jump to navigation

Rumah di Dunia Maya Maret 26, 2008

Posted by irvan132 in Keluh Kesah.
Tags: ,
trackback

Saya sering sekali mendengar pertanyaan seperti di bawah ini:

  • Kamu punya Friendster (FS)?
  • Alamat blog kamu apa?
  • Sudah join sama Facebook?
  • Aktif di forum apa saja kalau sedang online?

Kemungkinan besar, anda juga sudah pernah mendengar pertanyaan-pertanyaan seperti itu. Atau malahan anda sering dilontari pertanyaan semacam itu. Wajar saja, sekarang ini, rata-rata orang sudah familiar dengan layanan-layanan online tersebut. Orang beramai-ramai bergabung dan berinteraksi satu sama lain di dalamnya.

Tidak berlebihan kalau saya sebut layanan-layanan di atas merupakan rumah kita di dunia maya. Dahulu, rumah jenis ini hanya terbatas pada email dan website pribadi. Seseorang dikatakan sudah “melek” internet jika dia sudah fasih di dalam berkirim email. Seiring perkembangan teknologi, rumah di dunia maya sudah lebih bervariasi. Layanan blog dan social networking (jejaring sosial) sudah memenuhi konten-konten di internet.

Tidak hanya jenis rumah di dunia yang berkembang, fungsi rumah itu pun mengalami pergeseran. Kalau layanan email, berfungsi sebagai identitas diri ketika sedang berkomunikasi di internet. Kalau blog dan jejaring sosial, lebih bertujuan sebagai ajang aktualisasi diri. Memiliki identitas saja tidak cukup, perlu ada ajang aktualisasi diri yang menyatakan bahwa anda itu benar-benar ada. You really exist. Hal ini lumrah, karena itu merupakan bagian dari fitrah manusia yang membutuhkan manusia lain (makhluk sosial).

Oleh sebab itu, memiliki rumah di dunia maya sudah menjadi keharusan. Setidaknya, dunia maya bisa dijadikan komplemen/pelengkap dunia nyata bahwa anda itu benar-benar ada ketika kita tidak bisa berkomunikasi secara verbal karena keterbatasan antara ruang dan waktu. Tidak ada kata terlambat untuk memulai membuat rumah di internet sekarang. Mulai saja dulu dari yang sederhana, seperti 5 W (what, who, where, when, why) + 1 H (how) tentang diri anda. Setelah semua fondasi terbangun dengan kokoh, bangunlah rumah anda itu dengan kreatifitas dan cita rasa anda masing-masing.😀

Salam,

-IT-

Komentar»

1. chatoer - Maret 26, 2008

Pertamax bersubsidi

ceting, fs, blog.. udah enggak bs dipisahkan dari kehidupan manusia modern jaman sekarang, kebanyang entar anak cucu kita udah bisa apa aja yah

*mikir dengan muka serius

2. uwiuw - Maret 26, 2008

sy suka nih…ini kenyataan sehari2 yg dihadapi mereka yg biasa menghabiskan setengah harinya online…ditanya mana friendstermu seperti ditanya dimana alamat rumahmu…ditanya mana emailmu seperti ditanya mana KTPmu…dan bila ditanya kamu pake OS mana seperti ditanya —becanda — apa agamamu ?

3. hevi.fauzan - Maret 27, 2008

dia : rumahmu di mana ?
aku : rumahku di cihampelas.
dia : sebelah mana ciwalk?
aku : hmm…..
dia : cihampelasnya d mana?
aku : cihampelas[dot]com. *kabuuurrr

4. ayahshiva - Maret 27, 2008

kalo saat ini cuma aktif nge-blog, gak ikutan forum apalagi yang namanya FS hii

5. Irvan - Maret 27, 2008

@ chatoer
betul. kalo anak cucu kita saya prediksi bakal demam gadget. hehe, sudah pernah pake gadget ini belom? kira2 seperti itulah pertanyaan di masa depan. hihihi

@ uwiuw
hehe, udah males sekarang debat2 gitu. karena semua emang ada kekurangan dan kelebihan masing2.😀

@ hevi
wkakaka, promosi blog niye.😛

@ ayahshiva
sip2, ngeblog. tapi, emang milis ama forum, bahkan FS juga perlu lho. hihihi
*ngaciiiieerrr

-IT-

6. reditya - Maret 27, 2008

di rumah nyata, ada hierarki semacam RT, RW, desa, kelurahan, kecamatan, kabupaten, propinsi, negara, dsb..

kalo di rumah maya ada nggak bob? hehehe…

7. yuni - Maret 28, 2008

yap betul bahkan sudah terlalu banyak rumah saya didunia maya yang akhirnya lupa RT (username) dan RW (Password) nya😀

8. irvan132 - Maret 28, 2008

@ reditya
bener emang. justru di situ enaknya punya rumah di dunia maya, belom ada yang namanya BIROKRASI. hehehe.

@ yuni
wah, harus dijaga baek2 itu rumahnya.😛

-IT-

9. ridwan - Maret 28, 2008

“”Mulai saja dulu dari yang sederhana, seperti 5 W (what, who, where, when, why) + 1 H (how) tentang diri anda. “”

Ini lanjutan kuliah jurnalisme sains dan teknologi ?:mrgreen:

Kalo gw lbh pengen punya rumah di surga, bos. Amiin.

10. nora - Mei 3, 2008

Ya… aku kepingin juga rumah di syurga

11. Agnes - Mei 26, 2008

Lucuuuuuuu……………..!

12. Sulis - Desember 3, 2009

Salam kenal. 26 Maret hari kelahiran saya. Sayang wkt Anda tulis artikel tsb. Sy blm punya rumah, msh gaptek.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: