jump to navigation

Tahap Berhenti Merokok Februari 6, 2008

Posted by irvan132 in Kehidupan.
Tags:
trackback

Kemarin, saya mengobrol dengan salah satu teman saya yang ingin mengurangi kebiasaan merokok. Sebelumnya, dia sudah menyatakan bahwa ingin mengurangi bahkan berhenti merokok. Yang saya heran, dia masih saja merokok walaupun sudah berjanji akan berhenti.😀

Karena penasaran, saya tanya dia mengapa masih menghisap “Tuhan Sembilan Senti” tersebut. Ternyata, dia mempunyai pendapat sendiri tentang tahap untuk berhenti merokok. Ada tahap-tahap tersendiri sebelum seseorang benar-benar berhenti merokok. Berikut ini tahapan berhenti merokok menurut teman saya itu:😛

  1. Tahap tidak membeli rokok sendiri. Ini merupakan tahap awal untuk berhenti merokok. Kalau ingin mengurangi rokok, jangan membeli rokok. Rokok merupakan candu bagi sebagian orang. Dengan tidak membeli rokok, anda mungkin sudah “berhasil” mengurangi kebiasaan tersebut.
  2. Tahap tidak meminta rokok. Walaupun anda sudah tidak membeli rokok sendiri, tetapi bisa saja teman di sekitar anda memiliki rokok. Biasanya, calon mantan perokok tidak bisa menahan diri untuk merokok kembali. Dia bisa meminta rokok dari orang yang memiliki rokok. Jika anda sudah tidak meminta rokok, maka anda bisa mewujudkan mimpi anda untuk berhenti merokok.
  3. Tahap menolak ketika ditawari rokok. Menurut saya, tahap ini paling sulit. Bujukan dan sugesti dari orang lain biasanya lebih berat daripada dorongan diri sendiri. Jadi, ketika anda sudah bisa menolak rokok, anda sudah bisa dikatakan bebas dari rokok.😛

Itu saja yang tahap-tahap untuk berhenti merokok menurut pendapat teman saya itu. Cukup panjang dan butuh perjuangan menurut saya. Kalau ketiga tahap di atas bisa anda lewati, anda sudah bisa keluar dari lingkaran “Tuhan” bernama rokok. Selamat!

Salam,

-IT-

Komentar»

1. Petra Barus - Februari 6, 2008

situ gimana?

2. Brahmasta - Februari 6, 2008

Lebih baik dari awal.. ga pernah merokok😀
Menepati janji terhadap diri sendiri itu lebih susah daripada ke orang lain loh.

3. rumahkayubekas - Februari 6, 2008

he..
Koq malah tambah repot ya.
Berenti tit…dah aja,

4. phewhe - Februari 6, 2008

wah awa disepet ni keknya -_-

5. rani! - Februari 6, 2008

setuju ama bram.
mendingan dari awal ga ngerokok😀

6. irvan132 - Februari 6, 2008

@ petra
gw mah masih terus jalan.😀

@ brahmasta
wah, bener itu. yang jelas, jangan ada dusta di antara kita. wkakaka

@ rumahkayubekas
duh, sulit kalo berhenti langsung Ki. harus pake tahap2 aja deh, biar dramatis.😛

@ phewhe
perjalanan lo masih panjang bos. wkakaka

@ rani!
merokok dapat merusak kesehatan, kata pemerintah tuh. hihihi

-IT-

7. bedh - Februari 6, 2008

kalo mo brenti nyalain lampu sein dulu ntar ditabrak ma orang belakang huhuhuhu

canda mas,

brenti ngeroko itu sama susahnya dengan memulainya pertama kali huhuhu tapi kalo maksa terus bisa sih sepertinya.
😀

8. qzink666 - Februari 6, 2008

Untung saya gak merokok, jadi gak mesti ribet ngikutin tahap2 ini..😀

9. ridwan - Februari 6, 2008

ngerokok mah ngebakar duit doang. ntahvava😛

10. deniar - Februari 6, 2008

Sini mending duit rokoknya kasih ke aku…. buat beli trash bag buat acara besok minggu😛

11. purmana - Februari 6, 2008

Mungkin banyak2 bergaul ama orang2 yang gak ngerokok bakal sedikit membantu… bukankah kalo kita sedang berkumpul lalu kita merokok dan ada teman yang keliatan terganggu dengan asap rokok kita, maka kita pun akan malu dengan sendirinya ???

Semakin besar rasa malu semakin besar kemungkinan berhenti.

12. Sarah - Februari 7, 2008

Merokok itu tidak baik untuk kesehatan loh..😀

13. irvan132 - Februari 7, 2008

@ bedh
yang jelas, ga gampang berhenti merokok. sulit lah. harus bener2 niat dan ga bisa setengah-setengah.

@ qzink666
bagus dong, jangan sampe merokok. susah “tobat”nya.😀

@ ridwan.
bener banget bos. mendingan nonton dorama aja. wakakaka

@ deniar
wuih, ampe segitunya. kalo sempet, minggu gw bawa deh trash bag-nya.😛

@ purmana
setuju banget. apalagi kalo orang yang di sekeliling itu udah pada batuk-batuk, kan jadi ga enak. mestinya ada harus dibuat budaya malu ketika merokok di tempat umum. seharusnya.😀

@ sarah
hehe, itu dia pesen moralnya.😛

-IT-

14. ranywaisya - Februari 7, 2008

Tanamkan pada diri kita kalo merokok itu nggak ada gunanya, hanya buat gaya2an aja, trus kt hrs ngerti bahaya akan rokok baik bg diri sendiri maupun bg org yg ada disekitar kt.
Misalnya gini nih.. Apakah saya mau impoten?(buat cowok) atau apakah saya mau dpt kanker jantung?…

15. scooterboyz - Februari 7, 2008

Hihihihi..

Bisa dicoba..tapi kapan2 aja..😀

16. takochan - Februari 7, 2008

Kalo kata dosen saya sih, yang penting jangan sombong pas baru berenti ngerokok-nya, nanti malah tambah gak bisa berenti krn kemakan omongan:mrgreen:

Eh ya, salam kenal🙂

17. scooterboyz - Februari 7, 2008

Ada link bagus kali ye..

http://www.stopmerokok.com/

18. irvan132 - Februari 7, 2008

@ rany
yoi bener. kalo buat cewek ada ganguan kehamilan dan janin.😦

@ scooterboyz
nyantai aja kita bos. hehe. btw, linknya bagus buat yang ingin berhenti ngokor.😀

@ takochan
hehe, ga enak kalo kemakan omongan sendiri.
salam kenal juga.😀

-IT-

19. OkuTa - Februari 14, 2008

emg susah buat ngilangin sifat yg satu ni.
klu gx ngerkokok ada yg kurang gimana gt hheee…
thnk van

20. Arie - April 14, 2008

Salam ,sebetulnya semua tahapan yang kita lakukan itu adalah dari perintah otak kita (baca pikiran kita) ,sekarang masalahnya adalah bagaimana membuat pikiran kita dapat melakukan itu semua ,banyak sih tekniknya tapi yang paling jitu adalah teknik program pikiran dan bawah sadar.😉

21. aming - April 15, 2008

hari selasa tanggal 16 maret 2008 jam 00.34 saya berhenti merokok………….titik.
doakan..yaaa

22. Iwan - Juni 12, 2008

truss kerjaan gw di web gmana ?
ngantuk dong, g
ak konsen dong,
BT dong, gak
selesai dong,
Di pecat dong

23. alicia - Juni 19, 2008

hmm………

24. agus - Juni 19, 2008

sorry saya posting artkel rokoknya, boleh…nggak

25. irvan132 - Juni 19, 2008

@ agus
boleh saja, asal tidak lupa menyebutkan sumbernya. terima kasih.

-IT-

26. ABIE - Agustus 7, 2008

hmmmmsssss…………………………
repot,,,repot,,,,,
di jahit aja kali yah mulut nya???????
biar gk bs ngrokok lg!!

27. yudios - September 3, 2008

Saya berhenti merokok!. Saya berhenti merokok!. Saya berhenti merokok!. Amboy….senangnya.

28. emf@r - Oktober 6, 2008

u/ berhenti merokok tinggal niatnya mau berhenti apa nggak….tentukan tanggalnya dan hentikan langsung. Tanamkan dlm hati bahwa rokok itu…. ….. …..pokoknya yg jelek2. Hilangkan image bahwa rokok itu nikmat dsb dsb. Insya Allah ….berhasil. Sdh dicoba dan sampe sekarang gue gak ngrokok lagi padahal kalo dihitung2 udah ngrokok 29 thn. Mudah2an bisa gak ngrokok seterusnya…

29. uu" - Oktober 14, 2008

berhenti..merokok???
gampang2 susah,,
gampangnya: cari solusi,orang yg ngedukung kita,,
susahnya:,,,,ya berhentinya,,kita manusia kan penuh cobaan,,,
,,TAPI,,
CAri, pelaJari, N PaHami sebanyak2nya tentang solusi berhenti merokok jg manfaat n mudharatnya…
SEBAB,,
Sebenarnya dari usaha entuh kita sadar gak.., klo ternyata usaha kita itu sebuah awal buat nentukan sikap kita terhadap rokok..
Hidup rokok..!
Hidup rokok..!
Hidup rokok..!
EH..
Mati Rokok!!
Mati Rokok!!
Mati Rokok!!
Selanjutnya…Solusi mah banyak cari aj sendiri..

30. jadi milyuner - November 23, 2008

Hallo,salam kenal
Wah tips nya betul2 keren he,kalau dipikir pikir sih betul juga tuh. Sekedar menambahkan,bahaya merokok yang paling dahsyat yaitu KANGKER alias kantong kering. Apalagi gaji pas2an buat beli rokok minimal 2 bks sehari,kan lebih baik buat beli motor(ditabung dulu dong he).

By the way,yang punya blog cakep he…

31. e-gate - Desember 1, 2008

gimana hayo, kalo gue kerjanya di pabrik rokok, jelas gak beli, minta juga nggak, yg nawari juga gak ada, tapi selalu tersedia di meja kerja, all the day, all the time, perlu dibuatkan tahap 4 dung…..khusus untuk gue….wekekekekekkkkkk

32. Zipcombo - Desember 14, 2008

gi mana sich caranya berhenti merokok? semenjak aku meroko, sering kali aku merasa sakit di dadaku, aku takut aku terkena penyakit jantung atau paru paru, memang semua penyakit itu datangnya dari Tuhan, tapi kan itu pasti ada penyebabnya, ya, salah satunya adalah merokok. Dan juga semenjak aku merokok, aku tidak bisa memegang uang, maqsudnya, aku itu boros dalam memegang uang. udah dulu ya. sebelum dan sesudahnya ku minta maaf.

33. Erick - Desember 28, 2008

Kalo emang semudah itu. Gw sdh berhenti dari dulu bos. Cuman katanya rokok bikin awet muda. Soalnya belum sampe tua udah game duluan ya’.

34. Santi - Desember 30, 2008

Ada cara praktis kok. Berhenti merokok secara permanen. ditemukan oleh Dr. Roger Callahan – dengan teknik SuperSeft. caranya dengan semacam refleksi ringan di tangan dan wajah. Kata teman2 yg sudah praktekin sih..cium bau rokok jadi hampa, nggak nafsu lagi. apa bener? coba aja praktekin, lihat di http://www.SuperSEFT.com

35. boeda'x - Januari 14, 2009

nmpang coment, yang jelas tip dan trik yang muantab, tapi jadi takut ni jalanin langkah yang pertama, sebab takut dibilang pelit.. minta rokok terus nntar bisa jadi kebiasaan. bhe bhe bheheye bos..

36. bapakethufail - Februari 11, 2009

alhamdulillah…
saat komentar ini saya tulis… ini memasuki hari ke 11 saya berhenti merokok.
berat ??? pasti……
tapi yakin…. insyaallah bisa

37. adita rahman - Maret 24, 2009

Ada tehnik yang sangat cepat untuk berhenti merokok yakni SEFT (Spiritual Emotional Freedom Technique) yang dikembangkan oleh Ahmad Faiz Zainuddin bersama PT. LoGOS Institute. Dengan menggunakan ketukan pada titik energy meridian hanya dalam waktu 5-50 menit, seorang yang kecanduan rokok tidak mau merokok lagi.
Adapun tahapannya adalah :
1. Menghilangkan rasa enaknya rokok. efeknya sangat cepat, rokok rasanya sudah tidak enak, hambar, bahkan bisa sampai muntah jika merokok.
2. Menghilangkan background emosi yang menyertai. Supaya kebiasaan merokok tidak kembali lagi, maka emosi (faktor psikologis) yang menyertai misal : Jika tidak merokok tidak bisa konsentrasi, setelah makan harus merokok, merokok karena stress dll. maka emosi2 itu dihilangkan juga. jika 2 tahapan ini selesai maka perokok akan meninggalkan rokok secara permanent.
3. Menghilangkan rasa kehilangan kebiasaan merokok (yang sudah menemani bertahun-tahun). ada orang yang punya kebiasaan lain karena hilangnya kebiasaan merokok, misal sering minum yang manis2, dll. Maka hal ini juga bisa diatasi dengan SEFT.

Sudah ribuan orang yang menggunakan tehnik ini, dan berhasil sangat cepat menghilangkan kecanduan merokok. LoGOS Institute bersama BAZNAS juga pernah memecahkan rekor MURI untuk terapi rokok terbanyak sekitar 1500 pelajar perokok dengan menggunakan tehnik SEFT. dan hasilnya sangat luar biasa.

Tehnik ini sangat mudah dan bisa dipelajari sendiri oleh setiap orang. Bahkan ada bukunya juga yang ditulis oleh Ahmad Faiz Zainuddin.

Info SEFT dan buku SEFT

38. deddies - April 24, 2009

Awalnya sih susah, makin lama …….makin susah.

39. Mohammad Thahir Daeng Masiga - Juni 1, 2009

Yang penting ada niat dan kemauan disertai doa. Insya Allah akan berhasil.

40. Abdul waris - Agustus 10, 2009

Z setuju banget dgn logikax.. Mantap…merokok dpt merugikan kesehatan & keuangan.

41. Surya - Agustus 31, 2009

Ya .. rokok pelan-pelan namun pasti akan membunuh si perokok dan orang-orang di sekitarnya …
So, mau sehat, MATIKAN ROKOK ANDA SEKARANG, sebelum dia (rokok) mematikan Anda!
Tanpa rokok, Anda bisa berkarir cemerlang, bertubuh sehat, dan keluarga pun bahagia!!

42. Tips jitu tapi sableng cara berhenti merokok « Kata Motivasi - April 1, 2010

[…] Tahap Berhenti Merokok […]

43. adang - Juli 3, 2010

klo d bayarin rokok na pasti kambuh lagi y,,,,mending klo serius mo berebti telpjake 021-32417565 gw ngerokok tadi nya 4 bks sehari…..sekarang dahbebas….asap….n rokokna…

44. adang - Juli 3, 2010

klo d bayarin rokok na pasti kambuh lagi y,,,,mending klo serius mo berenti telp ja ke 021-32417565 gw ngerokok tadi nya 4 bks sehari…..sekarang dahbebas….asap….n rokok na…gampang bgt bro….g pk obat… metode …dll…

45. adang - Juli 3, 2010

klo d bayarin rokok na pasti kambuh lagi y,,,,mending klo serius mo berenti telp ja ke 021-32417565 gw ngerokok tadi nya 4 bks sehari…..sekarang dah bebas….asap….n rokok na…g pk metode macam2, praktis….n pasti berhasil…

fahrezy - Juli 8, 2010

Negara Butuh Pemasukan tuk Pembangunan RI tercinta…. ROKOK Penyumbang TerBESAR.. Contoh Acara Piala DUNIA siapa yang mesponsosi kalau bukan ROKOKKKKK….

46. fahrezy - Juli 8, 2010

HIMBAUAN : Kepada ANTI merokok Jangan sekali-kali memakan uang dari hasil ROKOK.. kalau iya andaorang MUNAFIKKKKKKKKK….

47. bram e-38 - September 6, 2010

Coba deh : terapiberhentimerokok.blogspot.com
berhenti merokok pake metode SEFT yg masuk rekor MURI lho

48. Fitri PMRELOAD - Desember 22, 2010

Smangadh berhenti merokok!

49. ObatAntiRokok - Desember 22, 2010

Tambahan satu tips bermanfaat.
Bisa juga dengan minum <a href="http://obatantirokok.wordpress.comObat Anti Rokok Herbal.
Semangat berhenti merokok!

50. jerry - April 17, 2013

susah amat kalo mau berhenti merokok,aku telah mencobanya selama seebulan tapi nga bisa nih.lebih baik lanjut aja deh kan merokok juga mati tidak merokok juga mati lebih baik merokok sampai mati aja deh thank’s jerry


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: