jump to navigation

Kebaikan Zaman Orde Baru Agustus 15, 2007

Posted by irvan132 in Uncategorized.
trackback

Kali ini saya ingin berbicara tentang negara lagi. Daripada tidak ada kerjaan (pengangguran) di rumah, lebih baik menulis saja. Topik tulisan ini adalah kebaikan zaman Orde Baru. Mungkin sebagian dari anda berpikir bahwa zaman itu tidak ada lagi kebaikan. Orde Baru identik dengan KKN (korupsi, kolusi, dan nepotisme). KKN menutupi semua keberhasilan yang dicapai selama Orde Baru. Memang benar, kenyataan terlihat demikian.

Akan tetapi, tidak semua program pemerintah Orde Baru buruk. Saya mengambil 2 contoh saja, yaitu Keluarga Berencana (KB) dan Pramuka. Secara konsep, kita akan sadar bahwa banyak hal milik Orde Baru sangat baik untuk diteruskan. Saat ini mungkin kita terkejut dengan perumbuhan penduduk yang sangat cepat. Sementara itu, laju pembangunan sangat lambat. Menurut saya, ini akibat kita melupakan program KB yang notabene adalah program Orde Baru.

Tidak hanya itu, kegiatan Pramuka juga telah kita tinggalkan. Pakaian Pramuka yang dipakai oleh anak-anak sekolah setiap Hari Sabtu, hanya sebuah simbol untuk menaati peraturan sekolah. Ironis memang. Yang saya tahu bahwa Pramuka adalah kegiatan yang memiliki nilai sportivitas dan pendidikan mental yang baik. Sekarang, Pramuka sudah tidak terdengar lagi karena adanya demonstrasi terus-menerus. Mungkin saja, hancurnya generasi muda saat ini karena narkoba, seks bebas, dan kelakuan yang melanggar aturan, disebabkan karena generasi muda sekarang tidak pernah mengikuti Pramuka. Jangan salah, sewaktu saya SD, saya merupakan anggota Siaga di Pramuka. Walaupun belum menjadi anggota Penggalang, pelajaran selama mengikuti Pramuka saya masih ingat betul. Pramuka membuat saya menjadi manusia yang mengerti pentingnya arti sportivitas, kerja sama, gotong royong, dan kebersamaan.

pramuka.gif

Pada tanggal 14 Agustus kemarin, Pramuka berulang tahun. Tahun ini Pramuka genap berusia 46 tahun. Dengan usia yang semakin dewasa ini, kita juga semakin lupa dengan kegiatan yang sangat berguna bagi anak cucu kita. Saya percaya bahwa Pramuka bisa menjadi benteng yang cukup kuat untuk membendung pengaruh negatif globalisasi. Pemuda dan pengaruh negatif sudah “duduk” berdampingan dalam satu ruangan. Jika ada 2 kutub bertemu, yang ketiga adalah setan. Oleh sebab itu, kita harus menyediakan kegiatan yang tepat, seperti Pramuka, untuk menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan.

Salam Pramuka. Dirgahayu ke-46 Pramuka.

Sumber foto : INI

Salam,

-IT-

 

 

Komentar»

1. rime - Agustus 15, 2007

Gua setuju dengan betapa pentingnya arti Pramuka yang lu tulis. Tapi menurut gua, bukan status “pramuka”-nya yang penting, melainkan nilai-nilai moralnya.

2. ikram - Agustus 15, 2007

Bagaimana jika “digeser” sedikit Van. Keluarga Berencana adalah suatu teknik Orde Baru mengurangi laju pertumbuhan penduduk sebab mereka tahu tak akan sanggup mengelola negara dengan beres jika penduduknya banyak.

Sedangkan gerakan pramuka (praja muda karana) bisa dilihat sebagai pengambilalihan gerakan kepanduan untuk dikelola negara. Dan kita tahu, apa-apa yang diurus negara jadinya tidak beres.

Bagaimana?🙂

3. irvan132 - Agustus 15, 2007

@ rime
iya, maksud gw itu. jangan cuma status doang. moral dan prilaku yang penting.

@ ikram
wah, saya kurang begitu jelas ini. saya ga ngerti politik sama sekali, mas. jadi intinya gimana dong ?😀
*maklum, biar pengertian saya ga jadi bias aja*

-IT-

4. harriansyah - Agustus 16, 2007

@Rime
Sptnya malah skrg kebanyakan status doang, apa mirip doang ? :d maklum lah negara ini memang keadaanya ya spt ini

5. ayahshiva - Agustus 16, 2007

seperti kata pepatah nila setitik rusak susu sebelaga

6. irvan132 - Agustus 16, 2007

@ harri
yang penting optimis aja sekarang.😀

@ ayahshiva
KKN emang sumber masalah.

-IT-

7. ridwan - Agustus 17, 2007

kalo bisa lo singgung juga “kebijakan” orde baru di pertengahan 90an sampe tahun 98 yang bikin krisis yang sampe sekarang ga selesai2. pendapatnya yang balance, bos.

ngeri buoy,, dari pramuka siaga jadi blogger sejati dia😀

8. deethalsya - Agustus 17, 2007

bkn anak pramuka nih…😦
but, met ultah deh bwt Pramuka.. (walaupun telat)

9. garis_87 - November 17, 2007

kalau menurut saya bakar aja tuc tukang korupsi….
biar inpas…
dengan rakyat yang menderita….

10. irvan132 - November 18, 2007

@ garis_87
jangan dibakar, dipenjara aja yang lama. biar kapok. hehehe. tapi ada juga humor dari Gusdur, begini : Pak Harto itu (mantan presiden kita) banyak sekali jasanya bagi bangsa ini, sekaligus juga banyak sekali dosanya.😀
Ah, dasar Gusdur.

-IT-

11. ama aj - Januari 22, 2008

pramuka adalah sebagai media pengkaderan para kaum muda yang siap menjadi pemimpin yang kuat dan disiplin

12. puput - Januari 25, 2008

Apakah yang namanya KKN tidak bisa dihilangkan dalam kehidupan ini,
Tolonglah
yang namanya KKN itu dihilangkan

dan ada juga sebagian keluarga masih belum memahami yang namanya KB ( keluarga berencana ),
mesti gimana semua itu

13. n3z4 - Januari 28, 2008

bethuuuul.aq stuju deh ma qm.ya diumpamakan aja buah durian yg udah hampir busuk gtu.meski org2,liatny diluar aja dah keliatan jelek,busuk,kulitny g da alus2ny lg(ya iyalah namanya jg DURIAN)
tapi,,,,,,,dalamya pasti msh tersisa sdikit kelembutan isi buahnya,msh ada rasa manis si ‘durian’ td toh
so,drpd su’uzan terus(mikirnya jelex2) lha mendingan mbok ya khusnudzan aja tho…(prasangka yg baex2 gtu loh
yg kedua jg:CUOOOOCOK bgt.coz aq jg anak pramuka nee.awlnya siaga ma penggalang,g maw teu &g mudeng blas.eh,tp skrg malah jadi anggota DA(hayooo,cyapa yg tau apa itchu “DA”???)

14. Agus - Februari 3, 2008

Bagaimanapun remaja jadul, masih lebih baik moralnya dari pada remaja sekarang…

15. chankenxxxxxx - Maret 31, 2008

w pro bgt neh ama orde lama bozzzz

loe2 mua pada ngeliat dari jeleknya aje che . . .

jasanye tuch byak bro . . .

coba dh 68 pendapat perkapita INA cuma AS$70 tapi pas orde baru jadi AS$1000
gimana gag jago th

16. irvan132 - April 1, 2008

@ all
saya bukan pro ama orde baru tersebut. tetapi cuma memberikan sudut pandang yang berbeda aja bahwa ada juga lho kebaikan zaman itu. jangan selalu melihat secara subjektif, lihatlah juga secara objektif. ga semuanya buruk di zaman orde baru. intinya kita harus mengambil bagian bagusnya, dan membuang bagian jeleknya. sederhana aja.😀

-IT-

17. shendy - April 22, 2008

saya sih, melilat orang lain dengan mengambil hal yang positif nya saja. negatifnya buang kasih kucing he3

18. icha - Juli 28, 2008

mas,,pak,,om,,kak,,saya juga suka pramuka,,dari sd-sma saya ikutan ekskul pramuka loh,,cuma kuliah ga ngelanjutin..saya juga suka banget pramuka,,tapi kenapa c orang2 memandang sebelah mata ke pramuka??

19. santik - Agustus 13, 2008

sbnernya sya tdk ska prmka,ypi pas waktu jljh mdan wktu prsmi SMA saya jadi sdkit suka!!!!!!!!!!!!!!!!!!!11

20. cHiBie - September 19, 2008

i LuUuUuUupPpPpPHHHHH…

Pramuka…
and i girl guide from ponty city…

aQ udah ngikutin kegiatan Penegak pramuka yaitu Raimuna Nasional Tahun 2008..

i veeeerrrryyy Like it…

21. cHiBie - September 19, 2008

Day this..

Me birth day in sweet seventeen…

i verry happy..

22. dakocan - Oktober 17, 2008

mav salah blog :p

23. dakocan - Oktober 17, 2008

pramuka….

ehm..ehm…
“kami pramukaindonesia…”
“manusia pancasila…”
“satyaku kudharmaka..”
“dharmaku kubaktikan..”
“agar jaya indonesia….”
“indonesia tanah airku…”
“kami jadi pandumu..”
hehehehehe masih inget tuh gw….
buat kakak2 penegak IBS assalam sukabumi yang cantik2…
ingat kah kau padaku????
indah niaan saat bersamamu di gunung halimun…huehuehueheue…
(buat kakak cwona….uh galak bener..)

24. dakocan - Oktober 17, 2008

btw gw lagi nyari2 artikel tentang orde baru nih…
biasalah tugas sejarah dari guru yang bersejarah…
yang niat bantuin…..add me at usickperson_zy@yahoo.com
thanks yup……
buat yang masih kelas 3 SMA kita doa bareng nyoookkk. moga lulus muah hehehehehe. jadi curhat segala…:p

25. vian riska - Oktober 19, 2008

saya sependapat dg anda,,,,

26. dienda,,, - Oktober 22, 2008

baguzzzzzzzzzz,,,,,,,,

27. lades - Oktober 29, 2008

apa yang anda katakan itu memaeng betul .hal iti membuat kita lebih m,emikirakan haal negatif dari suatu proses

28. gue - Februari 14, 2009

bisa lu ltulis lebih lengkap tentang pramuka

29. faiz - April 27, 2009

em-em, cakep loh fotonya, boleh ninta no Ponsel?????

30. sadzali - Juli 13, 2009

orde baru….?
menurut anda banyak baiknya ato buruknya…?

31. toto - Februari 9, 2010

Hidup orde baruuuuuuuu! We wnt you back!!!!!

32. pemaaf - Mei 3, 2010

orde baru dari istilah apa ya ?????????????????????????????????????????…… biasanya law baru itu bagu555,, tp npe pemimpin membuat negara indonesia tidak baru ???????… skrng kita ubah namanya menjadi “ORDE BURUK” aja setuju gak tmen2 ???????……

33. ngobrolislami - Januari 17, 2011

sebenarnya islam mempunyai pandangan yang lebih luas dari nasionalis
kunjungi blog saya ya
http://www.ngobrolislami.wordpress.com

ferry


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: