jump to navigation

Aggregator atau Aggregrator? Oktober 7, 2007

Posted by irvan132 in Keluh Kesah.
trackback

Siang tadi, saya sedang melakukan browsing di internet. Saya juga tidak jelas ingin mencari apa. Yang jelas, niat membuka internet hanya untuk memeriksa email. Browsing internet hanyalah efek samping kalau kita membuka internet. Dan anehnya, browsing internet hampir pasti menyita waktu saat membuka internet. Saya hanya menggunakan sedikit waktu melakukan hal-hal yang penting, sisanya (sebagian besar) untuk melakukan browsing internet. Menurut saya, ini adalah salah satu kebaikan sekaligus keburukan internet.

Saat melakukan browsing, saya merasa aneh dengan salah satu kata yang berhubungan dengan dunia blogging. Kata tersebut adalah aggregator/aggregrator. Kata mana yang benar di antara keduanya? Sebelum menuju ke benar dan salah, kata mana yang lazim digunakan? Sampai saat ini, saya masih bingung penggunaan kata-kata tersebut. Kedua kata digunakan di dunia internet.

Untuk memastikan, saya melakukan browsing internet. Wah, ternyata browsing juga ada manfaatnya.😀 Pertama, saya mengetikkan kata kunci “aggregator” di Google, ternyata banyak sekali situs yang menggunakan kata-kata ini. Lalu, saya mengetikkan kata kunci “aggregrator”, ternyata tidak kalah banyak situs yang menggunakannya. Google pun lebih cenderung mengacu pada kata “aggregator” saat saya mengetikkan “aggregrator”.

Contoh situs yang menggunakan kata aggregator adalah TukangKomentar dan Planet Terasi. Sedangkan situs Kronologger dan Galaksi ITB menggunakan kata aggregrator. Saya membahas ini karena saat saya berkunjung ke Galaksi ITB, tertulis bahwa Galaksi ITB – Blog Aggregrator Institut Teknologi Bandung. Saya tidak sempat bertanya kepada Wildan, webmaster yang mengelola situs tersebut, mengapa dia menulis aggregrator.

galaksi-itb.JPG

Baiklah, kata-kata itu membuat saya bingung sekaligus penasaran. Apakah perbedaan antara keduanya? Jangan memvonis benar atau salah, karena kita bakal sulit menentukan hal itu di dalam dunia IT. Yang berlaku hanya PENDAPAT POPULER. Lagi-lagi, ini hanyalah pendapat saya.😛 Kembali ke topik, kata mana yang paling relevan digunakan? Sertakan alasan anda dalam menjawab!

Salam,

-IT-

Komentar»

1. dzaia-bs - Oktober 7, 2007

¨Contoh situs yang menggunakan kata aggregator adalah TukangKomentar dan Planet Terasi. Sedangkan situs Kronologger dan Galaksi ITB menggunakan kata aggregator.¨

itu mah sama aja atuh kang…

2. orang desa - Oktober 7, 2007

aggregator, dari kata dasar to aggregate (the Merriam Webster Dictionary).
Mungkin yg nulis aggregrator itu salah ketik aja ‘kali…

3. scooterboyz - Oktober 7, 2007

Klo awa se dukung aggregator..Bisa juga kalo diliat bahasa indonesianya,kan agregat..

4. irvan132 - Oktober 7, 2007

@ dzaia
udah diedit kok om. hihihi.

@ orang desa
hmm, wikipedia juga aggregator. tapi, kok banyak banyak yang ngetik aggregrator? apa bener2 salah ketik? bingung juga.

@ scooter.
silakan dukung kata yang sesuai.

-IT-

5. Wildan - Oktober 7, 2007

aggregator yang bener bos.. itu gw salah ketik..

Duwh, udah masuk google lagih..lama lagi berubahnya.. -_-!

6. Wildan - Oktober 7, 2007

udah di-edit..😀

Tunggu beberapa hari lagi baru berubah.. hahaha..

7. Kopral Geddoe - Oktober 8, 2007

Aligator kali…:mrgreen:

8. scooterboyz - Oktober 8, 2007

*Jawaban versi bulan puasa*
Allah menciptakan manusia berbeda-beda,bersuku-suku supaya kita saling menghargai..

*jah..ga ada hubungannya*😀

9. ayahshiva - Oktober 8, 2007

yang penting kan fungsi nya, nama gak penting

10. ikram - Oktober 8, 2007

hah, kok nama gak penting?
btw, pengamatan yang bagus van.

11. aJOemOni - Oktober 8, 2007

hehe.. pake aligator juga lucu tuh.. daripada agregator.. fufufu…:mrgreen:

12. irvan132 - Oktober 8, 2007

@ wildan
ah, cem mana lo ini??? webmaster kok salah ketik. hihihi

*ngaciir*

@ kopral
hahaha, mungkin bagus untuk blog yang cuma junk doang tuh.

@ scooter
yah, malah ceramah dia.😛

@ ayahshiva
hehehe. jangan anggap enteng nama lho.😀

@ ikram
ga ada kerjaan sih, jadi ngamatin hal2 yang ga penting.

@ ajoemoni
silakan dipake. terus buat standar di RFC. wkakaka

-IT-


Tinggalkan Balasan

