jump to navigation

Bioskop Filem Indie November 16, 2007

Posted by irvan132 in Ide.
trackback

Semalam, saya menonton acara L.A. Lights IndieFest di Trans7. Acara ini bertema kontes pemilihan filem independen (indie) di Indonesia. Pembawa acaranya adalah Vincent dan Desta Clubeighties. Karena pembaca acaranya mereka berdua, acara tersebut dikemas dengan lucu. Sangat humor.

Tidak hanya menyampaikan tentang berita filem-filem indie, acara ini juga mengundang bintang tamu dari kalangan artis. Bintang tamu yang hadir semalam adalah Winky Wiryawan. Dia merupakan aktor yang sudah bermain 8 kali di filem major label dan 3 kali di filem indie.

roll-filem.jpg

Saya sangat tertarik dengan ide yang disampaikan oleh Winky ini. Dia mengatakan bahwa pemerintah perlu membuat sebuah bioskop yang khusus menayangkan filem-filem indie anak negeri. Dengan adanya bioskop ini, apresiasi terhadap filem indie akan meningkat. Menurut saya, ide ini ada benarnya. Selama ini, perjalanan filem indie di Indonesia masih tersendat. Filem-filem indie hanya sebatas festival, kemudian habis. Tidak ada tindak lanjut (follow up) terhadap filem tersebut. Jika ada bioskop ini diharapkan filem indie akan naik pangkat di pasaran.

Apalagi jika bioskop yang menayangkan filem-filem indie senyaman Blitz Megaplex. Tentu saja, pengunjungnya akan ramai. Saya juga menyukai filem indie, terutama yang bertema kehidupan. Kisah-kisah seperti kemiskinan akan sangat menyentuh. Itu dapat membuat saya tidak selalu melihat ke atas. Saya akan menyadari bahwa ada orang yang hidupnya lebih memprihatinkan dibandingkan saya. Filem-filem seperti itu dapat membuat saya mengerti pentingnya arti bersyukur.

Kembali lagi ke topik masalah. Saya harap pemerintah sadar tentang hal ini. Sekarang, sineas-sineas Indonesia yang berbakat sudah banyak. Hanya tinggal bagaimana cara memfasilitasi mereka. Jangan sampai karya-karya mereka hanya sebatas juara di sebuah festival saja.

Sumber foto : INI

Salam,

-IT-

Komentar»

1. ridwan - November 17, 2007

bos, ga ada film hantu-2an atawa pocong-2 an kan?

males awa lihat filem indo cem gitu. kalo dari film indie udah eksplor tema2 cem gitu, suram lah masa depan film indo. (cem mak2 aja)😀

2. ayahshiva - November 17, 2007

bagus juga kalo ide tersebut bisa terwujud. jadi kita punya banyak pilihan dan alternative untuk menonton film

3. irvan132 - November 18, 2007

@ ridwan
wakakaka, kagak ada bos yang kayak gituan. udah basbang. suram udah kalo tema filem cuma mistis. mau ampe kapan kayak gitu.😀

@ ayahshiva
dengan gitu, makin banyak ntar sutradara2 muda yang jago berkreasi. semoga dengan itu makin maju filem2 nasional.

-IT-

4. excelclapper - Februari 17, 2008

boss kami mo bikin film indie,
mohon petunjukmu
ini blognya : http://filmindie.wordpress.com/

5. irvan132 - Februari 17, 2008

@ excelclapper
waduh, gw juga ga kompeten di filem indie. cuma penikmat aja. yang penting berkarya aja, jangan sampe keabisan ide.😀

-IT-


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: