jump to navigation

Gerakan Anti Anarki Mei 29, 2008

Posted by irvan132 in Kehidupan.
Tags:
trackback

Sudah banyak rangkaian kata-kata yang ditulis media untuk mendeskripsikan aksi mereka. Bahkan, sudah ratusan halaman yang memberitakan tindakan mereka. Tidak jarang pula, mereka semua terekam jelas di layar kamera. Mereka berorasi, bernyanyi, dan berasumsi bahwa semua tindakan yang sudah diambil itu salah. Tidak sampai di situ saja, mereka juga akan melakukan aksi-aksi yang tidak perlu, bahkan cenderung anarki, agar mereka bisa didengar.

Entah apa yang dicari? Bahkan terasa lebih miris bila bertanya untuk apa sebenarnya semua itu? Jangan terlalu berharap simpati, justru yang ada hanya caci maki. Tindakan-tindakan anarki hanya memperkeruh suasana dan solusi paling tidak mau muncul di tempat yang keruh.

Mereka sebenarnya orang-orang yang intelek. Bagaimana tidak, semua institusi mereka berpredikat baik. Akan tetapi, mengapa tindakannya jauh dari sifat intelek tadi? Intelek yang seperti apa? Jika dilihat lebih jauh, intelek diidentik dengan prestasi, bukan anarki. Anarki hanya milik sapi. Akan tetapi, saya merasa mereka tidak mirip sapi sama sekali.😛

Sudahi saja sikap-sikap anarki selama ini. Itu tidak akan menyelesaikan masalah.

Gerakan Anti Anarki!

Foto: INI (dengan penggubahan seperlunya)

Salam,

-IT-

Komentar»

1. Koen - Mei 30, 2008

Benarkah gerakan anarki diwakili oleh “mereka” ??

2. scooterboyz - Mei 30, 2008

Bahkan polisi yang dianiaya sempat meragukan pelakunya mahasiswa,tapi beberapa waktua kemudian dia yakin akan itu..

Entah emang udah ada kepastian bahwa mahasiswa ataukah polisi itu ditekan oleh atasannya yang berusaha mengambil keuntungan dari kerusuhan ini..

Regards,
Scooterboyz yang rada underestimate sama pulisi akhir2 ini..

3. edy - Mei 30, 2008

mestinya emang dilakukan dng cara yg ‘pintar’

4. chatoer - Mei 30, 2008

hmm, masih jaman ya anarki anarkian

5. 102FM ITB - Mei 30, 2008

Serem…

6. irvan132 - Mei 30, 2008

@ koen
hehe, bukan gitu pak. maksud saya bahwa sikap mereka aja yang anarki, tidak lantas mewakili.

@ scooterboyz
yang demo itu kadang ga jelas, bisa mahasiswa, bisa juga preman pasar.🙂 susah dibedain kalo ga diliat kartu tanda mahasiswanya. aparat juga dilema, di satu sisi membela diri, di sisi lain jeratan HAM. memang pilihan sulit.

@ edy
setuju. saya rasa anarki bukan tindakan yang “pintar”.

@ chatoer
mestinya ga. seperti kalimat2 andalan para pakar yaitu “Masih ada opsi lain.”😛

@ 102fm ITB
sama, ikutan serem.

-IT-

7. ika - Mei 31, 2008

saya sedih banget kalo liat anarki mahasiswa yang ditampilkan pada saat demo

8. baguspewe - Mei 31, 2008

Yang saya sesalkan dari tindak anarki itu merusak fasilitas. Katanya negara kita lagi krisis dana, tapi dengan merusak fasilitas berarti butuh dana tambahan untuk memperbaikinya kan?

9. ulan - Mei 31, 2008

setuju ama anti anarki

10. neucessor - Mei 31, 2008

hahaha…. anarki hanya milik sapi…😀

van, gw pindah blog.. :p

Randy

11. Irvan - Juni 1, 2008

@ ika
kayak bukan mahasiswa aja kalo udah anarki.

@ bagus
itu dia. parah.

@ ulan
dukung ya.

@ neucessor
hehe. btw, mana URL blog barunya?🙂

-IT-

12. Rumpled Gila - Juni 18, 2008

Hwaaaa….
kau tahu apa tentang anarki….
anarki itu memiliki artian yang sangat luas, bahkan setiap orang bebas berpendapat tantang apa itu anarki karena anarki tadak ada sejenis paksaan dan anarki menghargai setiap pendapat orang….

kalu kalian semua ingin mengetahui apa yang anarki inginkan dan apa yang kita cari, semua bisa kalian lihat muntahan dari perut kami yang mual di:
http://anarchoi.gudbug.com/
http://id.wikipedia.org/wiki/Anarkis
dsb;

13. Firmansyah - Juli 2, 2008

Salam,

Sepakat dengan Rumpled Gila (Tapi jujur loh, walau sama si Gila saya tetap sepakat. Karena saya yakin, Rumpled ini tidak sungguh-sungguh gila).

Bung Irvan, tolong anda mengerti dulu apa itu anarki, apa itu anarkhisme, dan apa itu kebebasan dengan berbagai macam latar belakang yang memberinya makna. Saya pikir anda adalah orang terdidik yang mau melakukan kajian lebih jauh tentang itu semua (saya berasumsi dari cara anda memandang ‘rendah’ para demonstran yang notabene berasal dari institusi pendidikan berpredikat baik). Atau minimal anda lakukan kajian mengapa tindakan-tindakan yang oleh ‘batas pengetahuan’ anda disebut ‘anarki’ itu tetap mengabadi sepanjang sejarah peradaban umat manusia. Bahkan, tidak bisa tidak, kita harus membuka mata bahwa justru tindakan-tindakan seperti itu yang senantiasa membawa perubahan-perubahan besar. Menghancurkan-Membangun-Menghancurkan-Membangun-dst. Seperti sebuah proses alamiah saja dalam kehidupan yang terus menerus merangkat maju dalam science.

Jujur saja, saya juga bukan orang yang senang dalam suasana kekacauan dan serba kekerasan. Tapi saya mencoba untuk bersama-sama saling berbagi pengetahuan yang lain untuk membawa diri kita maju ke depan. Peradaban yang baik harus dibangun dengan pendalaman atas ilmu-ilmu yang terhampar secara baik pula. Agar dalam setiap yang terlontar dari mulut kita adalah rahmat untuk semesta alam. Agar kita lebih bijak lagi dalam menghadapi berbagai persoalan.

Saya cukupkan sampai di sini saja. Mohon Bung Irvan baca juga referensi yang sudah disampaikan oleh si Rumpled Gila (dengan catatan jangan apriori dan alergi dulu terhadap sesuatu yang barangkali baru bagi anda). Mohon lebih bijak dalam melemparkan tulisan kepada publik dan hati-hati juga dalam menggunakan kata-kata. Karena kita semua adalah manusia.

14. irvan132 - Juli 2, 2008

@ firmansyah
terima kasih atas masukannya. saya juga lagi baca2 referensi tentang apa itu anarki, anarkisme, chaos, riot, dll. sepengetahuan saya emang media2 internasional sering menggunakan kata2 “chaos” atau “riot” dibandingkan “anarki”. kata2 “anarki” lebih banyak digunakan oleh media lokal.
ini yang harus diluruskan biar tidak bias di dalam pengertian dan pemakaiannya.🙂

-IT-

15. Audi - Juli 3, 2008

Ada warga desa yang bisa memanfaatkan pembangkit listrik dengan menggunakan kincir air, yang bisa digunakan oleh warga sekampung.

Ada tukang bengkel kecil di sukabumi yang menciptakan alat untuk menghemat BBM.

Ada juga barusan gue liat, seorang warga miskin yang menciptakan kompor yang didisain sedemikian rupa sehingga bisa memasak secara efisien dengan bahan bakarnya dari kayu.

Semua itu dilakukan oleh masyarakat yang gue rasa tidak/belum mengenyam pendidikan tetapi bisa memberikan manfaat secara riil kepada orang lain.

Mosok gak malu yah yang [katanya] kaum intelek itu. Bisanya demo, bakar ban bekas, lempar bom molotov, bakar mobil, ngerobohin pagar DPR….

16. neng dedet - Agustus 17, 2008

ya, senada dengan rumpled gila dan firmansyah…

Kita semua tidak menyukai kekerasan, tapi coba dilihat dengan lebih bijak lagi, apa tindak kekerasan yang digembar-gemborkan dan ‘diperkenalkan’ sebagai anarki itu benar2 berbahaya? Maksud saya begini, orang sudah antipati dan menilai buruk sekali tindak kekerasan yg dilakukan para demonstran (saya tidak menggunakan term mahasiswa disini), tapi coba dilihat mengapa tindakan itu dilakukan? apa yang mendasari dan akarnya? Dan juga coba dilihat ‘tindak kekerasan’ yang dilakukan oleh mereka yang mengklaim sebagai para regulator dan wakil rakyat itu, bukankan kekerasan yang mereka lakukan lebih buruk? kekerasan yang mereka lakukan sudah terstruktur dan melembaga. Contohnya pemiskinan, pembodohan, pengabaian, perampasan hak rakyat melalui korupsi, dsb… Bukankah ini bentuk kekerasan? jauh lebih biadab bagi saya daripada sekedar membakar mobil polisi….

Janganlah menjadi korban dari ketidaktahuanmu sendiri
Manusia semakin bijak ketika ia mau melihat & memahami hal yang berada diluarnya tanpa menghakimi terlebih dahulu

17. aw - Oktober 12, 2008

Komunitaas Bendera HITAM………

18. anark - Desember 6, 2008

Anarki adalah bagian dari kehidupan bangsa dan kekerasan cara manusia Indonesia berekspresi. Bentuk paling demokratis dari pengungkapan pendapat adalah anarki. silakan datangi blog saya : anarkindo.blogspot.com

19. chaoser - Januari 27, 2009

anarki punya tujuan sendiri dalam setiap tindakan, yang mereka inginkan adalah perubahan bukan kehancuran, jika tak mengerti anarki semua orang akan berpikir sama dengan anda, terlebih media mengungkapkan tindakan kekersan adalah anarki yang sebenarnya adalah kriminalitas bukan anarkisme……….

20. chaoser - Januari 27, 2009

anarki punya tujuan sendiri dalam setiap tindakan, yang mereka inginkan adalah perubahan bukan kehancuran, jika tak mengerti anarki semua orang akan berpikir sama dengan anda, terlebih media sering mengungkapkan tindakan kekerasan adalah anarkisme.
padahal hal tersebut adalah kriminalitas bukan anarkisme……….

semuaorang - Mei 22, 2009

anarki = kejahatan == penyesatan

21. ve - Mei 16, 2009

sblm berstatment,pahami dlu ttg apa arti sebenarnya dr anarki……..
cita cita dari ideologi anarki adalah,
wujudkan bumi tanpa negara
tanpa tentara
tanpa penindasan umat manusia

kopi pait - Mei 19, 2009

apa ya bisa bumi tanpa negara,… mana ada contoh yang dapat meyakinkan bahwa ada sekumpulan orang yang dapat hidup tanpa ada sebagian yang lain yang mengatur.

22. anarki - Juni 17, 2009

Makanya baca kangan setengah-setengah, baca sepenuhnya blog anarkindo. Anarki merupakan bagian dari kehidupan Bangsa Indonesia. Pemerintahan tidaklah lemah melainkan tak mungkin kuat karena anarki adalah akar dari bangsa kita.

23. Koen - Juni 19, 2009

Di dashboard bloggku, mendadak halaman ini tampak lagi melink ke sana. Padahal entry blog berusia udah setahun🙂.
Memang masyarakat banyak belajar memilih kata2 (dan segala konsekuensi akibat pelabelan itu) kepada media, yang pada gilirannya berisi orang2 biasa yang menulis dengan kemampuan pas-pasan. Kata anarki ini menjadi contoh.
Aku sendiri punya sekian persen pemihakan kepada kaum anarki: mereka yang berpandangan bahwa peran individu yang terdidik baik dan mandiri itu lebih tepat untuk membentuk masyarakat, daripada peran organisasi terpusat (misalnya pemerintah).
Tapi memang kaum anarkis ini serba salah. Mereka tidak bisa menyusun policy, karena policy disusun melalui mekanisme pemerintahan, dan mereka menjauhi itu. Paling yang mereka bisa lakukan adalah mengubah hal di atas policy. Huh, lalu apa? Ideologi? Artinya kan harus ada perubahan besar. Revolusi. Ke arah pengurangan peran.
Tak heran, anarkisme jadi menemui jalan buntu. Tak banyak orang yang mendukung perubahan revolusioner. Dan hampir tak ada politisi yang mendukung pengurangan peran para politisi. Dari politisi konservatif, liberal, aristokratis, hingga komunis; semuanya memusuhi kaum anarkis.
Inti ceritanya, para perusuh seperti yang dibahas di blog ini tidak bisa dilabeli sebagai “anarkis”🙂.

24. kopi pait - Agustus 16, 2009

@ anarki – Juni 17, 2009

yang perlu dibaca kan bukan teori2 doang bung, bagaimana implementasinya juga harus dibaca (ada nggak???). silakan tunggu deh sampai kapan cita-cita kalian yang berkilau seperti intan itu bisa terwujud atau setengah terwujud.
bagaimana bisa ada negara tanpa tentara, liat kiri dan kanan lah, atau lihat sejauh bisa anda lihat mana ada negara di bumi ini tanpa tentara, tanpa pemerintahan lagi, wuih bisa kacau tau.
ide-ide seperti ini kan hanya digunakan sebagai kendaraan para penumpang gelap yang punya satu tujuan tertentu di negeri ini dan di mananpun. hanya mereka takut untuk muncul duluan.

25. anark - Agustus 25, 2009

Merumuskan Anarki dalam suatu paham yang sistematis sangatlah absurd karena akan menimbulkan sebuah “contradictio in terminis” menginggat bahwa anarki menghendaki dihapuskan segala bentu struktur kekuasaan. Anarki di Indonesia sudah lama hidup sehingga segala bentuk upaya penegakan hukum akan kandas dengan sendirinya. Budaya amuk , kezaliman yang mengakar dan kekerasan yang menjadi sum-sum tulang negeri merefleksikan diri dalam Anarki alamiah bangsa. Singkat kata, anarki itu hidup dalam bangsa Indonesia dan akan selalu hidup sebagai paham laten bangsa selamanya. (ANARKINDO)

26. monxfcknkids - November 29, 2009

an=tidak
archy=pemerintah
anarchy anti pemerintahan

anarchy sangat luas pemahamannya.kta bebas brpendapat tntang anarki.asal msh tetap pda jalurnya
menurut saya anarki tuh sebuah pola pikir yg D.I.Y(do it yourself)yaitu berdiri sendiri.anarki itu tnpa peraturan
jadi kita bisa berdiri sendiri tnpa harus di atur orang lain dn d perintah orang lain
seperti ad ayat al quranul qarim mengatakn MANUSIA TURUN KE BUMI UNTUK MENJADI KHALIFAH
khalifah itu pemimpin atw memimpin. .memimpin siapa?tak adalah memimpin diri kita sendiri.kta tk perlu mengatur orng lain.krna mereka pun pnya tnggung jwab ats diri nya sndiri
bung karno pun prnah berkata kata tntang d.i.y
berdikari=berdiri di kaki sndiri
kta tdak prlu meminta bntuan orng lain.selagi kta mampu dn bisa

ya itu sih sedikit pemahaman ku tntang anarki
saya jga tdak tw pemahaman anarki anarki yg lain

anarki itu bebas
tapi bkan bebas tnpa batas

suport D.I.Y

27. Hanif Fauzi - Maret 4, 2010

Mahasiswa apa preman..mahasiswa berbaju preman apa oreman berbaju mahasiswa…aku jadi bingung….yang jelas mahasiswa pakai otak…preman pakai otot…jgn sok idealis….klo pinter di kuliah pasti diskusi jadi hobby…kalau kuliah bodo….pasti senang bikin kacau…

28. Anarki ipank - Mei 11, 2010

plis deh klo gk tau arti anarki yg sbenernya gk usah sok menghakimi gitu donk

29. Rumpled tambah Gila - Oktober 22, 2010

tanpa negara, tanpa aturan, tanpa tentara…
namun anrki tidak keluar dari aturan. aturan yang dibuat saya kira itu tujuannya baik hanya yang merelokasikannya dalam kehidupan harian saja para oknum hukum itu terkendali sama kapitalis. anarki sudah terbukti menjadi sebagai tatanan sosial yang ketika itu dijaman purba dulu. para anarkis menginginkan tatanan sosial kembali kejaman primitiv. sikap primitiv bukan suatu kemunduran tapi perubahan yang lebih bijak dimana tak ada orang yang saling mendominasi.. AYO HANCURKAN PERADABAN DIBAWAH KONTROL NEGARA!!!

Maaf bung firmansyah saya kalu bersikap aporiri/alergi, habis mereka menyikapi anarki juga sedemikian rupa. saya tak bisa membayangakan ungkapan anti anarki sungguh menyebalkan sekali bagaikan membaca artikel para kaum bolsevik!!!

30. bob - November 10, 2010

apa tu anarki….anarki memang betull….maksudd nya adalarhh perontakk…atauu pun protes asal anarki memangg…dari greek….perkataan anarchy adalarh….peperontakann…..tapi…memang anarki….tu kasarr….bu kita semuaa…ada…cara kita sendirii…tapi bagi saya anarki…ituu yg membuatt seseorang tu matanngg…

31. anarki - September 9, 2011

wey tolol. hapus nih blog. anarki anda menurut adalah gagal paham. anarkis bukan vandalisme. http://id.wikipedia.org/wiki/Anarkis

32. anark - Februari 19, 2012

Baca hanya dari wikipedia, memalukan. sebatas itukah intelektualitas anak bangsa? sudah baca litteratur mengenai anarki ? baca slinya jangan terjemahan

33. toto - Juni 17, 2013

ne pada ngerti arti anarki atau ngga sih? asal ngjeplak aja deh..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: