumah heuuu~ dasar dudul yaa…iya nih harus banyak2 istighfar…

@ fajar

dasar tukang ngorok….ampe gempa aja ga kerasa -ngeloyor-

14. irvan132 - Agustus 13, 2007

@ deet
wah, wanita pemberani ini. hahaha.

@ ninoy
untung masih selamat.😀

-IT-


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: