jump to navigation

Bit dan Waktu Agustus 31, 2007

Posted by irvan132 in Kehidupan.
trackback

Kita mengetahui bahwa bit merupakan salah satu isi dari dunia dijital. Bit merupakan sesuatu yang bernilai 0 dan 1. Hanya terdiri dari 2 keadaan itu. Kalau tidak 1, pasti 0. Hal ini berlaku sebaliknya. Sebenarnya, ada 6 macam sesuatu yang berhubungan dengan bit, yaitu :

1. Uang.

2. Tempat.

3. Energi.

4. Waktu.

5. Kompleksitas.

6. Ruang.

Dari semua faktor di atas, uang merupakan faktor tertinggi yang harus dipikirkan dalam hubungannya dengan bit. Akan tetapi, terlepas dari uang, ada faktor lain yang sangat penting. Faktor itu bernama waktu. Ya, waktu.

Waktu (timing) merupakan faktor yang sangat berpengaruh. Manusia memiliki waktu sebanyak 24 jam dalam sehari. Selama itu, banyak yang dapat kita lakukan. Untuk hasilnya, tergantung pada manusia itu sendiri.

windows-00.jpg

Ada cerita menarik tentang waktu ini. Mengapa Bill Gates bisa menjadi kaya raya? Sebenarnya cerita ini sudah basbang, tetapi tidak ada salahnya kita mengingat kembali. Singkat cerita, Bill Gates menyanggupi bahwa dia bisa membuat sistem operasi untuk IBM. Padahal, dia tidak bisa membuat waktu itu. Akan tetapi, dia mengenal seorang hobbiest yang sudah membuat sistem operasi yang bisa berjalan di hardware yang dibuat oleh IBM. Dengan membeli sistem operasi tadi, Bill Gates membongkar source code sistem operasi tersebut. Dalam hitungan hari, dia bisa mempersembahkan sistem operasi untuk IBM. Padahal sebelumnya, sudah ada orang yang bisa membuat sistem operasi untuk IBM. Sayang sekali, source code tersebut sangat lama di-compile agar bisa berjalan di hardware buatan IBM. Sehingga, IBM memilih sistem operasi “buatan” Bill Gates.

Dari sini dapat kita lihat bahwa Bill Gates merupakan orang yang pandai memanfaatkan waktu. Dengan waktu, dia bisa menjadi kaya seperti sekarang. Sekali lagi, semua ini karena waktu. Dalam masalah waktu, Tuhan memang Maha Adil. Dia menciptakan jumlah waktu yang sama bagi setiap manusia. Hanya bagaimana cara manusia itu memanfaatkan waktu. Orang pintar dan orang bodoh memiliki waktu yang sama. Akan tetapi, nilai dari waktu yang berbeda.

Sumber foto : INI

Salam,

-IT-

Komentar»

1. University Update - Futurama - Bit dan Waktu - Agustus 31, 2007

[…] Chef Bit dan Waktu » This Summary is from an article posted at Irvan Tambunan on Friday, August 31, 2007 Bit dan […]

2. danasatriya - Agustus 31, 2007

bill gates siapa si? yang jualan gerbang pintu?? *ngo-ngong 0_o

3. ayahshiva - September 1, 2007

oo… gitu toh, ternyata bukan buatan bill sendiri ya, dia cuma mengubah sedikit punya orang lain

4. arie - September 1, 2007

dejavu ma kuliahnya Pak Armein…….

5. Wildan - September 1, 2007

Kata siapa? Hehehe…

Bill Gates gak kenal, yang kenal adalah Paul Allen. Maka Paul Allen mengontak Tim Patterson di Seattle Computer Products. Nama sistem operasinya adalah QDOS (Quick and Dirty Operating System). Microsoft membeli hak penjualan QDOS dengan harga sekitar $10.000 pada tahun 1980. QDOS ini cikal bakal MS-DOS.

6. irvan132 - September 1, 2007

@ dana
ah, pura-pura ga tau ini. ckckck.

@ ayahshiva
ya begitulah.

@ arie
selamat, berarti anda tidak ngantuk saat kuliah. hihihi

@ wildan
oh gitu. iya deh, Paul Allen. Berarti yang dimaksud hobbiest adalah Tim Patterson. thanks, masukannya.😀

-IT-

7. rime - September 2, 2007

kata orang ‘time is money’..

tapi kalo kata saya ‘time is waktu’.. :p

8. harriansyah - September 3, 2007

Nice post..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: