jump to navigation

Saya Belum Pernah Ikut Demo November 17, 2007

Posted by irvan132 in Kampus.
trackback

Membaca koran Pikiran Rakyat yang menulis berita INI, saya jadi bertanya. Kapan saya bisa berdemonstrasi untuk menyikapi permasalahan aktual yang sedang terjadi? Selentingan kecil mengatakan bahwa belum mahasiswa kalau belum ikut demo.😀 Bisa benar, bisa juga ngarang. Semua itu tergantung sudut pandang secara personal.

Selama kuliah di kampus ini, saya belum pernah sama sekali mengikuti demo-demo. Alasan saya sangat sederhana sekali, yaitu capai.😛 Kalau ikut demo, kita pasti akan berteriak-teriak di bawah teriknya sinar matahari. Di situasi lain, hujan bisa datang kapan saja. Nah, hujan sangat mungkin membubarkan aksi demo. Tidak perlu polisi untuk membubarkan demo, cukup dengan hujan. Demo memerlukan fisik yang prima. Tidak hanya sekadar mengejar nasi bungkus. Selain alasan-alasan yang terlalu kekanak-kanakan seperti di atas, saya punya alasan lain yang lebih masuk akal. Untuk ikut demo, kita harus mengetahui permasalahan secara jelas. Jangan ikut demo hanya karena kebetulan dekat dengan aksi demo. Sebut saja orang seperti ini adalah pendemo “cabutan”. Jika hanya ikut-ikutan, buat apa demo. Yang terpenting adalah mengerti permasalahan yang terjadi. Dan tidak lupa memberikan sebuah solusi permasalahan. Jangan hanya memaparkan permasalahan tanpa ada satupun jalan keluar.

Jujur saja, di kampus, saya jarang sekali melihat demo. Tidak tahu apakah saya tidak “peka” atau gaung demo sendiri tidak mencapai pelosok kampus. Yang jelas saya jarang mendengar kalau mahasiswa ITB demo. Kalaupun ada demo, jumlahnya pasti kecil. Mungkin hanya sekitar 5-10% dari jumlah seluruh mahasiswa ITB. Bahkan bisa lebih kecil dari itu. Jika melihat kondisi ini, di masa mendatang, mungkin ada pertanyaan yang lebih mendasar. Apakah masih ada mahasiswa ITB yang ikut demo? Wah, kalau sudah seperti itu saya juga tidak bisa berkomentar banyak. Mahasiswa sekarang punya jalan pemikiran masing-masing untuk menentukan sebuah pilihan.

Kalau ingin ikut demo harus dengan kejelasan masalah. Jangan sampai hanya demo karena ikut-ikutan. Sekali-sekali ikut demo itu perlu sebagai ajang menyalurkan aspirasi. Saya yakin setiap mahasiswa punya aspirasi walaupun dia tidak peka terhadap suatu kondisi.

Ayo ikut berdemonstrasi dengan jelas!

Salam,

-IT-

Komentar»

1. ayahshiva - November 18, 2007

kalo ikut demo masak udah berapa kali mas😀

2. antobilang - November 18, 2007

Saya pernah, sekali seumur hidup.
Itupun cuma ambil nasi bungkus, trus pulang.:mrgreen:

3. [PaW] - November 18, 2007

wah, saya seringnya demo tugas.. hehehe😀

4. deethalsya - November 18, 2007

sama sekali blom prnh ikutan demo apapun..😳
gak betah ah demo, panas kalee.. :p
apalagi cm dpt nasi bungkus???! *mikir2*
ntah jg kalo ada cowok tampan yg ngajakin.. *semangat ’45 bgt deh*😆

5. alex - November 18, 2007

Demo itu perlu sesekali. Dengan alasan yang clear dan kalau bisa tegak seindependen mungkin.

Karena aksi demikian, meski tidak selalu signifikan, memiliki kemampuan tersendiri untuk menekan, apakah pemerintah atau suatu lembaga.

Coba saja ikut sesekali😉

6. danasatriya - November 18, 2007

Demoers itu berati orang yang bisa membagi waktu antara belajar,berdoa,ngoprek,cari cewe,dan kuliah..
*tepuk tangan buat demoers*
kalo saya si,belum bisa. Kuliah aja menggos menggos:mrgreen:

7. .\Gojo - November 18, 2007

Aku belum pernah ikut demo karena malu tidak bisa memberikan saran atau solusi dan cuman bisa meneriakkan protes. Mungkin suatu saat akan ikut demo ketika punya aspirasi (calon solusi) yang bisa diberikan…

eh, tapi aku udah bukan mahasiswa lagi yak hihihi… telad deh.

8. irvan132 - November 18, 2007

@ ayahshiva
wah, keren banget bisa ikut lomba masak. hihihi.

@ antobilang
hehehe, dapet 1 sampel yang cuma minta nasi bungkus doang. tapi, udah pernah ikut demo. salut.🙂

@ paW
wah, ga beda jauh dengan saya. hari jumat kemaren saya demo, tapi suruh ngulang lagi buat perbaikan. ckckck.

@ deet
panas ya. wah, mosok demo harus ama cowok ganteng.😀

@ alex
lo pernah ikut demo, Lex? demo apaan?

@ dana
wah mas, susah kalo mau semua (belajar, berdoa, ngoprek, cewe, kuliah). yang penting kan semangatnya untuk dapetin semuanya.😀

@ gojo
hehehe, kadang2 ngasih solusi emang susah. kurang pas rasanya demo kalo tanpa meneriakkan solusi.
iya mas, saya tahu anda bukan mahasiswa lagi. wkakaka.

-IT-

9. trisetyarso - November 18, 2007

irvan, kalo tahun 90-an demo emang jadi demam; maklum jaman peralihan.

kalo dulu rame; saya inget dulu si candil serieues sering tampil … wuah rame pokoknya …

10. Junarto Imam Prakoso - November 18, 2007

Dulu ikutan demo cuma jadi penggembira😀 maksudnya ikut2an rame2nya doang. Jalan sehat gitulah. Bagi2in selebaran. Terus “wisata” ke MPR. Udah abis itu nggak pernah lagi. Ya… bakal punya bahan dongeng buat ponakan, anak, atau cucuk lah😀

11. mulut - November 19, 2007

welgedewelbeh

Jelas dong, kalo mo ikut demo emang harus tahu alasan mengapa harus demo. Bener katanya alex, anak muda Indonesia harus peduli dengan Indonesia lho…., contoh yang masih segar dlam ingatan th 1998, reformasi terjadi karena jasa para mahasiswa/i book…, tanpa keberanian mereka turun ke jalan mungkin indonesia tidak seperti sekarang. Saya sangat percaya, generasi muda Indonesia, mempunyai unlimited power😛, so pasti bisa dong bagi waktu, buat yang belum bisa, harus berusaha keras & cerdas supaya bisa. karena di tangan generasi mudalah baik atau buruknya indonesia di masa depan.:p

12. layudhi - November 19, 2007

IDEM,

selama kuliah saya blom pernah Ikut Demo,
salah satu alasannya..saya Tidak Suka Politik so, saya ngak terlalu tau dengan jelas masalah apa yg diangkat ketika berdemo

13. Download Avatar The Legend of Ang’s « Benbego’s Blog - Ben Ora Bego - November 19, 2007

[…] Irvan, tengkiu juga ya dah vote avatar. Lagi sibuk kampanye tentang demo […]

14. irvan132 - November 19, 2007

@ trisetyarso
wah, si candil??? gila, ga nyangka. salut ah.

@ junarto
angkatan reformasi juga rupanya mas ini.😀

@ mulut
jangan remehin anak muda intinya. yang muda wajib bicara. hihihi

@ layudhi
emang ga abis2 kalo udah ngomongin politik.🙂

-IT-

15. Luthfi - November 20, 2007

yoi2
gw jg belum pernah


Tinggalkan Balasan

