jump to navigation

Filosofi Kode dan Kompresi Agustus 24, 2007

Posted by irvan132 in Kampus.
trackback

Saya sangat bersemangat ketika hadir dalam mata kuliah Pengkodean Informasi dan Kompresi Data. Dosen mata kuliah ini adalah Pak Armien Z.R. Langi. Beliau merupakan dosen yang sangat berpengalaman dalam bidang kompresi (doktor). Selain materi kuliah ini menarik, tetapi yang lebih menarik adalah bagaimana cara Pak Dosen menjelaskan kode dan kompresi secara filosofi. Dari sini saya suka.

Menurut tangkapan saya, kode merupakan simbol yang memiliki sebuah informasi. Mengapa kode sangat penting ? Karena kode bisa memberikan berbagai macam informasi dalam satu entitas tertentu. Karena itu, kode juga dapat digunakan sebagai penyimpan sebuah informasi. Sedangkan kompresi adalah pemadatan sesuatu dengan membuang beberapa bagian tanpa mengubah maksud dari informasi yang ingin disampaikan.

data.gif

Yang menarik adalah ketika beliau menceritakan bahwa mengapa produk iPod dari Apple dapat laku keras di pasar. Salah satu faktor adalah Apple melakukan kompresi-kompresi pada salah satu produknya ini. Apple tidak rapat untuk membahas bagaimana cara untuk menambah fitur-fitur. Akan tetapi, mereka berkumpul untuk melakukan pembuangan bagian-bagian yang kurang penting. Pembuangan tidak sembarangan. Tujuannya adalah semua fungsi dapat dijalankan dalam satu produk tanpa mengurangi nilai yang digunakan.

Dengan kompresi tadi, produk iPod memiliki dimensi tipis dan sederhana dengan fitur-fitur yang powerfull. Kita belum berpikir ke arah ini. Kita masih hanya memikirkan bagaimana cara menambah fitur. Dengan teknik kompresi, nilai jual akan berubah naik. Malahan, kita akan mengalami suatu peningkatan kualitas. Maka dari itu, kumpulkan dulu fitur-fitur yang menarik. Setelah itu, lakukan kompresi untuk menambah nilai produk tersebut.

Salam,

-IT-

Komentar»

1. sirait - Agustus 24, 2007

waduh, gawat kalau blog saya di kompres juga. isinya gak penting semua. haha

2. danasatriya - Agustus 25, 2007

trus, indeksing nilainya gimana tuh

3. irvan132 - Agustus 25, 2007

@ sirait
hahaha, apalagi blog saya ini.😀

@ dana
wah, pertanyaannya aja gw ga ngerti maksudnya. hehehe. ga bisa jawab.

-IT-


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: