jump to navigation

Cara Mengubah Dunia Januari 8, 2008

Posted by irvan132 in Kehidupan.
Tags:
trackback

Sudah lama tidak browsing ke situs Digg.com. Hari ini, ketika sedang browsing, ada artikel menarik tentang “Cara Mengubah Dunia“. Penasaran. Langsung menuju ke situs tersebut di SINI. Karena menarik, saya terjemahkan saja secara bebas untuk pembaca.

Berikut ini 20 sesuatu yang dapat anda lakukan untuk untuk mengubah kehidupan seseorang, anda sendiri, bahkan dunia.

  1. Adopsi. Mengadopsi seseorang adalah salah satu yang paling baik. Anda akan mengubah hidup seseorang maupun anda sendiri. Mengadopsi bayi, anak kecil, atau remaja. Dengan mengadopsi mereka, mereka akan selalu tahu bahwa ada orang yang baik di luar sana dan mereka akan membalas budi anda di masyarakat.
  2. Tetap menyenangkan. Ini merupakan sesuatu yang semua orang bisa lakukan, tidak perlu uang ataupun bakat. Contohnya tahan pintu untuk seseorang, senyum, katakan “Hello”. Lalu, mereka akan lebih menyenangkan terhadap orang lain, dimana itu akan berlanjut seperti siklus bahkan anda tidak menyadari bahwa anda telah mengubah ratusan kehidupan.
  3. Menyumbang. Sumbangkan darah, waktu, uang, atau apapun yang anda mampu. Contoh adalah memainkan game seperti FreeRice.
  4. Berpikir positif. Lebih positif dalam memandang hidup. Itu sangat sederhana, tetapi sangat efektif.
  5. Mendengarkan. Mendengar orang lain, membiarkan mereka bicara, belajar tentang hidup mereka, kadang-kadang semua itulah yang mereka butuhkan.
  6. Memulai bisnis. Menjadi wiraswasta dengan perusahaan yang menyumbangkan sebagian keuntungan untuk kegiatan amal, atau pekerjakan “at risk” (orang-orang yang benar-benar butuh pekerjaan).
  7. Membuat karya seni. “Paint” dunia. Ciptakan lukisan, musik, tulisan, foto, atau karya seni lainnya. Seni yang menginspirasi, memotivasi, dan mengubah hidup.
  8. Bersuara. Keluar dan buatlah suara anda agar didengar orang lain. Tulis protes, surat, artikel di koran, blog, atau mulailah dari forum. Diam hanya akan membuat kita tidak melakukan sesuatu.
  9. Menjadi orang tua yang baik. Ajari anak-anak anda tentang hidup dan bagaimana mereka bisa mengubahnya. Ajarkan bahwa kemungkinan-kemungkinan dalam hidup itu tidak terbatas.
  10. Ambil sampah di sekitar anda. Jangan hanya dilihat, ambil saja, dan buang pada tempatnya. Sekecil apapun, itu sangat membantu.
  11. Berbicara. Ketika anda selesai mendengarkan, bicara. Bicara tentang hidup mereka, hidup anda, atau kondisi cuaca.
  12. Menjadi inspirasi. Lakukan sesuatu yang orang berkata bahwa anda tidak akan pernah bisa lakukan. Ambil risiko dan berhasil. Ini akan menginspirasi orang lain untuk melakukannya dan melanjutkan suatu siklus.
  13. Menjadi guru. Menjadi guru dengan ambisi yang benar dalam mengajar anak-anak agar sukses di sekolah dan di kehidupan. Belajar dari buku dan juga belajar dari hidup.
  14. Menjadi wali/pengganti. Banyak orang yang sering kehilangan kasih sayang keluarga atau ditolak oleh keluarga mereka sendiri. Jadilah seseorang yang belum pernah mereka miliki sebelumnya.
  15. Memilih. Memilih dalam pemilihan lokal atau pemilihan nasional. Pilih kandidat yang benar.
  16. Jangan terburu-buru menilai. Terlalu banyak orang yang menilai seseorang dari penampilannya. You can’t judge a book by it’s cover.
  17. Keliling dunia. Keliling dunia dan merasakan pengalaman di tempat baru. Membantu ekonomi dan orang di negara lain. Merangkul kebudayaan mereka dan membagikan pengalaman anda dengan mereka dengan orang-orang yang anda kenal.
  18. Mimpi dan lakukan. Mimpikan dunia yang lebih baik dan ciptakan. Mimpi akan menjadi kenyataan dengan kerja keras dan determinasi.
  19. Fokus. Fokus pada salah satu atau beberapa yang anda yakini. Tuangkan energi anda sampai ide anda berhasil mengubah orang lain, anda sendiri, dan dunia. Setelah itu, fokus untuk ide-ide selanjutnya.
  20. Lakukan sesuatu dengan hidup anda. Anda tidak perlu menjadi selebriti atau miliyuner, cukup menjadi manusia produktif di masyarakat.

Saya tidak tahu apakah cara ini bisa diterapkan oleh masyarakat Indonesia. Yang jelas, saya hanya berpikir positif (sesuai cara nomor 4😛 ) bahwa Indonesia mampu. Semoga bermanfaat.😀

Salam,

-IT-

Komentar»

1. stey - Januari 9, 2008

membuat karya seni..ehm,blog juga karya seni kan?

2. rumahkayubekas - Januari 9, 2008

Setuju- setuju banget,
Trims Bang Irvan, pagi- pagi dah ada pencerahan yg bikin hati anget,
Yakin bakalan banyak nih manfaat yang didapet,
Dan musti tuh kita jalanin sebanyak yang kita sempet,

3. Tukang Ketik - Januari 9, 2008

thanks banget nih. inspiratif.

4. mulut - Januari 9, 2008

welgedewelbeh
setuju … emang semua harus dimulai dari diri sendiri, bahkan harus dimulai dari hal-hal kecil dulu.

5. StreetPunk - Januari 9, 2008

Hal-hal tersebut beberapa terdengar mudah, tapi sebenarnya tidak semudah kelihatannya. Sedangkan pemimpin negara saja masih kesulitan untuk memperbaiki negaranya. Tapi, dengan memulai dari dasar, perlahan-lahan kita bisa sedikit mengubah dunia menjadi lebih baik.

6. irvan132 - Januari 9, 2008

@ stey
hehe, kalo masalah blog termasuk seni tergantung dari pendapat masing2.

@ rumahkayubekas
tetap semangat kang.🙂

@ tukang ketik
sekalian buat perenungan.

@ mulut
diri sendiri dulu.🙂

@ steetpunk
yang penting berusaha. hehe

-IT-

7. edratna - Januari 9, 2008

Irvan, udah lama nggak berkunjung kesini.
Berpikir positif…itu yang paling penting. Dengan energi positif, hati kita bersih dan bisa memikirkan hal-hal lain untuk kebaikan.

8. irvan132 - Januari 11, 2008

@ edratna
hehe, selamat datang Bu.😀

-IT-

9. ayahshiva - Januari 14, 2008

wah kalo keliling dunia pengen banget tuh

10. deethalsya - Januari 14, 2008

ikutan yg no 4 jg deh..
sama kyk tagline dt utk taon ini..:mrgreen:
*halah*

duh, kpn yah bs keliling dunia??!🙄

11. irvan132 - Januari 15, 2008

@ ayahshiva dan deet
kapan2 lah bisa keliling dunia. semoga.😀

-IT-

12. isengdoang - Januari 18, 2008

ajari saya

13. Muhammad Isa - Maret 2, 2008

betapa indahnya hidup ini pabila kita dapat membangun sistem sesuai dengan jalan yang benar, sehingga kita kita mampu berbuat semaksimal mngkn untuk umat manusia.

14. L3ea - Juli 24, 2008

Berpikir Positip & bersyukur😀

Salam Kenal…

15. mengubah dunia - April 26, 2009

di blog ku ada cara mudah mengubah dunia

16. senyum-ku - Mei 4, 2009

cukup dengan mengubah diri kita sendiri, jika setiap orang mau mengubah dirinya menjadi baik, niscaya dunia akan berubah.

17. Insfirasiku - September 21, 2009

Insya aLLAh dEh Q pengen bANget niH mRubAH dunia Q mNjadi Lebih bAik.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: