jump to navigation

Jam Dijital Berbasis Mikrokontroler November 9, 2007

Posted by irvan132 in Kampus.
trackback

Semester ini, saya mengambil mata kuliah Sistem Embedded (EC 4060). Dosen saya adalah Pak Waskita. Beban mata kuliah ini adalah 3 sks. Sesuai nama mata kuliahnya, kita harus membuat software dan hardware. Tugas kuliah adalah proyek pembuatan jam digital untuk aplikasi. Tujuannya adalah pengaturan waktu di suatu aplikasi dengan jam digital.

Software yang digunakan untuk kompilasi program adalah Keil. Jam digital ini berbasis mikrokontroler dengan keluarga 8051. Komponen utama yang digunakan adalah AT89S52 dan 6 buah 7-segment anoda pair. Berikut ini gambar hardware yang belum selesai:

sistem-minimum.jpg

Berhubung tugasnya adalah pembuatan hardware, maka alat utama yang harus tersedia adalah solder. Sudah lama sekali saya tidak memegang solder. Alat yang satu ini saya pegang terakhir pada tahun 2004. Itupun pada waktu zaman ospek jurusan saat tugas membuat lampu flip-flop dengan IC 555. Karena sudah terlalu lama, sekarang ini saya tidak terlalu familiar dengan alat ini. Akibatnya, panas solder dan salah solder di PCB sudah sering saya dapatkan. Di bawah ini merupakan foto suasana membuat hardware bersama-sama di laboratorium:

kegiatan-solder.jpg

Semoga proyek ini bisa selesai tepat pada waktunya.🙂

Salam,

-IT-

Komentar»

1. adebayu - November 10, 2007

Amin🙂
Bob, link-nya Pak Waskita gak bisa dibuka tu? Napa ya? HME juga gak bisa..
Solder apaan ya Bob? hehehe.

2. reditya - November 10, 2007

walah..
kalo di blog firman kamu yang nampang..
ini di blogmu si wildan yang “bergaya” di depan kamera..
cuman si firman doang yang belum nampang.. mungkin di blog wildan ya😀

3. ayahshiva - November 10, 2007

wah keren tuh
kira kira bakal di produksi secara massal gak

4. martinbudi - November 10, 2007

pesen satu dunk….😛

5. irvan132 - November 10, 2007

@ adebayu
bisa kok web pak was. nah, kalo HME ga tau gw. error dari lama.
solder? wkakaka. masih jaman lho.😀

@ reditya
hahaha. emang udah sifat kami komputer gank. narsis.

@ ayahshiva
wah, kayaknya ga deh. secara ini cuma proyek kecil-kecilan.🙂

@ martinbudi
dinilai dulu, baru dijadiin pajangan. hihihi

-IT-

6. didit - November 10, 2007

hahahahaha.. Gila banget dah… Rise of the mediocre..😀

7. dEEtHa (gak login) - November 11, 2007

oOoooOooo…
IT tukang bikin jam toh?!!:mrgreen:
*manggut2 baru tau.. :p

8. irvan132 - November 11, 2007

@ didit
wakakaka. salam dari medioker 2 untuk medioker 1.

@ deet
iseng aja. tuntutan kuliah.😀

-IT-

9. Ari Kuncoro - November 12, 2007

sukses, Bro!
Bawa nama baik Lampung…
Hehe… Semoga tepat waktu juga bikin jam digitalnya.

10. Ridwan - November 12, 2007

ini baru namanya social engineering bos, kerja bareng2,,, bukan “social engineering” hihihihi

11. irvan132 - November 12, 2007

@ ary coro
makasih bro. semoga tepat waktu.

@ ridwan
hahaha, tapi tetep aja teknik “social engineering” yang laen masih kepake.🙂

-IT-

12. irfan - November 28, 2007

hai salam kenal oh ya mz boleh ikutan dalam proyeknya mz gak?

13. irvan132 - November 28, 2007

@ irfan
salam kenal juga.
kebetulan proyek ini sudah selesai, karena memang untuk nilai UTS. mungkin bisa ikutan kalo proyek untuk UAS nanti yang menggunakan sistem operasi real time namanya eCos. lebih seru pastinya.🙂

-IT-

14. Boy_adi - Desember 3, 2007

Temen2 yang dah bisa bikin central lock digital ada proyek neeh
gue ada proyek bikin central lock mau gak? 085920513265

15. Budi Lesmana - Januari 6, 2008

Mas, kalo anda bikin jam kayak seperti untuk pertandingan catur (atau istilahnya jam catur) bisa ngak ?

16. thomas - Maret 8, 2008

eh, kasih tau bahan ma cara pembuatan nya donk?? trim

17. oelilz - Maret 15, 2008

mas, boleh minta tlg g? aq lg mw bikin skripsi..tapi bingung mo bikin ap? aq jur sistem komputer..klo mas ada, bagi2 donk bwt aq..hehehe.thx ya..

18. dias - April 28, 2008

beri tau caranya membuat jam digital dilengkapi alaram yang bisa di set alaramnya secara bebas dengan keypad

19. mira - Januari 19, 2009

Assalam….. maz bisa gak saya share lebih banyak lagi tentang IT Juga elektro yang maz tau??? saya prodi instrumentasi elektro maz….
ni email saya mira_greenbe@yahoo.co.id. kalo maz bisa kabarinn saya di email ini ya maz. makasih. wassalam.

20. mania - Desember 11, 2011

wooo kirain ada langkah demi langkah pembuatannya… :)) nice share dink^^

21. Indra - Februari 26, 2012

ni aku juga posting Jam digital dengan tampilan seven segmen dan LCD menggunakan RTC DS1307 dan mikrokontroler AVR atmega 8535

Bisa di check disini
http://bagindra.blogspot.com/2012/02/jam-digital-dengan-tampilan-seven.html


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: