jump to navigation

Cleaning Service Kamar Kos September 5, 2007

Posted by irvan132 in Ide.
trackback

Saya baru menyadari bahwa kondisi kamar kos saya sangat buruk setelah ditinggal kerja praktik selama 2 bulan kemarin. Buruk dalam pengertian kotor dan tidak nyaman. Debu-debu menempel di setiap sudut kamar. Tumpukan debu cukup tebal. Ada pemeo lucu yang menyatakan bahwa jagung pun bisa tumbuh jika ditanam di sana. Benar saja, karena tebal, debu sudah bisa menjadi tanah yang mungkin untuk ditanami (ha ha ha). Debu yang paling banyak ada di bawah tempat tidur dan teralis jendela. Dengan demikian, kamar kos yang seharusnya menjadi “the second home sweet home” tidak bisa saya rasakan lagi.

Untuk membersihkan kamar, rasanya malas sekali. Bagaimana bisa jika jarang berada di tempat kos? Apalagi mahasiswa sekarang, rata-rata tempat kos “hanya” sebagai tempat untuk tidur dan ganti pakaian saja. Kegiatan lain lebih banyak dilakukan di luar tempat kos. Kalau masih tinggal bersama orang tua, semua pasti aman. Kamar pasti selalu bersih, jika ditinggalkan dalam keadaan sekotor apapun. Hal ini tidak berlaku bagi orang yang tinggal di kos. Semua harus dilakukan sendiri. Pembantu kos hanya bertanggung jawab terhadap tempat kos, tidak untuk kamar kos. Dari sini saya berpikir bahwa usaha cleaning service bisa berkembang jika melihat keadaan ini.

henry-cleaner.jpg

Kita tahu bahwa usaha cuci pakaian (laundry) sudah banyak. Itu sudah umum sekarang. Akan tetapi, usaha cleaning service untuk tempat kos masih jarang. Bahkan, belum pernah saya dengar. Usaha ini bertujuan untuk mengatasi masalah yang sebagian besar mahasiswa (bukan mahasiswi) alami. Cara kerjanya adalah petugas servis dapat dipanggil ke kos untuk membersihkan kamar kos. Mulai dari menyapu lantai, sedot debu, mengepel lantai, dll. Pemilik kamar kos tinggal menunggu di luar selama petugas itu membersihkan kamar. Mirip seperti cleaning service di hotel. Mungkin, sekitar 1 jam, kamar kos menjadi bersih dan nyaman kembali. Kita tinggal memberikan ongkos kepada petugas.

Ada peralatan standar yang harus dibawa petugas dalam bekerja, antara lain vacuum cleaner, sapu, kemoceng, alat pel lantai, cairan pembersih lantai, pengharum ruangan, dan alat-alat kebersihan lain. Semua peralatan tersebut dapat diperoleh dengan mudah. Biaya listrik pun gratis, petugas tinggal mencolokan ke listrik PLN kamar kos yang sedang dibersihkan.😛 Yang perlu dipikirkan adalah biaya perawatan alat dan biaya operasional. Jika sudah berkembang, cakupan wilayah bisa diperluas. Misalnya sekarang di Cisitu Baru saja, kemudian tersedia juga untuk daerah Cisitu Lama. Istilah yang tepat adalah petugas cleaning service keliling. Untuk masalah biaya, saya masih belum terlalu jelas. Biaya sebesar 50 ribu rupiah cukup rasional untuk sekali membersihkan kamar.

Sebenarnya, tulisan ini adalah ide saja. Jika sudah ada yang melakukan usaha ini, orang-orang seperti saya akan sangat terbantu. Ini juga sebagai salah satu usaha yang masih jarang dilakukan di Indonesia. Peluang usaha ini sangat terbuka ke depan nanti. Tulisan tentang bagaimana memulai usaha seperti ini bisa anda baca di SINI. Ini sekedar sumbang ide saja untuk mengurangi angka pengangguran sekarang. Jangan menjadi peminta-minta di jalan, itu bukan berusaha namanya (maaf). Itu saja, semoga bermanfaat.😀

Sumber foto : INI

Salam,

-IT-

Komentar»

1. mrbambang - September 5, 2007

Ya udah…irvan aja deh yang mulai bisnis ini…gimana…setuju?????

2. Luthfi - September 5, 2007

hmm

3. risal - September 5, 2007

😀 klo laundy ada model cluster, ada gak ya cluster cleaning service😀

ijin numpang nempel link-nya boss, buat nambah teman

4. eriek - September 5, 2007

wew…pake’ jasa cleaning service? ehm, selama masih punya badan yang sehat, kenapa tidak membersihkan sendiri? sekalian olahraga kan baik. hehe…:-)

oh ya, saya juga punya pengalaman yang sama dengan kondisi kamar kostan. coba liat deh kondisi kamar saya di link-nya.

5. irvan132 - September 5, 2007

@ mrbambang
setuju mister kalo ada waktu.🙂

@ luthfi
spam ini. hihihi

@ risal
ga tau juga tuh. yang single aja masih belom ada. silakan di-link.😀

@ eriek
udah pernah niat kayak gitu, tapi apa daya kalau ga pernah terlaksana. hehehe.
oke, ini lagi kamar kosan walking.🙂

-IT-

6. rendy - September 6, 2007

gudang gw perlu diberesin tuh.. :p

7. martinbudi - September 6, 2007

he9 ide bisnis yang bagus….
ummmmm bisa kurus gua kalo bersiin kamar u van😛

8. ayahshiva - September 6, 2007

kalo gitu tinggal di hotel aja, kan ada ngurus kamarnya😀

9. roffi - September 6, 2007

bagus idenya

10. arie - September 10, 2007

seingetku di ITB dulu ada yang menawarkan jasa ini qo..

saya inget banget ada selebaran yang ditempel di papan pengumuman di depan ARC..

11. Indra - Oktober 1, 2007

kebetulan aku barusan buka cleaning servis, tapi spesial untuk tempat tidur, dengan alat canggih dari jerman yang bisa sedot tungau atau dust mite ( bakteri penyebab alergen dan ashma ). Bagi siapa saja yang sensitif alergi ini sangat dianjurkan sedot tempat tidur minimal sebulan sekali. Tarif Rp. 75.000/single bed dan Rp. 100.000/double
Hub: Indra : 021.84979520 , 08174969454,

12. Janes Manengal ( STP Manado) - November 16, 2007

saya tuh pengen banget mengetahui gimana sih perencanaan atau bisa dikatakan bussiness plan dari pada usaha ini??? karena kebetulan di kampus aku sementara ada tugas untuk memilih usaha apa yang bisa dijadikan sebagai usaha sampingan dan bisa menjadi langkah awal untuk setiap mahsiswa mengembangkan kegiatan kewirausahaan????

13. irvan132 - November 16, 2007

@ janes manengal
wah, untuk bussiness plan sendiri, jujur saya kurang mengerti. mungkin link di atas yang saya berikan mampu menjawab pertanyaan anda. silakan klik link yang ada di tulisan tersebut. semoga membantu.🙂

-IT-

14. janes - November 17, 2007

ya udah deh nggak apa2. tapi kalo gua bisa kasih ide sih kembangin aja sampe keluar kota alias buka cabang gitu??? saya bisa kok jadi partner khusus untuk di kota manado,gimana

15. DEDE - November 17, 2007

AKU ADL ANK NESABO INGIN SEKALI PKL DI HOTEL INI APAKAH ADA?

16. irvan132 - November 18, 2007

@ janes
hihihi. mau seperti itu nantinya. boleh kok anda jadi partner. tapi sekali lagi, nanti ya. saya masih mikirin kuliah ini.😀

@ dede
wah, untuk di hotel sepertinya mereka menggunakan pegawai mereka sendiri untuk itu. tidak menggunakan jasa outsourcing.

-IT-

17. rudy - Januari 7, 2008

Aku baru baca blogging kamu, sementara aku skrg ini dah kerja di perush cleaning service. Menurut aku ide kamu oke juga, cuma untuk menuangkannya di lapangan tidak sesimple itu. Klo ada satu areal kost2an yg terdiri dr beberapa kamar yg sekalian minta dibersihin sich oke2 aza, klo cm 1 – 2 kamar aza rasanya gak effektif alias gak nutup krn biaya operasionalnya lumayan gede. Istilahnya satu tempat kost2an kolektif minta dibersihin kamar2nya mgkn itu bru efektif tp ini jg msh perlu dihitung lg biaya operasionalnya apa ckp memadai dgn 50 rb/kamar. Oke, unt selanjutnya silakan hub email aku aza.

18. bahrul_bahrul - Juli 6, 2008

brow klo ada tolong informasikan kerja
cleaning servis ya

19. suryadi - September 15, 2008

Itu memang ide yang bagus tapi untuk di wilayahku belum bisa di jalankan karena tempat kos belum rame. thanks.

20. rini - Oktober 11, 2008

aku pengen cari pengetian kamar kos, menurut kamu. klu gitu seh kamar kamu kudu harus dibersihkan dengan segera klu gak bisa jadi lahan tanaman jagung heheheh

21. susi - Oktober 28, 2008

Saya tertarik dgn ide anda, bs jd inspirasi buat rencana bisnis sy,
tp sy membidik segmen rumah tangga yang tdk punya pembantu
dan hanya sibuk bekerja, untuk kamar kos i think good idea

22. lola - Desember 28, 2008

saya suka bisnis dan bisnis anda masuk akal dan bgs utk dikembangkan

23. Yuliana - Desember 3, 2009

Mang lom pade tau kalo PT. MJL melayani hal kaya gitu yang penting jelas tagihannya n so pasti jangan cuma 1 kamr karena biaya pengerakan alat dan transportasi jadi misal dikoordinir ma yang punya tau kamu ber-berapa orang misal :
kamu + 5 orang temen x Rp. 50.000,- – Rp. 300.000,-
Untuk transport Rp. 30.000,-(Jabodetabek)
Total yang harus dibayar Rp. 330.000,-
Gimana Bro… Ok Khan
Tinggal Telp. 021.99895726 (mba Yuli)

24. Yuliana - Desember 3, 2009

Jangan lupa kasih tau ke yang lain kalo kamu mo coba!!!thx

25. Bambang Sulaksono - April 23, 2010

Saya segera mewujudkan ide ini tahun ini juga. Insya Allah tdk ada halangan & mahasiswa pd betah dgn service yg akan sy berikan. Hai.. mahasiswa/ mahasiswi… I’m coming !!


Tinggalkan Balasan

