jump to navigation

Tribute to Sir Edmund Hillary Januari 11, 2008

Posted by irvan132 in Kehidupan.
Tags:
trackback

Salah satu berita hari ini yang saya baca adalah tentang meninggalnya Sir Edmund Hillary. Dia merupakan penakluk puncak Mount Everest yang pertama kali di dunia. Beliau meninggal di usia 88 tahun. Untuk itu, saya turut berduka cita atas meninggalnya beliau.

Mungkin berita ini sudah agak basbang™ kalau dibaca. Akan tetapi, tetap menarik untuk disampaikan karena kisahnya sungguh inspiratif untuk kita semua. Berikut ini isi email yang saya terima yang berisi tentang kisah penaklukan Mount Everest untuk pertama kalinya (maaf bahasanya tidak baku):

hillary-dan-norgay.jpg

Tenzing Norgay? (fotonya
yang sebelah kanan).Tenzing Norgay adalah nama orang, mungkin buat kebanyakan dari kita
akan mengatakan nama yang aneh…..dari negara mana nama tersebut
berasal?…..

Mungkin Anda pernah membaca atau mendengar namanya…mungkin juga
belum…bagaimana kalau saya sebutkan nama Sir Edmund Hillary…ya
kalau yang ini sih saya sering dengar atau pernah baca biografinya
atau pernah mendapatkan kisah hidupnya dalam sebuah artikel atau
sewaktu mengikuti seminar. Ya, Sir Edmund Hillary adalah orang
pertama di dunia yang berhasil mencapai puncak gunung tertinggi
dunia Puncak Gunung Everest. Tetapi saat ini bukan Sir Edmund
Hillary yang akan kita bahas, tetapi Tenzing Norgay.

Tenzing Norgay seorang penduduk asli Nepal yang bertugas sebagai
pemandu bagi para pendaki gunung yang berniat untuk mendaki gunung
Everest. Tenzing Norgay menjadi pemandu (orang nepal menyebutnya
Sherpa) bagi Sir Edmund Hillary. Pada tanggal 29 Mei 1953 jam
11.30, Tenzing Norgay bersama dengan Sir Edmund Hillary berhasil
menaklukkan Puncak Gunung Tertinggi Everest pada ketinggian 29,028
kaki diatas permukaan laut dan menjadi orang pertama didunia yang
kemudian menjadi inspirasi dan penyemangat bagi ratusan pendaki
berikutnya untuk mengikuti prestasi mereka. Pada rentang waktu
tahun 1920 sampai dengan tahun 1952, tujuh tim ekspedisi yang
berusaha menaklukkan Everest mengalami kegagalan.

Keberhasilan Sir Edmund Hillary pada saat itu sangat fenomenal
mengingat baru berakhirnya Perang Dunia II dan menjadi semacam
inspirator untuk mengembalikan kepercayaan diri bagi seluruh bangsa
di dunia. Karena keberhasilannya, Sir Edmund Hillary mendapatkan
gelar kebangsawanan dari Ratu Inggris yang baru saja dilantik saat
itu Ratu Elizabeth II dan menjadi orang yang paling dikenal di
seluruh dunia.

Tetapi dibalik keberhasilan itu Tenzing Norgay memiliki peran yang
sangat besar, mengapa Tenzing Norgay tidak menjadi terkenal dan
mendapatkan semua yang didapatkan oleh Sir Edmund Hillary padahal
ia adalah sang pemandu yang membantu dan mengantarkannya mencapai
Puncuk Mount Everest? Seharusnya bisa saja ia lah orang pertama
yang menginjakkan kaki di puncak Mount Everest bukan Sir Edmund
Hillary.

Sesaat setelah Sir Edmund Hillary bersama Tenzing Norgay kembali
dari puncak Mount Everest, hampir semua reporter dunia berebut
mewawancarai Sir Edmund Hillary, dan hanya ada satu reporter yang
mewawancarai Tenzing Norgay, berikut cuplikannya :

Reporter : Bagaimana perasaan Anda dengan keberhasilan menaklukkan
puncak gunung tertinggi di dunia?

Tenzing Norgay : Sangat senang sekali

Reporter : Andakan seorang Sherpa (pemandu) bagi Edmund Hillary,
tentunya posisi Anda berada di depan dia, bukankah seharusnya Anda
yang menjadi orang pertama yang menjejakkan kaki di puncak Mount
Everest?

Tenzing Norgay : Ya, benar sekali, pada saat tinggal satu langkah
mencapai puncak, saya persilakan dia (Edmund Hillary) untuk
menjejakkan kakinya dan menjadi orang pertama di dunia yang
berhasil menaklukkan Puncak Gunung Tertinggi di dunia….

Reporter : Mengapa Anda lakukan itu???

Tenzing Norgay : Karena itulah IMPIAN Edmund Hillary, bukan impian
saya…..impian saya hanyalah berhasil membantu dan mengantarkan
dia meraih IMPIAN nya
.

Ternyata, masih ada orang seperti itu. Hebat. Di tengah kondisi yang tidak menentu seperti sekarang, kita seharusnya tidak mementingkan diri sendiri seperti yang dilakukan oleh Tenzing Norgay ini. Dia sudah berhasil membantu dan mengantarkan seseorang untuk meraih impian orang itu. It’s the great story.

Dua tokoh tersebut memang sudah mampu “mengubah” dunia. Salut. Selamat jalan, Sir.

Sumber foto : INI

Salam,

-IT-

Komentar»

1. reditya - Januari 11, 2008

sepertinya pernah baca… tapi dimana ya… lupa😀

intinya, mari bahu membahu meraih impian ya bob. hehehe…

2. alfaroby - Januari 12, 2008

salut buat Tenzing Norgay, dia merupakan salah satut sosok tokoh yang patut untuk kita acungi jempol, jasa beliau hingga mengantarkan Sir Edmund Hillary hingga puncak everest
patut di contoh tuh

3. dzaia-bs - Januari 12, 2008

mungkin mirip Steve Wozniak di Apple atau Paul Allen di MS…
bedanya, 2 orang itu kecipratan kaya…
kalo Tenzing kaya’nya nggak kecipratan terkenal ya…?

4. rumahkayubekas - Januari 12, 2008

Kisah yang memang layak menjadi renungan,

5. scooterboyz - Januari 12, 2008

Sangat inspiratif..

Bakal lebih terasa kalo anda mencoba mendaki gunung.😀

Saia sering ndaki di Indonesia aja dan belum ke puncak jaya aja dah banyak kesulitan, apalagi everest..:mrgreen:

FYI, lihat perjuangan orang2 lain yang kecelakaan di everest dalam National Geographic : The Dark Side of Everest..Ngeriii…

6. irvan132 - Januari 12, 2008

@ reditya
udah banyak kayaknya. ayo mari…mari…😀

@ alfaroby
salut emang.

@ dzaia
hehehe, mungkin karena cuma satu orang wartawan yang mewawancarai dia pas di puncak gunung.🙂

@ rumahkayubekas
selamat merenung.

@ scooterboyz
haha, kapan2 naek gunung ya kita.
beuh, ngeri juga kalo nonton nantinya.

-IT-

7. Petra Barus - Januari 14, 2008

tersentuh….😥

8. deethalsya - Januari 14, 2008

so sweet bangettts…😀

9. mimy - Januari 16, 2008

I love u………………….to Tenzing Noergay

10. prio - Januari 24, 2008

saya juga ndaki, tapi tak setinggi tenzing
anakku juga besok kukasi nama tenzing
agar bila mendaki tinggi tetap rendah hati

11. BOXER - Maret 16, 2008

AQ YO NGUNU KOK


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: