jump to navigation

Perbedaan dalam Menentukan Angkatan November 20, 2007

Posted by irvan132 in Uncategorized.
trackback

Setiap badan institusi, baik itu sekolah, universitas, akademi, militer, bahkan pemerintah, memiliki suatu istilah yang dinamakan angkatan. Saya sendiri tidak terlalu jelas tentang definisi angkatan. Menurut saya, angkatan adalah suatu periode dimana setiap orang masuk ke dalam sebuah komunitas. Satuan angkatan adalah tahun.๐Ÿ˜› Dengan demikian, tiap-tiap angkatan terdiri dari banyak orang.

summer-school.jpg

Karena perbedaan tentang definisi angkatan itu belum jelas, ada perbedaan antara definisi angkatan di sekolah dan di perguruan tinggi/universitas/institusi. Kali ini saya akan membahas tentang perbedaan menentukan tahun angkatan di wilayah pendidikan. Perbedaan ini membuat saya sedikit bingung. Berikut ini cerita mengapa saya bingung dengan definisi angkatan:

Ketika masa-masa sekolah dulu (masih abege๐Ÿ˜› ), tahun dimana saya telah lulus dianggap sebagai tahun angkatan. Karena saya lulus SMA di tahun 2004, maka saya adalah angkatan 2004. Oleh karena itu, saya harus menghadiri acara reuni SMA saya angkatan 2004 Bulan Desember nanti. Berbeda dengan SMA, perguruan tinggi memiliki versi lain dalam menentukan tahun angkatan. Tahun angkatan ditentukan pada tahun saat saya pertama kali masuk ke perguruan tinggi tersebut. Karena saya masuk tahun 2004, maka saya adalah angkatan 2004.

Saya tidak mengerti mengapa perbedaan menentukan angkatan terjadi di wilayah pendidikan. Sebenarnya ini bukan masalah besar. Hanya menarik perhatian saya saja. Saya akan senang sekali jika ada “versi” lain dalam menentukan angkatan di institusi anda berada. Silakan anda tulis. Siapa tahu unik.๐Ÿ˜€

Angkatan berapa anda?

Sumber foto : INI

Salam,

-IT-

Komentar»

1. ridwan - November 20, 2007

gini bos gampangnya,

kalo SMA kan lo masuk bareng, lulus bareng. 99% lah.

kalo kuliah kan lo masuk bareng, lulus siapa yang bareng.๐Ÿ˜€

ngerti ora son?
(bukan scam inih…๐Ÿ™‚ )

2. ayahshiva - November 20, 2007

setuju ama ridwan, kalo kuliah kan gak semuanya bisa lulus bareng, tapi kalo sma ya paling banyak yang gak lulus kan cuma 5%

3. belajarmenulis - November 20, 2007

sependek pengetahuan saya…
di IPB penentuan angkatan lebih populer berdasarkan banyak angkatan yang sudah lulus/masuk. Misal, ada sebuah jurusan x yang sudah berdiri sejak tahun 1990, maka:
1990 -> angkatan I
1991 -> angkatan II
1992 -> angkatan II


dst.

4. Irvan - November 21, 2007

@ ridwan
oh gitu ya. ngerti lah gw kalo komen lo “bener” kayak gini. hihihi

@ ayahshiva
yoi, bahkan ga boleh sama dengan 5 persen jumlah yang ga lulus.

@ belajarmenulis
bener, temen saya juga ada yang di IPB. dia pake sistem angkatan 1,2,3,dst. kalo ga salah, temen saya itu angkatan 39 (2004). CMIIW.

-IT-

5. calakan - November 21, 2007

di sbm laen lagi, angkatan itu didasarkan pada perkiraan lulusnya tahun berapa. misalnya skrg yang masuk tahun 2007 itu angkatan 2010 karena di prediksi dalam 3 tahun lulus, nah kemaren angkatan yang pertama kali diwisuda adalah angkatan 2007 (masuk 2004) gitchu…
padahal satu institusi yee :p

6. atmo4th - November 21, 2007

kalau saya pakai waktu lulus sma [hampir sama dengan masuk universitas] jadi saya angkatan 2007

7. reditya - November 21, 2007

EL-ITB 2004, ARC-ITB 2005๐Ÿ˜€

8. Luthfi - November 21, 2007

@ belajar menulis dan irvan
di ipb, penamaan angkatan bukan berdasarkan tahun masuk, tetapi dihitung dari kelahiran IPB (1963)
jadi, angkatan 39 = 2002
angktn 40 = 2003 dst

sampai dengan angkatan 30-an, nomor induk mhs (NIM/NRP) masih menggunakan unsur angkatan, baru sekitar angkatan 33 (CMIIW) unsur tahun masuk ke NIM

penyebutan angkatan tetap bdsrkan tahun kelahiran IPB

mayoritas dosen2 yang senior (kebanyakan dah pada pensiun) adalah angkatan minus atau angkatan 0 …. karena mereka kuliah ketika fakultas pertanian dan fakultas kedokteran hewan masih gabung di UI.

demikian

Salam Ganteng๐Ÿ˜›
angkatan 40 IPB๐Ÿ™‚

9. Luthfi - November 21, 2007

tambahan, ternyata angkatan yg dulu2, juga pake semacam sebutan
infonya di sini
http://dindut.wordpress.com/2007/11/17/nama-angkatan-di-ipb/

10. irvan132 - November 21, 2007

@ calakan
hihihi. dari dulu SBM emang beda terus. SBM gitu loch.๐Ÿ˜€

@ atmo4th
sama dong.

@ reditya
oh, masih inget lo ya ama “kantor admin” yang namanya ARC ITB. wakakaka.

@ luthfi
oh gitu ya. sory, kalo gw salah. sekarang udah jelas tentang angkatan di IPB. link di atas udah gw liat juga kok.
btw, lo masih mahasiswa apa bukan? hehehe
*ngaciiir

-IT-

11. Luthfi - November 22, 2007

o tentu๐Ÿ™‚

*malu*

12. rime - November 22, 2007

2003 ITB.. –>angkatan terkeren di abad 21, hohoho…

@lutfi:
oi, selesein skripsi sana.. ngeblog mulu :p

13. deethalsya - November 22, 2007

dt angkatan 2004 (SMA) dan 2005 (kuliah)…
hayooo, binun yah?!:mrgreen:

eh, angkatan ama leting beda yah?! :p
hehehehe…

14. irvan132 - November 22, 2007

@ luthfi
wo ow, kamu ketahuan. hihihi

@ rime
kalo menurut gw angkatan 2004 yang keren.๐Ÿ˜€

@ deet
oh, gitu ya. 2004, tapi masuk 2005. baru tau.
leting mungkin sama dengan level. angkatan tua ga selalu leting-nya lebih tinggi dari angkatan muda. kalo leting lebih ke arah tertentu. CMIIW.
*sok tau banget.๐Ÿ™‚

-IT-

15. Luthfi - November 23, 2007

hihiihihihi
untung gw gak masuk itebeh
klo ke sana … ntar ketemu temen si rime yang ……….. (anak sith juga)

*ngacir*

16. reza - November 24, 2007

sewaktu ke Medan, jaman kuliah dulu, saya heran dgn istilah tiap-2 kampus menyebut angkatan kuliah dgn caranya sendiri. kami yg di jakarta pakai “angkatan”, kawan di Medan bilangnya “stambu”, teman di Malang menyebut “leting”. Soal tahun, tetap sama, pakai tahun masuk (misal: angkatan 1999, stambu 2002)

17. Luthfi - November 26, 2007

@ 16 : ya mungkin itu semacam sandi, biar khas dan unik๐Ÿ˜›

18. Vito - April 17, 2009

misalkan gini ,,,,,
gw masuk thn 1990,, kelas 1 sma…. dan lulus tahun 1992…

nah apabila kelas 2 di thn 1991 ada anak pindahan dari sekolah lain yg kelas 2 jg,,, anak pindahan itu kalo reunian ikut thn lulus atau thn dia masuk ????

Pasti thn dia lulus kan,,,, kalo dia ikut thn dia masuk saat pindah sekolah,,, pasti banyak yg gak kenal …..

tul gak ????

19. fathurrohim - Maret 15, 2010

walah bingung aq son, salam kenal yow, hehe

20. fathurrohim - Juli 21, 2010

nambah komen …๐Ÿ˜€

21. (not live report) Kopdar Cico « Bogor – Jakarta (hampir) Setiap Hari - Januari 25, 2012

[…] Mbak Lia dan Om Mbilung. Sayanya gak ada, khan kameramen. Sedangkan Bu Jeni sedang di kantor . Poto yang di bawah ini lagi mbahas tentang nomor registrasi pokok alias NIM IPB. […]

22. ratu911 - Juli 20, 2013

ANGKAT-an = di angkat
alumni = keluaran

berarti :
aku angkatan 96,,,alumni 99 STM neg 80 pare-pare sulawesi selatan

23. Roy Frans - Oktober 12, 2015

Menurut saya perlu ketegasan dari dunia pendidikan utk istilah ini, utk saat ini saya lebih setuju angkatan /kelulusan berlaku ukt sd, smp dan sma. Alasan nya :

1. Sd, smp, sma blm dianggap dewasa dlm pengertian mandiri, minimal org bisa bekerja saat dia lulus sma.

2. Sd, smp, sma x minta uang jajan itu hal biasa, x bisa mandiri kaya nya luar biasa, beda x sdh lulus bisa membiayai uang jajan bahkan kuliah nya sendiri.

3. Sd,smp, sma pakaian nya seragam sehingga saat tiba kelulusan mereka sangat bangga tapi bersama sama / kelompok. Kalau mahasiswa lebih ke kebanggan keluarga.

4. Kalau jajan di kantin pun masih sering semangkok rame rame.

Kesimpulan saya sd, smp, sma saat mereka lulus ada kebangga tersendiri secara kelompok sehingga mereka lebih senang menyebut dirinya angkatan “bersama sama”

Salam


Tinggalkan Balasan

