jump to navigation

Telepon Murah Di Atas Kaki Sendiri Maret 12, 2008

Posted by irvan132 in Teknologi.
Tags: ,
trackback

=====================================================================

Judul: VoIP: Cikal Bakal Telkom Rakyat (Panduan Lengkap Setting VoIP)

Pengarang: Onno W. Purbo

Penerbit: Infokomputer (PT Prima Infosarana Media) Kelompok Gramedia, Jakarta 2007

Tebal: XII + 268 halaman

Terbit: Januari 2007

=====================================================================

VoIP sebagai suatu sistem telekomunikasi yang murah dan berdampak besar terhadap masyarakat menjadi topik utama buku ini. VoIP, menurut Onno W. Purbo merupakan sebuah solusi untuk telekomunikasi murah untuk rakyat agar tidak lagi terbebani dengan tarif telepon yang mahal sekarang ini. Beliau melihat bahwa Indonesia sudah mampu berdiri di atas kaki sendiri di dalam hal telekomunikasi tanpa perlu bergantung penuh terhadap operator.

Tujuan penulisan buku ini sendiri sederhana, yaitu memberikan bekal kepada pembaca agar dapat membuat sendiri jaringan “Telkom rakyat”. Sesuai tujuannya itu, maka di dalam buku ini berisi tentang teknik-teknik dan tutorial untuk membuat jaringan telekomunikasi murah tersebut. Teknik-teknik apa saja yang digunakan dibahas secara mendalam agar pembaca langsung dapat menerapkannya sembari membaca buku. Tutorial didukung dengan link-link penting di internet untuk mendukung isi buku agar pembaca lebih jelas.

Tidak hanya masalah teknis saja yang dibahas, masalah non teknis juga dibahas. Isu-isu penting seperti regulasi dan peraturan yang menjadi perdebatan mengenai keberadaan VoIP selama ini dikupas tuntas di dalam buku ini. Selama ini, rakyat dibuat bingung dengan adanya layanan ini. Tidak sedikit yang bertanya-tanya apakah layanan VoIP legal di Indonesia. Apalagi setelah ada kasus penangkapan salah seorang lulusan ITB yang membisniskan VoIP. Kasus ini sempat menjadi pemberitaan hangat di media massa. Seolah-olah orang yang berbisnis di bidang VoIP merupakan penjahat yang harus ditangkap karena menjalankan bisnis yang ilegal. Di dalam buku ini, Onno memaparkan secara detil layanan VoIP seperti apa yang dianggap legal dan tidak perlu meminta izin pemerintah ketika seseorang ingin mengembangkan layanan ini.

Software yang digunakan di dalam buku ini bersifat open source dan free. Salah satu software yang digunakan adalah Asterisk. Asterisk merupakan salah satu software IP PBX jenis SIP Proxy terbaik di internet. Fitur yang ada di Asterisk sangat banyak sehingga memungkinkan pembaca mendirikan jaringan “Telkom” sendiri. Hal ini sangat membantu banyak operator telekomunikasi di perkantoran untuk memilih Asterisk sebagai IP PBX.

Sebelum melakukan instalasi perangkat untuk membangun suatu jaringan, diperlukan perencanaan untuk menentukan layanan VoIP seperti apa yang akan dibuat. Perencanaan yang harus dilakukan meliputi kebutuhan perangkat keras, banyaknya jumlah panggilan yang mampu dilayani oleh server, harga perangkat keras, dan kebutuhan bandwidth VoIP. Karena dibangun untuk kepentingan rakyat, seharusnya pembuatan jaringan ini menelan biaya yang murah. Objek di sini jelas, yaitu rakyat. Tidak ada gunanya membangun sebuah layanan mahal, sedangkan rakyat membutuhkan solusi untuk berkomunikasi dengan murah.

Buku ini juga menjelaskan beberapa pilihan di dalam suatu layanan VoIP. Jenis layanan VoIP ada 2 macam, yaitu menggunakan perangkat lunak (softphone) atau menggunakan perangkat keras (IP phone). Kedua jenis layanan memiliki spesifikasi yang berbeda untuk diterapkan di dalam jaringan. Untuk layanan softphone, biasanya lebih banyak menggunakan komputer sebagai media komunikasi. Sedangkan layanan IP phone, menggunakan jenis telepon analog untuk berkomunikasi. Secara fungsi kedua layanan ini sama, yang membedakan hanya teknik-teknik mengoperasikannya.

Salah satu kelebihan buku ini adalah gambar-gambar yang digunakan sebagai panduan, semuanya berwarna. Tentu saja, hal ini sangat membantu memperjelas tutorial yang diberikan dan memberikan kesan menarik kepada pembaca. Gambar-gambar disajikan secara berurutan sesuai dengan langkah-langkah tutorial yang diberikan. Dengan demikian, jika ada masalah di dalam penerapan isi buku, pembaca dapat dengan mudah menyelesaikan masalah karena hal itu tidak sesuai dengan gambar di buku.

Buku ini sebagian besar berisi tentang teknik-teknik dan tutorial membangun jaringan VoIP di sistem operasi Linux. Akan tetapi, untuk pengguna sistem operasi Windows tidak perlu khawatir karena di dalamnya juga tersedia bagaimana cara membangun jaringan VoIP di sistem operasi itu. Orang yang melakukan porting Asterisk 1.0.10 dari Linux ke Windows adalah Patrick Deruel (patapata@asteriskwin32.com). Dengan demikian, hal ini memungkinkan pengguna Windows untuk menjalankan Asterisk. Software porting itu bernama Asteriskwin32. Yang perlu dicatat dan dipahami bahwa Asteriskwin32 berbasis kepada Asterisk 1.0.10. Jadi, terdapat banyak hal yang berbeda jauh dengan Asterisk versi terbaru.

Bagian terakhir buku yang sangat menarik adalah konsep Electronic Numbering (ENUM). ENUM merupakan salah satu bagian dari Next Generation Network (NGN). ENUM adalah sebuah mekanisme pemetaan nomor telepon Telkom yang kita kenal agar dapat dikenali di dunia VoIP menggunakan nomor telepon VoIP. Prinsip kerja ENUM mirip dengan konsep Domain Name System (DNS) karena ENUM menggantungkan dirinya kepada DNS. Yang perlu dimengerti bahwa server ENUM berbeda dengan server SIP yang digunakan, walaupun dapat disatukan. Untuk masa depan, ENUM dapat memetakan nomor telepon Telkom ke alamat IP.

Buku ini sangat cocok untuk siapa saja yang ingin mempelajari apa itu layanan VoIP. Untuk para praktisi teknologi informasi, buku ini dapat dijadikan pedoman untuk membangun suatu jaringan VoIP yang murah. Bahasanya jelas dan mudah dimengerti. Ditambah lagi dengan gambar-gambar yang menarik. Tidak lupa pula bahwa di dalam buku terdapat CD yang berisi kumpulan software yang digunakan. Buku ini juga perlu dimiliki oleh mahasiswa tingkat akhir yang mengambil topik tugas akhir tentang VoIP.

Salam,

-IT-

Disclaimer: Ini merupakan salah satu tugas kuliah saya tentang bagaimana teknik meresensi buku. Masih banyak kekurangan di dalamnya dan perlu belajar banyak agar hasil resensinya lebih baik.😀

Komentar»

1. yuni - Maret 12, 2008

udah bagus ko resensi nya, sering2 aja nanti lebih terbiasa🙂

2. Irvan - Maret 12, 2008

hehe, bener2. emang harus sering2 biar makin jago nulisnya.😀
*baca buku lagi ah.

-IT-

3. rumahkayubekas - Maret 13, 2008

Trims atas resensinya.
Ya deh, ta’ cari nanti ah,

4. indra1082 - Maret 13, 2008

kapan2 nyoba ah…

5. Voip - Maret 23, 2008

Pakai voipstunt dan lowartevoip.com untuk voip lebih murah daripada skype dan fiturnya lebih banyak , kalau ingin beli pulsa atau creditnya silakan kunjungi tokohemat.com untuk keterangan lebih lanjut terimakasih.

6. ksatria11 - April 14, 2008

van gua pake voip koq… ada yang pake skype juga.. YM juga ada or ring2phone.
maklum rindu keluarga di tanah air..

dk

7. saijo - Desember 22, 2008

Coba liat deh di http://www.heavencall.com. Ada banyak pilihan Calling Card VOIP MURAH.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: