jump to navigation

Kenaikan Tarif Tol 2007 Agustus 19, 2007

Posted by irvan132 in Kehidupan.
trackback

Melihat berita sore ini, saya sangat prihatin. Pemerintah akan menaikan tarif tol sebesar 15-16 % di sekitar 13 ruas jalan tol. Kenaikan tarif tol akan berlaku mulai Hari Selasa, 21 Agustus 2007. Frequently Ask Question (FAQ) seputar jalan tol dapat anda baca di SINI. Berikut ini saya kutipkan informasi kenaikan tarif tol nanti. (sumber)

Informasi yang dirangkum SCTV, tarif tol dalam kota sepanjang 12,7 kilometer naik 13 persen dari Rp 4 ribu menjadi Rp 4.500. Ongkos Tol Jakarta-Cikampek (72,5 km) naik Rp 1.000 menjadi Rp 9.000. Sementara tarif Tol Jakarta-Tangerang ruas Tomang-Tangerang Barat (21,35 km) naik 20 persen dari Rp 2.500 menjadi Rp 3.500.

Tarif tol ruas Tomang-Meruya (6,4 km) menjadi Rp 1.500 dari sebelumnya hanya Rp 1.000. Demikian pula dengan tarif tol ruas Tangerang-Tangerang Barat sepanjang 7,8 km. Sedangkan ongkos Tol Surabaya-Gempol (26 km) naik 20 persen menjadi Rp 3.000.

Menurut pemerintah, kenaikan tarif tol tidak bisa ditunda-tunda lagi. Alasan pemerintah adalah agar iklim investasi di Indonesia semakin bergairah. Menurut masyarakat pengguna jalan tol, kenaikan ini tidak diikuti dengan perbaikan fasilitas jalan tol. Isu kemacetan menjadi perhatian utama. Tidak jarang, jika di jalan tol masih saja ada kemacetan di jam-jam tertentu.

cipularang.jpg

Selain kemacetan, kondisi jalan tol juga menjadi permasalahan. Saya heran, jalan-jalan tol di Indonesia sangat gelap di waktu malam. Penerangan jalan hanya bersumber dari pantulan lampu-lampu kendaraan yang melintas. Sebenarnya ini sangat berbahaya. Kecelakaan di jalan tol sering terjadi karena masalah ini. Di samping itu, masih banyak jalan tol yang rusak (tidak mulus). Tentu saja, ini harus lebih ditingkatkan jika pemerintah menaikan tarif tol.

Kenaikan tarif tol terakhir, terjadi pada 24 Agustus 2005. Kebijakan pemerintah menaikan tarif tol setiap 2 tahun sekali. Kenaikan tarif boleh saja, asal diikuti dengan perbaikan di sana sini. Jangan sampai rakyat menderita lagi. Kabar gembira tentang kenaikan gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS) tahun depan seolah tidak ada artinya karena sudah naiknya harga-harga kebutuhan pokok dan tarif tol tahun ini.

Sumber foto : INI

Salam,

-IT-

Komentar»

1. Fajar - Agustus 19, 2007

ah bob
biar bagaimanapun
tetep aja nanti yang make tol itu banyak
dan tetep aja tol akan macet pada jam2 sibuk😆

2. ninoy - Agustus 20, 2007

-baca komen fajar-
jadi yang untung sapa dunk van?

3. harri - Agustus 20, 2007

siapa yg untung ??
tengak-tengok…
siapa yahh ??😀

4. irvan132 - Agustus 20, 2007

@ fajar
bener, tapi jangan sampe macet-macet amat. itu harapan gw.🙂

@ ninoy
sebenernya harus sama-sama untung. pengguna bisa nyaman menggunakan tol, terus pemasukan tol untuk pemerintah bisa meningkat. perputaran untung jadi. hihihi

@ harri
semuanya dong.😀

-IT-

5. Ridwan - Agustus 20, 2007

itu kan udah efek domino istilahnya bos. biaya operasional sekarang kan lebih mahal dari 2 tahun lalu di Indonesia karena di Indonesia ada inflasi. Wajar aja kalo dinaikin tarifnya. Pelayanan itu beda urusannya🙂

6. Cah Pordjo Aseli - Agustus 30, 2007

Kenaikan tol banyak diikuti kenaikan rok. D U know Y?
(Tol naik semua kebutuhan naik sehingga KHM (Kebutuhan Hidup Minimum) Tak terpenuhi. Putar otaklah untuk menutupi tsb, akhirnya rok-lah banyak dinaik-naikkkan. Jual Jasa atas dasar alternatif terakhir yg sangat mungkin banyak terjadi. Mo coba?

7. irvan132 - Agustus 30, 2007

@ cah pordjo
jangan-jangan situ yang udah nyoba ? Ckckck.🙂

-IT-

8. ayu - September 19, 2007

ssst…. kita kan cuma tau luar’y, pemerintah lebih tau lho…. yaah,,sedikit ga peduli rakyat krn mereka ga prnah makan pake nasi+garem doank,wajar, manusia,,,

9. intan - April 22, 2008

aduh………….terserah deh mau naik atau tidak,soalnya aku gak tinggal di jakarta, mana mau pikir jalam tol///bisanya hanya lihat di tv.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: