jump to navigation

Welcome, Perubahan Agustus 14, 2008

Posted by irvan132 in Keluh Kesah.
Tags: ,
trackback

Semester kedua tahun 2008, sepertinya kata “Perubahan” sudah menjadi salah satu kata yang populer. Bagaimana tidak, di media-media massa, kata ini selalu diusung untuk suatu tujuan tertentu. Dan, topik yang paling dekat dengan kata “Perubahan” adalah Pemilu 2009.

Lihat saja, para calon pemimpin bangsa masa depan banyak yang mulai menyuarakan suatu perubahan. Timbul sebuah pertanyaan yaitu apakah perubahan yang dimaksud? Tentu saja, kita berharap bahwa perubahan yang akan datang merupakan perubahan menuju ke arah yang lebih baik. Akan tetapi, perubahan menuju ke arah yang lebih baik sendiri masih sangat umum. Belum jelas. Di samping itu, parameter perubahan sendiri masih dipertanyakan. Secara sederhana, perubahan akan terlihat dengan adanya perbandingan. Nah, ini yang masih sulit. Parameter perbandingan masih belum ada.

Sebenarnya, mengusung tema perubahan itu baik. Dan akan lebih baik lagi jika dengan parameter yang jelas. Tidak ada gunanya mengusung suatu perubahan, tetapi tidak mengetahui perubahan ke arah mana. Untuk itu, kita jangan terlalu cepat “jatuh hati” terhadap tokoh-tokoh yang mengusung tema perubahan jika poin-poin perubahan itu sendiri masih belum jelas. Yang jelas, untuk masa sekarang, perubahan yang ditawarkan masih sebuah visi. Belum ada suatu tindakan yang kongkrit yang dapat dilakukan untuk mewujudkan perubahan itu.

Intinya adalah jangan sampai salah kaprah bahwa perubahan selalu menuju ke arah yang lebih baik. Tentu tidak. Perubahan yang cenderung sama saja (stagnan) atau malah lebih buruk dari sebelumnya, tidak jarang terjadi juga. Toh, itu namanya juga sama, sama-sama perubahan. Satu hal lagi, perubahan itu tidak instan.

Selamat Datang (kembali), Perubahan!

Salam,

-IT-

Komentar»

1. nun1k04a - Agustus 19, 2008

artikel anda :

http://politik.infogue.com/
http://politik.infogue.com/welcome_perubahan

promosikan artikel anda di http://www.infogue.com dan jadikan artikel anda yang terbaik dan terpopuler menurut pembaca.salam blogger!!!

2. adi isa - Agustus 19, 2008

perubahan hanya sebatas angan-angan.
kapan indonesiaku, bisa benar2 berubah?
yang ada adalah berubah menjadi lebih bobrok.
lihat saja, kasus korupsi bukannya berkurang, malah makin
menggila.
upaya apa lagi yang tersisa?

3. ridwan - Agustus 20, 2008

awak denger2 lo udah mulai berubah bro. udah berani nikung temen sendiri yang lulus barengšŸ˜› jangan gitu lah arah perubahannya.šŸ˜€

4. yuni - Agustus 25, 2008

first of all, congratzzzz irvan for the wisuda, sudah kerjakah????sorri cukup lama ga maen ke sini cz sedang tidak berdekatran dengan jaringan internet untuk beberapa saat,…bicara perubahan selalu harus punya harapan untuk berubah menjadi lebih baik meski keliatannya ga mungkin tapi harus bertekad kita indonesia harus berubah be optimis……once again congratz,congrat, congratz,,………semoga berguna ilmunya amieeeeeeeennnšŸ™‚

5. Politik Hukum - Agustus 27, 2008

Perubahan memang sangat perlu sepanjang perubahan itu ke arah yang positif, mengenai perubahan yang dilakukan oleh pemerintahan belum maksimal masih banyak kurangnya…dan mengenai korupsi bukannya makin menggila aza tapi menurut saya korupsi jadi kelihatan menggila karena sekarang ada aparat yang berani mengungkapkan kasus korupsi itu secara gamblang sedangkan dulu tidak ada aparat yang berani mengungkap korupsi itu. sehingga korupsi itu kelihatan semakin menggila

terima kasih

6. SAMOSIR - September 27, 2008

perubhaan sangat perlu terutama zaman demokrasi yang harga manusia


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: