jump to navigation

Jepang Bersiap Mengganti Internet Oktober 1, 2007

Posted by irvan132 in Berita.
trackback

Menteri Komunikasi Jepang, Yoshihide Suga, mengatakan bahwa Jepang akan mulai melakukan riset dan pengembangan pada teknologi optik jaringan generasi baru yang mungkin bakal menggantikan teknologi internet saat ini. Menurut beberapa sumber, teknologi ini akan mulai dikormersialisasi pada tahun 2020.

Jaringan baru ini nantinya diharapkan akan lebih cepat dan handal dalam transmisi data, serta lebih memiliki ketahanan terhadap serangan virus komputer dan breakdown. Jika dikonversi ke dalam bentuk angka, jaringan ini mampu melakukan transfer data sebesar 10 gigabit per detik.

rj-45-cable.jpg

Jaringan optik ini juga sanggup diakses oleh 100 miliar perangkat secara simultan dengan akses data yang kencang sekalipun. Hal ini karena penggunaan jaringan online akan semakin luas. Tidak hanya komputer dan telepon seluler, jaringan online juga akan berlaku dalam kamera pengawas, pesawat terbang, sensor medis, dan perangkat elektronik lainnya.

Kita tunggu saja apakah Jepang mampu mewujudkan teknologi ini.

Sumber foto : INI

Salam,

-IT-

Komentar»

1. scooterboyz - Oktober 1, 2007

Gileeee…

10Gbps??Ga bisa bayangin euiy!!

Tapi apa bedanya jaringan optik sama internet??Kayanya cuma beda media penyampaian ajah..

2. Mosaurs - Oktober 1, 2007

iya terbukti reliable kalo pake serat optik, soalnya serat optik yang dipake buat transmisi internet sekarang masih blum fix bgt..yah kecepatan cahaya gitu kecepatannya ga diragukan lagi, cocok lah riset bidang ini ! jaringan optik itu media transimisi untuk internet..triggernya pake sinar laser

3. danalingga - Oktober 1, 2007

Oh, ternyata bukan internetnya, tapi medianya ya?

4. ayahshiva - Oktober 1, 2007

wah ga kebayang deh berapa tarif warnet di indo kalo tuh teknologi udah terwujud😀

5. fahroniarifin - Oktober 1, 2007

Halah, gila ya mereka itu. Lha wong kita baru aja nyobain broadband di kelas 2mbps aja koq malah mereka sudah ngebut ke 10 gbps.

6. aRuL - Oktober 1, 2007

wah kirain ganti internet.. .ternyata kabelnya…
d Indonesia sebagian juga dah pake serat optik koq…
kayak beberapa bagian kampusku

7. Ridwan - Oktober 2, 2007

jadi inget kata pak Yudi.

Wimax tuh standard yang ditinggalin, ga dipake. Kalo mau broadband itu kudu pake optik. Ga ada cerita wireless-microwave bisa gigaan bandwidthnya. Ceunah anjeun-na.

8. irvan132 - Oktober 2, 2007

@ scooter
iya bener, medianya berubah. tapi sapa tau bukan internet lagi namanya kalo jepang udah nemeuin.

@ mosaurs
sekarang pake fiber emang lebih reliable.

@ danalingga
bener, tapi secara tidak langsung internet yang sekarang bisa tergantikan. namanya juga teknologi baru.

@ fahron
wah, kayaknya mereka udah sadar kalo kebutuhan internet sudah mencapai orde gigabit. kita aja belom sadar.😀

@ arul
hmm, ga hanya kabel. teknologi dan protokolnya bakal berubah.

@ ridwan
mungkin juga bener. secara wimax udah lama ditemukan, tapi masih tahap riset terus. belom implementasi ke segmen pasar. tunggu aja, mana yang lebih maju antara wimax dan optik.

-IT-

9. bluedee - Oktober 4, 2007

“10 gigabit per detik”

asik download bisa cepet nih kalo segini

mantab bgt jepang…selalu selangkah lebih maju….

10. 2008 film lance hammer - Mei 2, 2014

It’s awesome to pay a visit this site and reading the views of all friends
regarding this article, while I am also eager of getting know-how.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: