jump to navigation

Nilai Seorang Engineer September 28, 2007

Posted by irvan132 in Uncategorized.
trackback

Tadi siang, sekitar jam 14.00 WIB, saya mengikuti pertemuan rutin yang membahas masalah Tugas Akhir (TA) di Lab Digital Signal Processing (DSP). Lab DSP dipimpin oleh Pak Armien Z.R. Langi. Lab ini terletak di Gedung Labtek VIII lantai 4 ITB. Pertemuan ini diadakan rutin setiap satu minggu sekali. Tujuan pertemuan ini adalah untuk mengetahui perkembangan (progress report) TA mahasiswa yang mengambil topik dari Lab DSP. Saat pertemuan tadi, ada salah satu mahasiswa yang melakukan presentasi tentang TA di depan para pembimbing.

Presentasi ini bertujuan agar mahasiswa lebih siap dalam menghadapi Sidang Tugas Akhir (STA). Presentasi juga dapat membantu mahasiswa berlatih menyampaikan sesuatu agar tidak gugup saat melakukan STA nantinya. Selain itu, pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan juga dijadikan sebagai feedback agar TA menjadi lebih sempurna.

engineer.jpg

Yang menarik adalah ketika Pak Armien mengatakan bahwa seharusnya sebelum membuat TA, mahasiswa harus membuat sebuah paper terlebih dahulu. Paper ini bertujuan untuk memudahkan pembuatan TA itu sendiri. Dengan paper yang banyak, maka mahasiswa hanya perlu mengatur tata bahasa untuk membuatnya sebagai TA. Artinya, proses TA berlangsung saat pembuatan paper ini. Oleh sebab itu, pembuatan TA menjadi lebih mudah karena prosesnya sudah berlangsung saat pembuatan paper.

Pak Armien juga mengatakan bahwa ada 3 kriteria dalam menilai seorang engineer. Tiga kriteria tersebut adalah :

1. Pengetahuan

2. Tulisan

3. Presentasi

Dari 3 kriteria di atas, seseorang engineer dapat dinilai sebagai engineer yang berkualitas atau tidak. Nantinya, ketiga kriteria di atas dapat mewujudkan suatu nilai (value) yang bermanfaat bagi orang lain. Jadi, jangan sampai seorang engineer berakhir pada sebuah kertas yang tebal tanpa ada implementasi dengan value yang bermanfaat. Apakah anda memiliki nilai baik pada kriteria di atas?

Sumber foto : INI

Salam,

-IT-

 

Komentar»

1. elistia - September 28, 2007

kuliah di Fakultas Teknik Cinta yah..?

2. rendy - September 28, 2007

bagaimana dengan experience ?

3. irvan132 - September 29, 2007

@ elistia
wah, cinta yang seperti apa mbak? fakultas rata2 cowok semua.😀 capek deh.

@ rendy
makin banyak tau, makin banyak nulis, makin banyak presentasi, maka makin banyak pula pengalaman kita. experience adalah nilai plus sekaligus parameter awal kredibilitas engineer itu.

-IT-

4. ridwan - September 30, 2007

bagaimana dengan kebiasaan “social engineering” ?😉

5. irvan132 - Oktober 1, 2007

@ ridwan
itu hanya “teknik”. baik buruknya tergantung cara pandang.🙂

-IT-


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: