jump to navigation

Kemampuan “Googling” Februari 28, 2008

Posted by irvan132 in Teknologi.
Tags: , ,
trackback

Google sudah menjadi kebutuhan “wajib” jika kita sedang berselancar di dunia maya. Saya yakin bahwa search engine satu ini merupakan salah satu tujuan utama jika kita sedang ingin mencari sesuatu di internet. Bahkan, jika tanpa Google, sepertinya ada sesuatu yang hilang ketika kita sedang berinternet.๐Ÿ˜›

Yang akan saya sampaikan di sini adalah pentingnya kemampuan googling itu sendiri. Kemampuan googling bisa memberikan suatu hasil yang berbeda ketika 2 orang sedang melakukan pencarian terhadap suatu topik yang sama di dalam waktu melakukan browsing yang sama pula. Orang dengan kemampuan googling tinggi dapat secara presisi (akurat) atau setidaknya mendekati objek yang dimaksud jika dibandingkan dengan orang dengan kemampuan googling biasa-biasa saja.

Memang, kemampuan googling belum bisa diukur secara kuantitatif. Belum ada pendekatan pengukuran yang cocok. Akan tetapi, secara kualitatif, kemampuan googling akan terlihat jelas. Sebagai contoh, orang yang berpengalaman dalam googling bisa dengan cepat menemukan sesuatu yang sudah lama dicari oleh orang yang kemampuang googling-nya biasa saja. Itu contoh kecil saja. Sebenarnya masih banyak yang lain contoh yang membuktikan bahwa kemampuan googling itu penting.

Hal yang sering membuat saya sedikit “kesal” ketika seseorang menanyakan pertanyaan yang sangat umum sekali sebelum dia mencari di Google. Jika satu atau dua kali bertanya, masih enak dijawab. Akan tetapi, jika sudah puluhan kali ditanyakan tanpa googling terlebih dahulu, tentu saja itu membuat jengkel. Pertanyaan yang seharusnya “mampu” dijawab oleh Google, ditanyakan kembali secara berulang-ulang. Repot juga. Karena tidak mau mengambil pusing, saya katakan saja kepada penanya apakah jawabannya sudah dicari di Google.๐Ÿ˜ฆ

Maksud saya dari tulisan ini adalah bahwa kemampuan googling itu penting. Kita tidak perlu berdebat lagi bahwa “semua” itu ada di internet. Yang perlu kita lakukan adalah mencarinya sampai dapat. Nah, kemampuan mencari ini berkaitan sekali dengan kemampuan googling itu sendiri. Dengan kata lain, kemampuan googling sangat menentukan. Tidak hanya koneksi internet yang kencang, tetapi juga kemampuan googling anda harus maksimal agar pencarian anda berhasil.๐Ÿ˜€

Salam,

-IT-

Komentar»

1. bootleg - Februari 28, 2008

pertamax ^^

at least, harus bisa pake keyword2 dasar laaa..
semisal ” maupun filetype: maupun site:

baru bisa dikit2 advanced-googling saat masih ngeleech lagu di Moeltiply yang sekarang jadi tahvava itu..

sekian dan terima kasih ^^

2. fauzan - Februari 28, 2008

Bahkan, jika tanpa Google, sepertinya ada sesuatu yang hilang ketika kita sedang berinternet.

Pendapat saya sih, bukan hanya di dunia maya, tapi sudah mulai merambah kehidupan nyata. Seperti menghasilkan kata-kata baru : No Google No life.

Pengalaman kemarin, ada temen curhat, bagaimana memutuskan pacarnya. Saya jawab enteng : “Cari aja di google.”

Lucu atau enggak, tapi coba cari deh. Pasti ada๐Ÿ˜‰

3. snydez - Februari 28, 2008

“apa sih yang gak bisa dicari google?”
;P
hehe

4. irvan132 - Februari 28, 2008

@ bootleg
terima kasih tipsnya om supermods yang ganteng. wkakaka

@ fauzan
keren banget jargonnya.๐Ÿ˜€
waduh, masalah cinta2an juga dipengaruhi google ya. hahaha

@ snydez
jawabannya ga ada. semuanya ada di google.๐Ÿ˜›

-IT-

5. bsw - Februari 28, 2008

Herannya masih ada aja yg nggak mau nyari info tambahan di google sebelum bikin tulisan di blog-nya……..
Contoh yg terbaru….. Nike menyerang Islam๐Ÿ™‚

6. Pelaminan Minang - Februari 28, 2008

Bagi bagi tips untuk googling yang baik dong mas๐Ÿ™‚ Plissss

7. deniar - Februari 28, 2008

Malah ada yang bilang kalo gw kehilangan (lupa naruh) kunci motor, “udah dicari di google belum?” wkwkwkkkkk

Btw spesifikasi kemampuan googling itu seperti apa? referensi?

8. irvan132 - Februari 28, 2008

@ bsw
wah, serem banger Nike sampe serang-serangan segala.๐Ÿ˜€

@ pelaminan
waduh, saya juga ga tau. yang penting pinter2 milih aja, sama kayak kalo beli baju. hehehe

@ deniar
hahaha. duh, ga tau saya. rahasia perusahaan kayaknya. itu.๐Ÿ˜›

-IT-

9. Raptor - Februari 28, 2008

Wah…wah…wah…kalo begini caranya sampeyan bisa jadi kagak punya temen ngobrol nih? masak segala-sesuatunya harus mengandalkan Google! kapan jago kita…kadang kita butuh pendapat seseorang sehingga kita bisa berdebat sedikit tg masalah yg ditanyakan…dengan memberitahu orang secara langsung otomatis dipikiran kita akan terulang lagi, dn hikmahnya juga akan ada buat kita…jangan gampang marah dong mas! Kita jadi manusia harus sabar toh…dulu saya sering seperti itu, kalo ditanya malas banget jawab…saya suruh aja googling. Tapi ternyata itu SALAH BESAR…setelah itu saya perbaiki diri, saya layani setiap orang yg ingin bertanya dg baik. Hikmahnya: sy jadi banyak teman, dikenal baik dan sabar, rejeki pun datang juga seiring keiklasan saya. Temen saya tersebut(bukan hanya dia) kadang traktir saya, ada yg ajak saya nonton, ada yg kasi oleh2, malah ada yg nawarin kerjaan(proyek). Yah begitulah jika kita sabar dan iklas…semoga MAS yg satu ini tambah sabar dan murah hati…ilmunya dibagi2 biar tambah terus…Amien

10. Raptor - Februari 28, 2008

Jangan kesal lagi ya mas kalo ada yg nanya lagi dan lagi dan lagi…sama Mas…Mungkin dia percaya ama Mas

11. Raptor - Februari 28, 2008

Awas gak di Approve ya …๐Ÿ˜‰

12. Raptor - Februari 28, 2008

Kelihatan nih dari wajahnya…orangnya agak sinis ho ho ho! no no no…๐Ÿ˜›

13. scooterboyz - Maret 1, 2008

Hasil obrolan kita di ngopdul ini..๐Ÿ˜€

Raptor kurang cerdas..Pernah make gugel ga sih mas?Tolong anda bedakan apa yang bisa anda cari di gugel dan yang bisa anda tanyakan ke orang..Selain itu,dengan gugling,kita bisa ketemu sama banyak orang yang sudah jelas ahli dalam satu bidang, bisa via YM ato gimana..Anda ini terlalu kolot mengartikan arti “temen ngobrol” atau “silaturahmi”. Saat ini, silaturahmi ato mencari temen ngobrol itu tidak harus dengan ketemu langsung atau gimana. Saya sering sekali mendapat proyek tanpa harus bertemu langsung dengan orang yang memberi proyek itu.

Lihat dunia dong,raptor!Sudah ga jaman lagi,kalo butuh sesuatu,harus face2face langsung dengan ahlinya,cukup via internet saja bisa..Anda bakal sangat katro dengan pandangan seperti itu..

Anda tidak pernah ketemu bob secara langsung ya?Kalo anda tahu,IT ini selalu dipandang terhormat oleh semua orang yang mengenal dia. Anda berani2nya ngomong sinis..Gimana anda bisa mengaku punya banyak temen kalo bisanya cuman menjudge seenaknya?Tolol juga..

Saya yakin,lebih banyak orang yang menghormati seorang irvan tambunan yang tampak sinis,tapi jujur dan berani daripada seorang raptor yang beraninya pasnag foto anak bayi untuk mengkamuflasekan mukanya yang culun,yang bisanya cuman nulis hack friendster..Katro..

Maaf kalo tersinggung..Saya tersinggung dengan kata2 anda yang menghina mas irvan.

-MIT- (Murid Irvan Tambunan)๐Ÿ˜€

14. scooterboyz - Maret 1, 2008

ternyata raptor anak Tekom juga..

Ckckckckckck..Metlametlah kk..Bisa2nya anda nulis seperti itu..

15. Irvan - Maret 1, 2008

@ raptor and scooterboyz
aduh…aduh… kok jadi ribet gini ya? lha wong gw cuma ngomongin googling kok. hehe.
semua pendapat kalian itu benar kok, hanya konteksnya aja yang beda. gw analogikan kayak gini, misal ada kertas berwarna putih. raptor berkata bahwa warna kertas itu bukan merah, dan scooter juga berkata bahwa warna itu bukan kuning. toh, sama2 bener kan? tapi konteksnya berbeda jauh.๐Ÿ˜€
jadi, jangan berdebat lagi ya. kalian tuh teman2 gw semua. kalian punya “kehebatan” masing2 dan itu membuat gw sangat “respect” ama kalian.๐Ÿ˜›
salut!

-IT-

16. Raptor - Maret 1, 2008

haa hhaa haa haaaa…ada yg kebakaran jenggot nih..sorry bro jk sampe membuat anda tersinggung, gak ada maksud gw buat tersinggung sampean. Gw itu temen baik mas Irvan, gak ada maksud gw menghina. Irvan pasti tahu gw bercanda dg komentar terakhir yg bilang dia muka sinis…Gw sekelas ma dia, kuliah selalu bareng…emang Mas Irvan Ganteng mukanya sinis terus kalo di kelas…haa haaa haa..nyantai aja bro…jangan salah paham. Gak ada gunanya. Oya bro…gw ngebahas Hack Friendster di blog gw bukan ngajarin cara hack FS…gw ndiri gak suka hacking2an, bukan bidang Gw(baca lengkap baru kasi komen di blog Gw…he he). Kedewasaan seseorang dilihat dari bagaimana dia menyikapi suatu permasalahan…Dg komentar sampean ini Gw bisa instropeksi diri, Gw juga baru di dunia IT masih harus banyak belajar(btw, thanks buat Mas Scooterboyz atas kritiknya…sangat membangun…salam kenal dari Saya). Btw juga…foto avatar itu anak saya…salam kenal dari Anak saya…Oya saya gak tersinggung sedikitpun dg komentar Mas Scoo..malah saya bisa seneng mambacanya…ternyata masih ada yg peduli sama saya dan terutama sama Mas Irvan…hehe Great Iv…๐Ÿ˜‰ Sekian. Akhir kata tidak lupa saya ucapkan maaf buat Mas Scooterboyz atas ketidakberkenanan Komentar saya. Buat Mas Irvan ..he hee…Ndak ada maksud Gw menghina…. you knew that! Peace bro…Keep blogging to all of u…thanks
Salam,
Raptor

17. scooterboyz - Maret 2, 2008

Salam kenal buat raptor..

Salam kenal juga buat anaknya..

Salam kenal dari adik bayi saya..(Belum punya anak)

*piss ah..

18. scooterboyz - Maret 2, 2008

Oiya,saya ga kebakaran jenggot,soalnya baru kemarin cukur rambut ama jenggot..๐Ÿ˜€

Kalo ga percaya,tanya aja si bob..๐Ÿ˜€

19. Luthfi - Maret 2, 2008

ada temen malah balik nanya ke gw pas gw suruh gugling:”gugling apaan sih”.
terang aja aku langsung jatuh dari kursi๐Ÿ˜›

20. ardianto yang baik hati - Maret 2, 2008

Tapi kalau bertanyanya “Cara cari duit”
hasilnya penuh dengan hasil SEO para adsenser mas…
Hahaha…

21. damarberlari - Maret 2, 2008

mau ikutan The Church of Google sekalian bob?
haha…hati-hati bob..

22. Sir Spitod - Maret 2, 2008

Hmm.. berarti fitur “advanced” dengan syntax di google masih sulit digunakan kebanyakan orang..

23. .the.dealesta.blog. » Blog Archive » Bertanya kepada mbah Google... - Maret 26, 2008

[…] menemukan apa yang dicarinya dengan menggunakan Google, tentang kemampuan ini pernah dibahas oleh Irvan Tambunan di […]

24. goang - Mei 8, 2008

bos aku nggak ngerti tolong kasih contoh
gini aja
klo saya pengen nyari ebook atau article ttg vocabulary berformat rar, zip, pdf atau doc, gmana nulisnya?

25. Adres.W - Juli 14, 2009

google emang engine pencari yang bisa di andalkan…..!!!
tapi semuanya bisa di cari d sana sampai cari duit aj bisa…. :))

26. PiChang - Agustus 23, 2009

Hihihihi…lucu…wong mbahas googling malah mpe mana2…tapi Q setuju neh ma mas irvan….. Raptor juga hehehehe

27. novembriani chairunisa - April 9, 2011

gimana?

28. tri suseno - Agustus 4, 2012

gmn cara ngembaliin settingan awal ps2 hard disk soalnya pas maen saya salah masuk k pngaturan dan mengubahnya


Tinggalkan Balasan

