jump to navigation

Sejarah Sepak Bola Indonesia yang “Benar” Februari 11, 2008

Posted by irvan132 in Sepak Bola.
Tags: ,
trackback

Sudah banyak sekali tulisan yang bertema sepak bola Indonesia. Tidak hanya tulisan, tetapi lebih banyak hujatan yang ditujukan untuk sepak bola negeri ini. Kali ini, saya akan mencoba “membuat” sejarah yang seharusnya terjadi di dalam sepak bola Indonesia. Karena penuh rekayasa, tentu saja tulisan ini bersifat fiktif. Akan tetapi, tidak apa-apa, tulisan ini hanya untuk membuat kita para pecinta sepak bola agar lebih semangat saja.😀

Mungkin sebagian dari kita masih ingat tentang karier salah satu pesepakbola nasional, Kurniawan Dwi Yulianto, yang pernah merumput di Italia tepatnya di klub Sampdoria. Di tahun 1996, ini merupakan prestasi tersendiri untuk sepak bola kita. Ternyata ada pemain Indonesia, saat itu, yang sudah berkostum salah satu klub Liga Italia. Lebih dalam lagi, Kurniawan ini mendapat pujian sebagai pemain muda berbakat dari pelatih Sampdoria waktu itu, Sven-Goran Eriksson.

Akan tetapi, Kurniawan tiba-tiba memutuskan untuk kembali ke tanah air untuk melanjutkan karier sepak bolanya. Kurniawan sendiri tidak pernah mengemukakan alasan kepulangannya ini ke publik sampai sekarang. Akibatnya, banyak sekali spekulasi yang muncul karena kepulangannya yang terkesan “mendadak” itu. Mulai dari karena pengaruh narkoba, doping, sampai akibat pergaulan malam “Negeri Pizza” tersebut. Semuanya masih tanda tanya besar.

Nah, ini cerita saya. Seandainya, Si “Kurus” (julukan Kurniawan) tetap berkarier di Italia, mungkin saja dia sudah menjadi pemain yang akan dikenang oleh publik Stadion Luigi Ferraris. Kariernya mungkin akan secemerlang Antonio Cassano (striker Sampdoria saat ini). Karena penampilan yang bagus dari Kurniawan, PSSI tidak ragu untuk mengirimkan pemain Indonesia yang lain untuk berlatih di Italia.

Apakah yang terjadi selama 12 tahun kemudian (tahun 2008 sekarang)? Hehe, kali ini saya mengkhayal kembali. Tahun ini, mungkin sudah banyak pemain Indonesia yang merumput di Serie A. Saya sebutkan saja. Bambang Pamungkas mungkin sudah menjadi striker andalan di AS Roma. Gelandang serang seperti Firman Utina, mungkin sudah menjadi pemain utama di Lazio. Boaz Sollossa menjadi andalan di Fiorentina. Bahkan, kiper sekelas Ferry Rotinsulu sudah berkostum AC Milan. Dan tidak lupa juga, kalau pemain junior asal Indonesia usia 15-21 tahun sudah menghuni sekolah sepak bola binaan Juventus dan Inter Milan. Keren.😛

Jika ini terjadi, dampak bagi sepak bola dalam negeri sangat besar. Tidak akan ada lagi “tragedi” di dalam sepak bola nasional. Justru, Liga Indonesia sudah menjadi barometer liga-liga sepak bola di Asia. Liga Indonesia menjadi sangat kompetitif. Semua penonton tertib dan kualitas wasit yang meningkat tajam. Puncaknya adalah ketika harapan rakyat Indonesia bahwa Indonesia bisa lolos ke putaran final Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan bukan sesuatu yang tidak mungkin.

Wah, tidak bisa dibayangkan jika sejarah sepak bola Indonesia yang “benar” itu terjadi. Sangat menyenangkan sekali rasanya ketika melihat sepak bola kita. Benar-benar membanggakan.

Saya tidak menyalahkan Kurniawan ketika sepak bola Indonesia menjadi tidak jelas seperti sekarang. Toh, Kurniawan sudah berjasa besar untuk Tim Nasional Indonesia. Yang salah adalah kesempatan (opportunity). Indonesia kurang diberi kesempatan lebih dalam memajukan sepak bolanya. Sangat kurang malah. Ketika Thailand akhir-akhir ini sudah “menyumbang” pemain mereka ke Liga Inggris, kita malah sibuk mengurusi kekerasan di dalam sepak bola kita. Thailand saja yang baru-baru ini melakukan “ekspor” pemain, sudah sangat bagus prestasinya. Apalagi Indonesia, karena kita sudah kurang lebih 12 tahun yang lalu melakukan teknik seperti itu.

Yang jelas, harapan terbesar saya adalah masih bisa menyaksikan Indonesia lolos ke Piala Dunia selama saya masih hidup. Entah kapan, yang jelas harus sabar.😛

Maju terus Sepak Bola Indonesia!

Salam,

-IT-

Komentar»

1. Fajar - Februari 11, 2008

Yang jelas, harapan terbesar saya adalah masih bisa menyaksikan Indonesia lolos ke Piala Dunia selama saya masih hidup. Entah kapan, yang jelas harus sabar.

setuju bener gw ama lu !!

akbar - November 4, 2009

gua setuju to bro

2. Dicky Demoz 90 PMB - Februari 11, 2008

Nonton sepak bola, didentikan dengan kebrutalan yang tidak pada tempatnya (sporadis,kaya orang bar….. bar) jangan sampai orang tidak berdosa ditimpukin batu bata(kopaja) ditimpukin kaya ngejar maling gimana persepak bolaan mau maju kalau nyang nonton aja begitu panatisme boleh boleh saja asal pada tempatnya…………. gimana nagara Endonesia kalau dihujat….. dihina apatah mau seporadis……bar…..bar kepada nyang menghujat…..menghina negara Kita ? coba puikirkan dengan jernih wahai maniak bola !!!!!!!!!!!!!

3. yuni - Februari 11, 2008

amieeeeeeeeeennnn….:)

4. hevi fauzan - Februari 11, 2008

Hidup Persib lah.

Sepakbola indonesia untung lagi libur. Masa recovery setelah final kemaren di JH.

Saya pribadi merasa capek melihat pesepakbolaan Indonesia. Bandung juga. Jadi untuk sekarang-sekarang mikir bolanya diistirahatkan dulu.

Tapi yang jelas, PSSI nya direformasi dulu. Soalnya masalah klub, supporter, kompetisi, timnas, pembinaan usia dini, sampai masalah lainnya berujung pada kebijakan PSSI yang dikatakan banyak orang salah jalan dan kurang konsekuen.

CMIIW
Wassalam

NB : Pasang banner persib.net ya di sini.😉

5. Irvan - Februari 11, 2008

@ fajar
sabar aja kita. pasti kesampean kok ntar.

@ dicky demoz
yang jelas semua pihak harus bersikap “cerdas”, jangan kayak anak kecil.

@ yuni
amien juga.😛

@ hevi fauzan
harus reformasi, abis itu rekonsiliasi biar ga kehilangan arah.
hidup persib.😀
*silakan dipasang banner-nya.

-IT

6. ridwan - Februari 12, 2008

bos, kurniawan sebelum balik ke indonesia maen dulu di liga swiss.

http://en.wikipedia.org/wiki/Kurniawan_Dwi_Yulianto

7. phewhe - Februari 13, 2008

ga mo komen apa2
mo pamer ip aja😀

ken - April 13, 2010

ya ip kamu bagus tapi kurang nampak muka depannyaa hehehe…

8. Irvan - Februari 13, 2008

@ ridwan
yoi bro, bener banget. coba dia agak “betahan” dikit.

@ phewhe
wkakaka. sombong banget lo mentang2 di jepang.😛

-IT-

9. Mr. Fortynine - Februari 14, 2008

Konon, salah satu penyebab tidak betahnya pemain Indonesia untuk bermain di luar negeri adalah ketidak sangggupan mereka meninggalkan nasi sebagai bahan makanan utama.

Sehingga, jikalaupun benar benar berbakat seperti Kurniawan, tetap saja tidak akan betah jadi pemain asing di negeri orang..

10. irzuk - Februari 15, 2008

partai final liga jarum beberapa pekan lalu kurang greget layaknya partai puncak dalam sebuah hajatan sepak bola. Ga ada yel-yel, sedikit teriakan (kecuali pelatih, manajer) dan atribut penyemarak lainnya. Sayang temen-temen. Saya saja kurang ngepans dua tim finalis, gmana pendukung setianya. Mari bung, rebut beautiful football in our country. Merdeka. Mengenai si kurus, persoalannya proses adaptasi pemain dengan lingkungan dia menentukan pilihan. pewewew gejlig ngiring ngarewong ti Ciamis.

11. ati - Maret 25, 2008

kirimimn gambar bp dong

12. reny - Maret 27, 2008

memang saat ini timnas indonesia masih belom msuk ke piala dunia namun dengan munculnya anak NFS (NUNUKAN FREESTYLE SOCCER) akan membuat sepak bola indonesia menuju Piala Dunia,,!!!
amien,,,,,,,,,,, silahkan hubungi no berikut 085247934126 ato 085247721560

13. Mr.Alaw - Maret 29, 2008

kpn indonesia msk piala dunia?

14. kitto - April 2, 2008

pemain indonesia nggak kalah dengan pemain luar. banyak pemain yang mempunyai skill dan stamina yang lumayan. masalah postur tubuh yang kurang tinggi jangan jadikan alasan kalah dari pemain luar negeri. SSB2 ato diklat2 yang ada di indonesia harusnya memberi program penambahan tinggi badan sejak dini kepada pemain2 junior sehingga pemain2 kita mempunyai tinggi badan di atas standar asia yaitu 176.6 cm. masalah suporter, mungkin ngga bakal bisa berubah. yang harus diubah adalah wajah2 lama di pssi, carilah pengurus yang mempunyai visi & misi yang jelas sehingga tugasnya sepenuh hati dicurahkan ke pssi.

15. el rumi - April 6, 2008

Bayangkan ini, para penggarong BLBI bisa ditangkap dan diadili. kemudian pengadilan meminta agar separuh dari uang itu digunakan mengembangkan sepak bola Indonesia dengan cara mendirikan salah satu klub sepak bola. Maka Indonesia akan banjir pemain kelas dunia. Tidak sudah mendatangkan Christian Vieri, tak sulit memboyong Roberto Carlos, bahkan tidak berlebihan mengharap Van de Saar mengakhiri kariernya di Indonesia. Jika ini ternjadi, maka Indonesia akan menjadi pusat perhatian dunia.

16. sejarah sepak bola indonesia « Boytulen’s Weblog - Mei 5, 2008

[…] sepak bola indonesia Sejarah Sepak Bola Indonesia yang “Benar” Februari 11, […]

17. tobadreams - Mei 12, 2008

Jangan tertipu soal kostum itu. Satu-satunya pemain kita yang murni pernah jadi starting IX di klub profgesional Eropa adalah Kurniawan DY, yaitu di Lucerne, Swiss. Itu pun dia tidak dibayar secara profesional, karena masih pemain junior.

Buat yang pengen tau drama kemenangan MU atas Wigan dalam partai pamungkas, sehingga MU menjadi juara sejati EPL 2007/2008 klik aja link di bawah ini :

http://tobadreams.wordpress.com/2008/05/12/manchester-united-juara-chelsea-harus-belajar-sportif/

18. ivoy - Agustus 11, 2008

q akan tunggu indonecia ampe masuk piala dunia, karna q yakin indonecia pazti bisa,masalah skil pemain indonecia kagak kalh ama pemain luar,kita tunggu aza 10 ataw 15 taon lagi pazti indonecia bisa masuk piala dunia.karna q yakin sebelom q mati q pazti bisa nonton indonecia masuk piala dunia.BRAPO MANIAK BOLA INDONECIA…………………….

19. Hoki - September 8, 2008

Buat saya sepak bola adalah hidup saya tp mengapa bnyk suporter sepak bola yg msh rusuh seharusny tu hrz d hlngkn… Psis semarang kutunggu kejayaan mu

20. Hoki putra pamungkas:-):-) - September 8, 2008

Saya berharap sepak bola indonesia maju dan terutama yg saya dukung psis… Ayo psis pasti bisa juara dan menjadi legenda… Dan salam buat the jack mania n viking berhenti y tawuran’a karna klo tawuran tuch nm’a bencöng… “Peace”

21. ekha in palembang - September 21, 2008

saya berharap sepak bola akan tetap menang sampai kapanpun juga dan saya berharap agar pemainnya tidak sombong dan terus berlatih dengan sekuat mungkin. dan buat sriwijaya fc ayo maju terus pantang mundur. saya mendukung seratus persen buat sepak bola indonesia.

22. armady jaya - Oktober 2, 2008

saya berharap saya jadi c. ronaldo di masa depan dan membawa indonesia menjadi juara dunia FIFA World Cup 2020.

23. Orang awam - Oktober 4, 2008

semoga harapan anda terkabul….minimal ada pemain indonesia yg berlaga di liga champion eropa

24. nita chaptoen - November 15, 2008

indonesia cayoooooooooo………tunjukan taring mu di hadapan dunia……

25. jenggot - November 15, 2008

kalo diliat dari kmampuan, pmain sepakbola di indonesia bagus2. buktinya bisa maen bagus waktu piala asia. yang bikin spkbola indonesia ga maju2 krn pengurus/ bos2 di pssi. btw, dulu bimasakti n bambang pernah nglamar maen d blanda kan?

26. ELIZ_IMOET - Desember 2, 2008

ya………semoga saja timnas bisa menggapai mimpinya untuk maju ke piala dunia,kalau piala dunia 2010 ga masuk,ya kita tunggu aja piala dunia 2014…..
moga aja lolos kualifikasi di tahun 2014..
Amiiiiiieeeeeeeeennnnnn…………!!!!!!!!!!!!!!

27. dodiek - Desember 2, 2008

dimana ada niat di situ ada jalan …mungkin saat ini yang niat baru penggemarnya

28. sabam - Desember 14, 2008

tolong beri gambar pemain indonesia semua

29. cheluz - Desember 21, 2008

Salam kenal, ya semua itu dalam dunia mimpi. Bleh tkeran link

30. ALICE CUTE tulungagung - Desember 23, 2008

ya ampyun…………….
masa timnas ga masuk final AFF SUZUKI CUP 2008 cih…….
capek dech……….
kapan…..timnas menjadi juara bertahan…..??????????
semanngat donk timnas……
bravo sepak bola indonesia………

31. bojonk - Desember 23, 2008

cpd liat timnas
pssi bikin program yg bener, komitmen & konsekwen donk
buat tim debutan, masukin ke liga2 level asia aja dulu…jepang kek…ato mana…jangan bubarin tuh tim, kalo perkembangan dah kliatan kirim ke liga yg lebih prof.
anggaran auk ah gelap . tuh yg mikir angg kan pengurus pssi….ato minta sumbangan Rp 100 rupiah / bulan dr masyarakat…sebulan kekumpul 20 M. jangan dikorupsi….2 sd 3 th jadi deh timnas yg keren

32. sepakbolaindoDOTcom - Januari 2, 2009
33. passion C.Z.,S.Pi - Januari 5, 2009

Indonesia (PSSI : dimaksud) dalam mengembangkan kemampuan timnas harus mempelajari kultur bangsa, pola dan strategi tidak perlu mencontoh dari negara lain karena setiap pola dan strategi sepak bola terdapat kekuatan dan kelemahannya. misalnya permainan pola daratan eropa umumnya (bola panjang, cepat, rapi dan mengandalkan speed and power) lebih sering tidak dapat berjalan permainan amerika latin (bola pendek dan cepat, keterampilan teknik individu). juga, pemain yang baik tidak dapat terbentuk oleh latihan tim dinegara lain yang dianggab baik, tetapi akan terbentuk oleh kompetisi yang teratur dan latihan tenik dan fisik. ok

34. ajinagara - Januari 22, 2009

sejujurnya saya tidak pernah ragu akan kemampuan dari putra-putra Indonesia (PSSI), bahkan dapat melebihi Korea Selatan ataupun Jepang, namun kenyataannya menghadapi Vietnam ataupun Brunai bisa menang karena nasib saja. Kenapa bisa begitu? Tentu karena sampai sekarang se PSSI belum mampu melawan satu orang, meskipun orang tersebut telah dikerangkeng. Sampaikapanpun Presestasi PSSI tidakkan pernah maju sebelum mampu mengutamakan kepentingan nasional.

35. wi2n_moet'zZ - Januari 24, 2009

persija……………
is the best 4ever………..!!!
gw mewakili seluruh the jak boencit pengen bilang” kita dukung persija ampe mati……….!!!

karimun group - Februari 18, 2010

persija tak paten laaa? psm medan hajar sooon. persija putuuuss tus tus tus hangus . . . . . mangolu medan . . . . . hajar laex>>>

36. deddy - Januari 29, 2009

mas, saya punya binaan anak-anak usia 11 – 16 tahun di cikupa, tangerang – banten. mereka gratis ikut diklat saya ini. saya ambil metode pelatihan dari kurikulum sepakbola eropa. pelatihnya ambil dari mantan pemain sepakbola nasional tempo dulu, sekarang mereka kerja jadi security di pabrik tangerang. alhamdulillah anak-anak ini dari kalangan menengah ke bawah keturunan pemain sepakbola dulu. kalau mau bantu donasi boleh juga, buat sarana belajar anak-anak ini. visi saya, 2022 indonesia masuk piala dunia 2022, klub ini nyumbang pemain pssi. nama klub/ diklat saya ini FC FASTE. hub. 021 – 94537256/ 081514051699 Deddy

37. kinantan mania - Februari 5, 2009

saya juga barharap indonesia bisa melangkah ke piala dunia. tp itu semua tidak sudah. butuh kerja keras, semangat yang besar dan dukungan dan kerja sama dari semua pihak.

38. andr3 - Februari 12, 2009

semoga sepak bola indonesia semakian maju dari yang sekarang

39. RAPPER46 IRN - Februari 20, 2009

THE JAK ”ST.ANTZ” SIAP GETARKAN JAKARTA

40. roni herman permana - Februari 24, 2009

mudah-mudahan tu bukan cuma sekedar mimpi, tapi inget perkembangan dan kemajuan sepakbola kita bukan tanggung jhawab perorangan melaikan kita semua, kita mulai dari diri kita talah sampai sejauh mana dalam memberikan sumbangsinya untuk sepakbola yang kita cintai ini….. di tahun-tahun yang akandatang 2011 indonesia sudah bisa mengekspor dan menghasilkan pemain yang berbakat sehingga bs mengharumkan bansa dan negara.

41. lontong - Maret 1, 2009

sebenarnya ada kurnia sandi jg yang pernah merumput untuk

sampdoria,..

42. defast - Maret 17, 2009

Ada yang tertarik buat klub khusus anak yatim piatu, kita buat tim sepak bola namanya FC Yatim. Hub 94537256
saya mau buat program TV “mencari bibit pemain muda” kerjasama dg TV Banten

43. Muhammad Thasril - April 9, 2009

ada…boleh juga tuh
mang mas defast daerahnya dimana???
kita coba yu ^.^

bisa ke email saya ya thasril_acil@yahoo.com

44. ogie - Mei 5, 2009

gk bkln maju sepak bola indonesia
selama 3pemain indonesia di eropa

45. Ihsaan Manusia Gokil - Mei 15, 2009

@lontong
btul bgt lu bro.
kurnia sandy prnah ngerumput di “IL SAMP”..

mnurut kbar burung yg prnah gw baca di blog sbelah, dia pernah pingsan atau patah tangannya karna prnah menepis tendangan bebas super geledeknya sinisa mihajlovic!!!

karna itulah dia trauma dan hanya bermain di IL SAMP semusim aj..
tp untung msih mihajlovic yg nendang…
klo roberto carlos yg nendang…
mw jd ap si sandy……

46. jok - Mei 19, 2009

sabar aja man, pasti kesampean kok.ntar gue yang jadi pemain indonesia di MU

akbar - November 4, 2009

bener to pokoknya man united is the best dech…………..

47. jay - Juli 10, 2009

semangat indonesia..lawan mu dlu baru ….kliatan ..bagus gaknya..

48. ---rizki--- - Agustus 26, 2009

sial MU kagak jde k indonesia padahal gw mo liat MU tanding ma INDO

---rizki--- - Agustus 26, 2009

bego loe jelas” indonesia klah

49. sihombing - September 8, 2009

yang indonesia harus lebih sering lagi mencari bibit baru di tanah papua karena disanalah akan ditemukan pemain hebat yang lebih banyak lagi macam boaz salosa.

50. sihombing - September 8, 2009

49. sihombing – September 8, 2009

yang indonesia harus lakukan lebih sering lagi mencari bibit baru di tanah papua karena disanalah akan ditemukan pemain hebat yang lebih banyak lagi macam boaz salosa.
Balas

ralat6

51. dyahlukitaanjari - Oktober 3, 2009

hiyaaaa,,,ternyata blog nya si om irvan,,,
gw nulis skripsi tentang pemain sepak bola…
ga nyangka lu pinter nulis ginih,,,tulisin skripsi gw dong van,,,wheehehhehe!!!

52. ronaldo - Oktober 3, 2009

indonesia kalau mau maju
pelatih timnas sir alex ferguson br menag terus
kalau pemain nya biar bola indonesia enak di tonton harus ada pemain bintang
seperti : c.ronaldo
kaka
benzema
ronny
berbatov
owen
giggs
ibra
messi
ronaldinho
beckam
ampard
lampard
gerard
torres
totti
lennon
r.keane
arshavin

akbar - November 4, 2009

loe suka emyu juga ya

53. WEKA - Oktober 4, 2009

TIMNAS INDONESIA harus pantang menyerah seperti pejuang bangsa INDONESIA yang rela mengorbankan dirix untuk kemerdekaan AMIIIINNNN……

isyraqi - Oktober 29, 2009

pasti tm nas indonesia akan terus berjuang dan menang

karimun group - Februari 18, 2010

mujizat itu nyata>>>>> nikita

54. shalimow - November 28, 2009

salam kenal
thanks info sejarahnya ya bos
semoga ……………………..

55. Dewi - Desember 10, 2009

mN sejARAhx ???
koQ isix cumaN khAyaLan kMU doaNK….
JudLx gAK seSuai iSix…
prH….

karimun group - Februari 18, 2010

bukan parah bung kalo sok2 paten km yg maen??? komentarnya.>>>> mendukung kek . gk usa tinggal d indonesia lg laaaa.

56. karimun group - Februari 18, 2010

mana bisa kalo emosihan tross pukul trus bungggggggggg???
bg pemaiin asl indonsia yg pendek2 gk usa d kasi main?
malu ama negara2 yg lain khusus nya bp. jadikn aja dy pelatih yg sok2 ngatur. jd im sorry indonesia no cannn??? salam peace……..

57. revi julio - Februari 24, 2010

banggalah kita sebagai bangsa indonesia, walupun prestasi sepak bola kita belon mpe tingkat dunia,

58. congki - Mei 15, 2010

janganMenYeraH InD0neSia,,!!!! “manjada wa jada”=cpa yg bErusAhA pastI kan HasIl… ? prCya DecH!!! TTp seManGat !!! OkeYYY<<<?

59. zonawanotz - Mei 19, 2010

panjang bgt,,cuape baca neeee . . ….

60. ridooboii - Juli 26, 2010

bener bro gue setuju banget sama lo.
keep posting😀

61. Smile _ Happy - November 21, 2010
62. bagoes - Januari 1, 2011

indonesi harus bisa masuk piala dunia.,.,.,.,.,!!!!!

63. iga - Maret 26, 2011

melihat sepak bola indonesia yang sekarang aku yakin kalau tim garuda indonesia pasti bisa masuk ke piala dunia……………!!!!!!!

64. jeje - April 13, 2011

ente bilang sejarah sepak bola indonesia yang benar???
ko isinya mimpi ente semua??
setahu ane si Kurus pulang keindonesia karena kecewa karena merasa ditipu..ne bukan ane asal ngomong..
si kurus sendiri yang bilang

65. nurul - Mei 16, 2011

nurul la nita mei,16 ,2011
knpa nsib spak bla thun di tlantarkan ma pssi mulai dr pmain smpai dngan sporter klub

66. diky - Mei 14, 2012

ijin copas?

67. IRS Lawyer - Mei 22, 2012

The other possibility I was thinking of was you could as Green Card Holder but not a citizen make a treaty election on form 8854(I think its option 5-3) as the date of the start Canadian tax residency. In this case you wouldn’t have overlap between US and Canadian Source Income and returns. My sense you though need an I-407 to avoid having to file an FBAR(again you could stay under 10,000 until the I-407).


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: