jump to navigation

Prinsip Bahagia Mei 24, 2008

Posted by irvan132 in Kehidupan.
Tags: ,
trackback

Tadi malam, harga BBM resmi mulai naik. Terhitung sejak tanggal 24 Mei 2008 pukul 00.00 WIB, harga baru mulai diberlakukan. Harga premium menjadi 6.000 rupiah, solar menjadi 5.500 rupiah, dan minyak tanah (kerosin) menjadi 2.500 rupiah. Di samping itu, hari ini dana Bantuan Tunai Langsung (BLT) juga turun. Belum di semua kota memang, hanya 10 kota . Kota lain akan menyusul kemudian. Jumlah dana BLT yang diberikan kepada masyarakat miskin adalah 300 ribu rupiah untuk 3 bulan ke depan. Sisa 4 bulan selanjutnya, akan mulai diberikan pada Bulan September nanti sebesar 400 ribu rupiah.

Yang saya heran adalah tanggapan masyarakat tentang dana BLT ini. Masih banyak yang mengatakan bahwa dana BLT itu sia-sia saja. Bukan solusi yang “tepat” untuk menghadapi kenaikan harga BBM sekarang. Saya hanya tersenyum saja. Menurut saya, dana BLT memang bukan jawaban atas kenaikan harga BBM sekarang. Dana BLT “hanya” solusi sementara saja. Itu sudah jelas. Jadi, untuk anda yang masih mengatakan bahwa dana BLT bukan jawaban, berhentilah mengatakan hal itu. BLT memang solusi jangka pendek. Dan, tolong ini dipahami. Jangan mengulang-ulang lagi bahwa BLT bukan jawaban.😀

Terlepas dari itu semua, saya ingin menyampaikan salah satu prinsip hidup saya. Namanya prinsip bahagia. Sebenarnya, ilmunya sama dengan prinsip ekonomi, tetapi bukan keuntungan objeknya melainkan kebahagiaan.

Inti prinsip bahagia adalah bahwa kebahagian anda tidak didasarkan pada berapa banyak uang anda, tetapi berapa banyak manfaat yang dapat diambil dari uang anda untuk membahagiakan anda.

Sangat sederhana memang, tetapi cukup ampuh untuk saya. Dengan begitu, seberapa pun uang saya, saya bisa memanfaatkannya untuk kebahagiaan saya. Di situ intinya, kita akan mampu mendapatkan kebahagiaan dengan uang berapa pun.

Hubungannya antara prinsip bahagia dengan dana BLT adalah ketika prinsip bahagia tidak membuat para penerima dana BLT merasa kurang atas dana yang diterimanya. Artinya, dengan dana berapa pun, para penerima mampu merasakan kebahagiaan mereka di tengah naiknya harga-harga. Tidak ada lagi sikap mengeluh. Mengeluh tidak akan akan menghasilkan apa-apa, kecuali keluhan itu sendiri. Dan, keluhan tidak akan mengubah apa-apa. Harapan saya, dengan adanya dana BLT dan pengetahuan tentang prinsip bahagia, mereka bisa survive. Jangan dulu berpikir solusi, cukuplah mampu bertahan dengan kenaikan harga-harga. Itu juga tindakan yang bijaksana menurut saya.

Semoga mereka mampu survive dan mendapatkan kebahagiaan mereka dengan dana yang seadanya itu.

Salam,

-IT-

Komentar»

1. edy - Mei 24, 2008

mudah-mudahan dana BLT bisa tersalurkan dng baik

2. bagus - Mei 24, 2008

kalo saya sih senyum2 aja🙂 kalo harga BBM naek ya artinya harus irit..mengingatkan diri bahwa orang2 yang secara ekonomi di bawah saya juga bisa hidup dengan penghasilan yang mungkin menurut saya imposible untuk menghidupi selama sebulan..kalau mereka bisa artinya saya harusnya juga bisa😀

3. scooterboyz - Mei 24, 2008

Sante aja lagi..

Ingat prinsip daasar kita :
Semua senang?

4. deniar - Mei 24, 2008

Sip2…

5. bayuhebat - Mei 25, 2008

Balik lagi ke diri masing – masing. mau dibantu syukur gak juga gak papa😀

6. rifer - Mei 25, 2008

BLT bukan jawaban
*ditimpuk*😀
hehehehe….. benar bos, makan ga makan asal kumpul, yg penting hepi. kayak lagu si SLENG itu

7. creativesimo - Mei 25, 2008

BLT memang bukan jawaban, tapi penghamburan dan bikin masalah baru dan peninaboboan dan pengalihisuan!🙂

8. [(hp)] - Mei 26, 2008

ikutn nimbrung y…

stuju ni ama creativesmo…

kykny pembagian BLT itu “solusi yang lebih bnyk mudhrat ny”

ok, mngkn ini lebi krn mekanisme yg acak2n
tp sy kok ngerasa klo lngkh ini diambil biar “t’kesan ada tindkn”…

sori klo nyampah…

9. natazya - Mei 26, 2008

prinsip bahagia…

ya ya

tapi ga gampang…

apalagi kalo terbiasa mengeluh dengan bilang “mau gimana lagi orang sekarang semuanya ujung ujungnya DUIT!” plus misah misuh dan caci maki…

haha

10. irvan132 - Mei 26, 2008

@ edy
amin om.😀

@ bagus
hemat dan optimis. kombinasi bagus.

@ scooter
senang dong. btw, jangan lupa ya.😛

@ deniar
oke deh.

@ bayu
sudah bagus, ada bantuan.

@ rifer
kalo sekarang “kumpul ga kumpul ya harus makan”. haha

@ creativesimo
itu yang salah. semestinya katakan saja kejujuran, walaupun itu pahit.🙂

@ hp
justru kalo menurut saya “baru” itu yang bisa dilakukan pemerintah sekarang. harus dihargai, walaupun belom ada cara lain.

@ natazya
ga gampang emang, tapi ga juga sulit kok. mestinya mindset bahwa “UUD” itu harus dihilangkan. misah misuh cuma membuat kita jadi manusia yang tidak pandai bersyukur.
buang semua itu jauh-jauh.🙂

-IT-

11. Audi - Juli 3, 2008

Yup, saya sependapat dengan anda.

Yang ribut-ribut saat ini kan emang yang mo numpang beken buat pemilu 2009.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: