jump to navigation

Gempa di Jakarta Agustus 9, 2007

Posted by irvan132 in Berita.
14 comments

Semalam terjadi gempa di Jakarta. Gempa terjadi sekitar pukul 00.05 WIB dini hari. Saat terjadi gempa, saya sedang menonton serial TV Amerika berjudul Traveler. Gempa terasa sekali. Tempat tidur saya bergerak-gerak saat itu. Lampu ruangan pun ikut bergoyang. Benar-benar kuat gempa kali ini. Ini merupakan pengalaman pertama saya merasakan gempa secara langsung. Saya sangat panik semalam. Upaya pertama untuk menyelematkan diri saat gempa yang saya lakukan adalah keluar rumah. Benar saja. Walaupun sudah dini hari, orang sudah ramai di luar. Saat melihat pembangunan Hotel Indonesia, terlihat alat-alat konstruksi bangunan bergoyang. Wah, gempa ini memang sangat kuat.

Ternyata, pusat gempa semalam ada di daerah Indramayu, Jawa Barat. Kekuatan gempa mencapai 7 skala Richter. Berikut ini lokasi lengkap gempa.

Info Gempa Mag:7.0 SR, 09-Ags-07 00:04:58 WIB, Lok:6.17 LS-107.66 BT (75
km BaratLaut Indramayu-Jabar) , Kedalaman:286 Km :::BMG
Kamis, 09 Agustus 2007 00:07:19 di server BMG
Kamis, 09 Agustus 2007 00:11:47 di server AirPutih

Lalu, saya juga mendapatkan gambar tentang info pusat gempa yang terjadi di berbagai belahan dunia. (sumber : INI dan INI).

list-gempa.jpg lokasi-gempa.jpg

Berikut ini merupakan salah satu aplikasi untuk informasi gempa dan tsunami secara real time dari BMG. Anda dapat men-download di salah satu server Yayasan AirPutih di SINI.

Sepertinya, gempa ini tidak hanya terjadi di Jakarta. Kota-kota seperti Bandung dan Banyuwangi ikut merasakan getaran gempa. Sebagian besar daerah di Pulau Jawa dapat merasakan gempa ini. Saran saya, kita harus melakukan pertolongan pertama saat terjadi gempa. Jangan sampai gempa menimbulkan korban yang lebih banyak.

Salam,

-IT-